Peran Guru Yang Diharapkan Siswa Era Revolusi Industri 4.O -Kank Hari Motivator Pendidikan

Kank Hari Santoso Motivator Pendidikan Digital 4.O
Perubahan dan percepatan teknologi menuntut kesalarasan kurikulum , metode pembelajaran serta pola relasi  guru dengan siswa mengingat guru bukan lagi satu satunya sumber belajar. Hampir semua pertanyaan bisa ditemukan jawabannya dari salah satu mesin pencari "search engine"  google , siswa bisa belajar mandiri melalui "bimbel online-guru virtual dan kelas maya" , lengkap dengam learning management systemnya (LMS).

Pengalaman menunjukan bahwa meskipun peran pengajaran bisa didapat dari perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) namun untuk pendidikan dan pembelajaran secara humanis kehadiran guru secara fisik tetap dibutuhkan.
Maka tata kelola dalam kegiatan pembelajaran harus mulai berfokus kepada kepentingan terbaik secara individual dengan personal approach yang disukai siswa. Konsep pendekatan kepada siswa harus berorientasi pada upaya menumbuhkan semangat belajar secara menyenangkan yang "membumikan" tujuan kurikulum nasional melalui pendekatan kearifan lokal sekolah untul peningkatan kompetensi akademik pengembangan bakat dan  minat  serta daya saing siswa.
Pola relasi pembelajaran oleh guru harus berubah dari  sekedar transksional atau menjalankan tugas mengajar menjadi pola keterikatan hati , "emotional attachment" yakni sebuah pola relasi siswa dan guru yang mutual total dependence   dalam pembelajaran yang bersifat individual, kolaborasi,belajar mandiri baik menggunakan media TIK maupun tidak. Selengkapnya ikuti diklat  " The Changging Role of  Learning in Digital 4.O Era " bersama Kank Hari Motivator Pendidikan Nasional

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT