Differentiation : Keunikan Pribadi Guru dan Semangat Belajar Siswa.


Differentiation : Keunikan Pribadi Guru dan Semangat Belajar Siswa.

“Setiap orang memiliki keunikan yang specific sebagai pribadi lantaran keuikan itulah pribadi pribadi itu bisa menjadi lebih unggul” . Kank Hari

“Saya paling suka Pak Ahmad,orang nya tegap kumis nya tebal dan disiplin.Kata teman teman ,siswa nggak boleh macem –macem sama beliau.Beliau ngak segan segan menghukum kami jika salah. Namun demikian kami sangat bangga memiliki beliau ,saat mengajar mudah dicerna,bisa mengerti kita ,bisa jadi teman curhat dan mau membantu kepentingan kami di sekolah seperti berjuang ke dewan guru dan Kepala sekolah untuk acara Pensi. ..dsb.Semangat belajar beliau sangat luar biasa pada saat menerangkan konsep /teori rumit ,beliau bisa jelaskan secara logis dan dilengkapi contoh konkret yang relevan dengan kehidupan kami”.Itulah kesan yang diceritakan seorang Siswa SMP Negeri Pinggiran Kota,kepada saya.

Dari pengamatan saya selaku konsultan pendidikan saya menemukan beberapa ciri keunikan para guru.Inilah ciri beberapa Keunikan Guru (Differentiation) itu:

Pertama Loyalitas :

”Loyal kepada sekolah boleh saja selama sekolah itu menjunjung tinggi azas keterbukaan ,keadilan dan akuntabilitas”..

Saat ini program peningkatan mutu guru kian digencarkan seiring dengan peningkatan kesejahteraannya Maka guru harus memiliki kompetensi yang memadai.Biasanya dimulai dari upayanya untuk loyal pada sekolahnya. Dengan demikian biasanya para guru akan mati matian untuk membela kepentingan sekolah (kepala sekolah )tanpa. melihat persolan yang sebenarnya. Jika memang benar, memang tidak ada persoalan tapi jika itu kekeliruan sekolah atau oknum maka bisa fatal akibatnya. Bukan saja dijauhi masyarakat tapi juga meresahkan siswa yang belajar disana.Loyal kepada sekolah (good for company ) boleh saja selama sekolah itu menjunjung tinggi azas keterbukaan,keadilan ,dan akuntabilitas

Kedua Lebih Baik Dari Pesaing:

"Jika anda merasa memiliki kenggulan dalam kompetensi ,semestinya harus berani berkompetisi’.”


Para guru yang memiliki semangat bersaing tinggi biasanya akan senantiasa meningkatkan kompetensinya secara berkesinambungan Guna mengangkat kompetensi siswanya dalam ragam kompetisi. Sedangkan siswa merasa sangat termotivasi dengan dukungan guru yang seperti ini.

Guru tersebut bisa menjadi sumber inspirasi bagi siswa .Karena siswa dapat merasakan secara langsung kesungguhan guru memperjuangkan kepentingan siswa.Sehingga siswa sangat termotivasi oleh perilaku guru seperti ini. Siswa yang merasa dihargai dan puas atas pencapaiannya akan berupaya untuk meraihnya lebih tinggi lagi..Buatlah diri anda lebik baik lagi untuk kepentingan terbaik anda sendiri dan siswanya.



Ketiga: Membangkitkan potensi setiap siswa secara individu.

“ Siswa terinsipirasi oleh guru yang dirasa oleh siswa dapat mengantarkan pada pintu keberhasilannya” Kank Hari



Siswa akan merasa harus bersungguh sungguh berjuang untuk prestasi belajarnya Jika dia merasa bahwa yang diperjuangkan itu untuk kepentingan dan kesenangannya dimasa kini dan masa depan.

Siswa akan senang jika ia merasa dimanusiakan dengan pemenuhan atas kebutuhan untuk diakui keberadaan nya,dihargai upayanya dan merasa disayang oleh orang orang yang dipercayanya.Jika peran sosok dipercaya ini dimiliki para guru maka siswa dapat menghormati ,mematuhi pesannya serta berupaya mendiskusikan ersoalannyakepada guru yang bersangkutan.Jadilah anda inspirasi siswa karena anda memang layak untuk itu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT