Jatim Education Outlook 2014,Study Banding Untuk Return On Idea and Innovation .
Mengingat peningkatan mutu pendidikan di provinsi Jawa timur harus terus
ditingkatkan guna menjangkau semua lapisan yang menjadi sasaran layanannya.Di
era perkembangan TIK ini setiap aparatur pelayanan pendidikan dalam
melaksanakan tugasnya selain mengetahui tugas pokok dan fungsi ,keunggulan
pelayanan yang diberikan dan manfaat yang seharusnya diterima oleh masyarakat
mereka juga harus mengenali program kebijakan,syarat pelaksanaan ,bidang yang
melayani ,kehumasan dan keunikan dari pelayanan yang diberikan.
Apa yang semestinya dapat dipelajari
peserta study banding dan menjadi bahan
pembanding bagi daerahnya
·
Platform
atau semacam aturan main yang dijalankan dalam memberikan pelayanan prima kepada
masyarakat yang dimiliki dengan daerah atau instansi yang dikunjungi guna membuat masayarakat tertarik untuk
memanfatkan media atau proses layanan yang lebih mudah,menggembirakan
,dapat dipercaya dan dapat menjadi andalan. Misalnya dalam penyusunan rencana
pengembangan mutu pendidik dan tenaga
pendidikan menuju brencmark regional dan internasional.
·
Efektifitas
pembiayaan dan penyaluran dana disamping bukan saja bersifat material tapi juga ongkos
social dimana setiap pengguna layanan
mendapatkan pelayanan yang dapat melampaui harapan dari segi volume ,solution,pemerataan sebaran informasi secara cepat dan tepat secara
jangka panjang termasuk semangat
tim kerja nya.Prioritas pendidikan di Jawa Timur asalah satunya aadalah memnuhi
kebutuhan pendidikan pada daerah miskin ,daerah terpencil ,daerah yang terkena
bencana serta kelompok masyarakat yang terisolasi dan termarginal kan dan
pendidikan inklusif.
·
Pemanfaatan
Media TIK ,efesiensi dan efektifitas pelayanan yang terkoneksi dengan media
internet dalam menintegrasikan informasi secara on line atau datang langsung ke
dinas bersangkutan yang memungkinkan
pelayanan yang dilakukan mempermudah
masyarakat mendapatkan solusi atas persoalan yang dihadapinya.
·
Menejemen
Wilayah dan Waktu, kemampuan dinas
bersangkutan dalam memetakan kebutuhan layanan pendidikan di wilayahnya serta
waktu penyelesaiannya sesauai dengan sasaran
yang ingin dicapai.
·
Riset Mikro,sebelum
berangkat study banding peserta sebaiknya melakukan riset kecil terhadap
wilayahnya sendiri guna memastikan segala macam ukuran yang bakal
dibandingkan.Sehingga sepulang dari study banding sudahmendaptkan pembanding
yang sesuai untuk dikembangkan atau diterapkan di wilayah Jawa Timur.
·
Personality
peserta studi banding adalah ssosok yang berkarakter yang memiliki sikap
mental jujur,bertanggung jawab ,cerdas,suka belajar.fair dan tidak text book oriented ,sehingga saat
menjalankan study banding dapat memiliki
keterbukaan hati ,keterbukaan pikiran dan keterbukaan pengalaman baru
sebagai bahan masukan pada saat kembali ke
Jawa Timur.
·
Laporan
study Banding harus dapat mencerminkan value added propositions sehingga dapat menginspirasi rekan kerja aparatur dalam memberikan pelayanan
prima pendidikan di Jawa Timur
Salah satu pembeda study banding insan pendidikan di Jawa Timur adalah
guna menemukan ide kreatif dan inovatif guna perluasan akses, peningkatkan mutu dan relevansi pendidikan di Jawa Timur.Study
banding dari sekedar “tambahan “ plesir menjadi mendapatkan ilmu baru yang siap
diterapkan.
Komentar
Posting Komentar