Peran Guru Yang Diharapkan Siswa Era Revolusi Industri 4.O -Kank Hari Motivator Pendidikan
Kank Hari Santoso Motivator Pendidikan Digital 4.O |
Pengalaman menunjukan bahwa meskipun peran pengajaran bisa didapat dari perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) namun untuk pendidikan dan pembelajaran secara humanis kehadiran guru secara fisik tetap dibutuhkan.
Maka tata kelola dalam kegiatan pembelajaran harus mulai berfokus kepada kepentingan terbaik secara individual dengan personal approach yang disukai siswa. Konsep pendekatan kepada siswa harus berorientasi pada upaya menumbuhkan semangat belajar secara menyenangkan yang "membumikan" tujuan kurikulum nasional melalui pendekatan kearifan lokal sekolah untul peningkatan kompetensi akademik pengembangan bakat dan minat serta daya saing siswa.
Pola relasi pembelajaran oleh guru harus berubah dari sekedar transksional atau menjalankan tugas mengajar menjadi pola keterikatan hati , "emotional attachment" yakni sebuah pola relasi siswa dan guru yang mutual total dependence dalam pembelajaran yang bersifat individual, kolaborasi,belajar mandiri baik menggunakan media TIK maupun tidak. Selengkapnya ikuti diklat " The Changging Role of Learning in Digital 4.O Era " bersama Kank Hari Motivator Pendidikan Nasional
Komentar
Posting Komentar