Emphati guru sebagai : Integrated learning communication execution.




Emphati sering diterjemahkan sebagai kamampuan memahami diri orang lain. Bagi guru hal ini sangat penting. Guna kekefektifan tugas belajar mengajarnya, Denagan empahati guru mampu mengenali kemampuan dan keterbatasan siswa. Guru diharapkan mampu membantu siswa memperbaiki kekuranagannya . Guru diharapkan dapat memberiakan wawasan masa depan karir pendidikan siswanya. Dan dengan emphatic dapat menciptakan harmoni dalam proses kegiatan belajar dan mengajar.

. Kok berat benar tugas guru.?

Tidak berat karena profesionalitas guru sudah diapresiasi dengan tunjangan. Semestinya tugas nyapun meningkat dari sekedar mengajar menjadi meng encourage siswanya. Membuat siswanya menjadi bermakna hidupnya ketika bersekolah.

Dialogue

Mengajak dialog siswa semestinya menjadi tugas utama guru . Dikarenakan siswa sekarang mengalami percepatan gaya hidup dan akses informasi. Denagan dialaogue , banyak mendengar guru dapat memulai mengembangkan ilmu dari yang tidak diketahui siswanya.Sehingga siswa tidak ragu bertanya , mencoba , kesempatan bersalah dan memperbaikai diri. Dialog guru dan siswa harus menjadi learning relevance and familiarity.

Entertaining

Guru yang emphatic tidak monoton dalam mengajr siswanya dikelas . selalu saja cara agar siswa siswi betah dikelas . Layaknya seorang bintang televisi seorang guru harus men deliver memorable activities siswa.Model entertaining ini harus menjadi bagian dari teaching proses.Jika otak siswa merasa senang dan nyaman terhadap cara gurunya mengajar dapat dipastikan siswa mudah mengingat.

Active the learning

Pembelajaran yang menarik jika siswa aktif bertanya , berdiskusi, menyanggah , adu argumentasi dan tidak ada kecemasan siswa untuk mengemukakan pendapatnya. Sehingga siswa dapat pengertian nya dari kesimpulan dan ketrampilan bertanyanya.
Bimbinglah siswa untuk terampil berdebat dengansajian data dan fakta ,.S ehingga siswa tidak saja makin dalam pengetahuan yang berkaitan denagan ilmu yang dipelajari. Namun juga communications skillnya.


Experiential

Uji coba adalah proses dimana siswa mengalami sendiri penagalaman belajarnya. Biasanya akan melekat kuat pada short term memory nya sekaligus kecakapan belajarnya. Ingat pepatah mengatakan ;ala bisa karena biasa. Kegiatan mengajar model ini merupakan active teaching touch mind , heart and soul to maintain the learning preference .

Jika diterjemahkan ;ajarkan siswa untuk mempraktekan ilmu yang didapatnya. Dengan demikian mereka menjadi lebih faham dengan konsep yang dipelajarinya.

Develop your knowledge

Dikarenakan perubahan dan tantangan dunia masa depan, maka guru dituntut untuk menyesuaikan diri . Karena itu guru harus terus meningkatkan pengetahuan dan wawasan. Bukan saja menyangkut keilmuan yang dimiliki .Namun juga berguna kepada masa depan karir pendidikan siswa. Activity teaching should give value added to student life.

Ternyata emphaty tidak cukup hanya "mengerti" keadaan siswa .

Bagaimana dengan emphaty aparatur pemerintah terhadap masa depan anak bangsa ?

Betulkah peningkatkan kesejahteraan tunjangan guru serta merta meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia sejak sepuluh tahun terakhir ?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT