PESAN MORAL DORAEMON DALAM ‘LEGENDA RAJA MATAHARI “
Televisi adalah media yang mempunyai daya tarik luar biasa bagi pemirsanya , terutama kalangan anak- anak.Sebagai bukti dampak efektifitasnya media ini, porsi belanja iklan perusahaan maupun partai sangat besar pada teleivisi.Hal ini menandakan pengaruh kuat televisi terhadap persepsi penontonya.
Bagi anak anak SD menonton televisi adalah kegiatan yang menarik.Bahkan dapat mengalihkan kegiatan belajarnya. Banyak orang tua siswa mengeluh karena anaknya terlalu banyak menonton TV.Dan lupa waktu belajar.
Acara TV yang paling favorit adalah animasi/film kartun. Doraemon adalah film kartun yang diminati para siswa diantara animasi yang favorit.
Meningat peran TV dapat membenamkan nilai nilai kehidupan pada diri siswa.Melalui proses berpikir membangun persepsi.Media audio visual ini memberikan informasi melalui dua indera yaitu mata dan telinga. Input yang diterima oleh telinga diproses didalam otak ,outputnya terwujud pada meniru ucapan tayangan.Input yang diterima mata diproses dalam otak outputnya peniruan perilaku.Dengan demikian pengaruh TV dapat menciptakan proses pembelajaran mengingat dan menirukan.
Maka menggunakan DORAEMON “LEGENDA RAJA MATAHARI “ yang diputar RCTI ,2_september-2 008 saat anak libur puasa.Sebagai sarana belajar menyimak nilai moral yang dimaksud penciptanya . Merupakan strategi pembelajaran menggunakan media TV melalui acara favorit mereka. Diharapkan siswa tidak saja menjadikan TV sebagai ajang hiburan melainkan juga ajang informasi dan edukasi.Dengan demikian siswa dapat belajar mengenal nilai nilai kehidupan melalui pesan moral yang ingin disampaikan penulisnya.
‘Petualangan dimulai dari nobita bersama doraemon dan csnya melalui pintu waktu ke negeri matahari yang dipimpin oleh pengeran yang wajahnya mirip nobita.Keceriaan ,canda tawa mengiringi kepergian mereka.Petualangan menegangkan dimulai saat sang pangeran , bermain sejenis sepak bola satu melawan dua orang pemain.Dimana pangeran nyaris kalah karena harus pontangpanting melawan duaorang lawannya.Ketengangan melanda para rakyat dan nobita cs, mengingat kekalahan dapat berakibat fatal bagi keselamatan pangeran. Di puncak kegentingan muncul keberanian yang didasari oleh kesetiakawanan Nobita yang selamaini dikenal sebagai penakut.Nobita yang menyamar sebagai wanita bekerjasama dengan pangeran memenangkan pertandingan.Sebagai ganjarannya kedua lawan pangeran harus mendapatkan hukuman. Dan hukuman itu diserahkan kepa da Nobita, oleh nobita kedua lawan tersebut dimaafkan.Maka bergemuruhlah stadion menyaksikan kejadian itu.Sampai saat yang paling seru dari flim itu adalah ketika Bubu, pelayan setia pengeran diculik, dimana hanya pangeranlah yang bisa membebaskannya.
Atas dasar kesetia kawanan Nobita cs.Memutuskan membantu pangeran membebaskan bubu dari kekejaman penyihir jahat.Tentu saja harus menghadapi berbagai rintangan ,halangan dan pengorbanan. Dengan berbekal modal semangat , tekad dan kretivitas.Akhirnya kebenaran mengalahkan kebatilan. Kebaikan menang atas kejahatan.Dan kesetiakawanan mengalahkan keangkuhan.”
Pesan moral yang hendak disampaikan oleh penulis cerita diatas meliputi;
Kesetiakawanan.
Nobita yang semula penakut berkat kesetiakawanan menjadi pemberani.Penonton diajak menyimak bahwa kekuatan kesetia kawanan dapat menembus tembok baja kesulitan. Kerja sama merupakan cara efektif dalam menghadapi rintangan.Dan dari kesetiakawanan keberanian seorang pemalu dan penakut pun dapat muncul secara optimal.
Ketulusan.
Nobita memilih memaafkan daripada menghukum lawan bermain bola. Didalam kehidupan nyata sering kita menjadi pendindasan dari yang merasa kuat. Tidak jarang kita menjadi pendedam dan ingin membalsnya dengan pebuatan yang sama saat kesempatan tiba. Tapi Nobita mengajarkan memaafkan lebih mulia daripada sekedar membalasnya. Persahabatan yang diwarnai ketulusan akan menimbulkan keceriaan ,kebersamaan ,persatuan dan kekuatan.
Kreativitas
Dalam mengahdapi kesulitan Doraemon menggunakan kantong ajaib untuk mengatasinya.Kantong ajaib sebagai simbol dari kreativitas untuk memecahkan kesulitan .Manusia tidak boleh berputus asa karena ada jalan keluar untuk penyelesaiannya.Baik membutuhkanalat /sarana maupun murni cara cerdik menggunakan akal.Kreativitas dapat membantu seseorang mengatasi rintangan ,berkarya dan menemukan masa depannya.
Keyakinan
Keyakinan adalah muara keberhasilan dari perjuangan.Dengan keyakinan ,Nobita Cs dapat mengatasi setiap rintangan yang dihadapi.Bahkan berhasil mengalahkan musuh. Pesan moral yang hendak disampaikan dalam melakukan sesuatu harus berdasarkan keyakinan. Dan dengan keyakinan kita bisa mewujudkan cita cita yang diinginkan.Keyakinan melahirkan semangat,kegigihan dan keberanian.
Dalam film tersebut setidaknya kita dapat menangkap pesan moral yang dimaksud penulisnya.Kesetiakawanan,ketulusan,kreativitas dan keyakinan adalah nilai sikap yang ingin dicapai dari materi pelajaran IPS, Agama ,Kewarganegaraan dsb.
Menggunakan acara televisi sebagai rencana strategi pembelajaran patut dilkakuan. Mengingat anak terlalu suka menonton televisi.
Kesimpulan.
1.Televisi dapat dijadikan sarana kegiatan belajar siswa.Memberi tugas siswa untuk merangkum tontonan baik yang berupa informasi maupun film anak anak.Dapat merangasang semangat belajar siswa .Karena mereka memperdalam pengetahuan melalui kegiatan yang disukai.
2.Beri tugas siswa untuk mencatat,urutan cerita,memberi komentar dan menceritakan kembali yang sudah dituliskan.Kompetensi yang diperoleh siswa adalah pengayaan bahasa, kemampuan menulis dan pengembanagn imajinasi serta ketrampilan berbicara didepan teman sekelas.
3.Untuk siswa kelas V & kelas VI dimana konsep berpikirnya memasuki tahap opresional kongkret(Erikson) mereka dapat diminta untuk menuliskan pesan moral yang terkandung didalam cerita.Imajinasi ,kreatifitas dan persepsi mereka dapat dijadikan peta bagi guru.Guna mengembangkan kecerdasan bahasa.
4.Guru sebagai fasilitator tentu saja diharapkan menguasai benar materi yang hendak ditugaskan kepada siswa.Dengan demikian guru dapat mengukur serta mengakomodasi keberbakatan siswa
5.Banyak nilai nilai moral yang terkandung dalam film anak anak.Karena itu mengaitkan meteri pelajaran dengan pesan moral yang terkandung dalam film anak. Dapat merangsang anak untuk semangat belajar.
6.Doraemon “Legenda Raja Matahari” adalah sebuah contoh kasus tentang nilai moral yang tersembunyi. Kejelian dan kreatifitas guru dapat membuat pembelajaran makin PAKEM.
Komentar
Posting Komentar