Integrasi Media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK ) Terhadap Kegiatan Membelajarkan Siswa SD ,Kurikulum 2013
Ketika membicarakan peran dan posisi guru masa kini,maka tak bisa
dipisahkan dari peran media TIK yang
sudah melekat dikalangan peserta didik.Sudah saatnya seorang guru melek TIK dan
memanfaatkan media TIK sebagai media untuk membelajarkan siswa mengingat dengan
adanya TIK beragam aktivitas siswa tidak
terlepas dengan berbagai peralatan /gadget berbasis TIK .
Mengapa ?,
Karakter media TIK
berisi interaksi ,pertisipasi
,komunikasi ,entertaintment dan kolaborasi dimana setiap orang bisa
memiliki kesempatan berbagi dan terlibat untuk menyampaikan
gagasan ,pengalaman dan sanggahan.
Dengan pemanfaatan media TIK sebagai sumber dan media
pembelajaran ,seorang guru dapat
mengembangkan kreatifitasnya dalam proses kegiatan pembelajaran.Menurut
Asosiasi Teknologi Komunikasi Pendidikan
sumber belajar adalah semua sumber (baik berupa data
,orang atau benda ) yang dapat digunakan untuk memberikan fasilitas kemudahan
bagi peserta didik . Ditinjau dari tipenya sumber belajar dapat dibedakan pertama Learning
resource by design ,sumberbelajar
yang didesain untuk tujuan pembelajaran
kedua learning resource by utilization yaitu sumber belajar yang sudah ada dan tinggal
dimanfaatakan.
Sebagaimana tercantum dalam Salinan Permendikbud No 67 2013 Tentang
kurikulum SD:
Peserta didik adalah pewaris budaya bangsa yang kreatif. Menurut
pandangan filosofi ini, prestasi bangsa di berbagai bidang kehidupan di masa
lampau adalah sesuatu yang harus termuat dalam isi kurikulum untuk dipelajari
peserta didik. Proses pendidikan adalah suatu proses yang memberi kesempatan
kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi dirinya menjadi kemampuan
berpikir rasional dan kecemerlangan akademik dengan memberikan makna terhadap
apa yang dilihat, didengar, dibaca, dipelajari dari warisan budaya berdasarkan
makna yang ditentukan oleh lensa budayanya dan sesuai dengan tingkat kematangan
psikologis serta kematangan fisik peserta didik. Selain mengembangkan kemampuan
berpikir rasional dan cemerlang dalam akademik, Kurikulum 2013 memposisikan keunggulan
budaya tersebut dipelajari untuk menimbulkan rasa bangga, diaplikasikan dan
dimanifestasikan dalam kehidupan pribadi, dalam interaksi sosial di masyarakat
sekitarnya, dan dalam kehidupan berbangsa masa kini
Oleh karena itu seorang
pendidik sudah saatnya melakukan reposisi diri
agar tercipta proses pembelajaran yang membuat siswa bersemangat dalam
belajarnya Dikarenakan saat ini kondisi membelajarkan siswa
terhadap perkembangan TIK sebagai
berikut :
·
Seorang guru dalam menyusun dan mengimplemantasikan rencana
kegiatan pembelajaran harus dapat meramu media pembelajaran yang menghasilkan
komunikasi terpadu sehingga siswa memiliki pengalaman belajar
dikarenakan siswa ikut dilibatkan dalam proses belajarnya.
·
Pehamanan mengajar bukan
hanya diterjemahkan dengan
komunikasi satu arah “guru mengajar murid mendengarkan”, semestinya berkembang
menjadi tematik integrative mengabungkan
segala komponen sumber belajar .Sehingga siswa menjadi lebih luas wawasannya
dalam memahami arti pemnaftaan TIK sebagai media pembelajaran.
·
Seorang guru dituntut untuk lebihpeka dalam mengidentifikasi
materi yang dapat memanfatakan media
pembelajaran sehingga dalam proses kegiatan pembelajaran komunikasinya lebih mudah sderhana ,cepat
terjangkau meningkatkan partisipasi siswa dalam belajarnya
(bersambung pada Workshop
Pemanfataan Media Pembelajaran dalam membangkitkan Minat Dan Imajinasi Siswa disampaikan
Kank Hari Santoso ,Konsultan TIK Pendidikan Karakter )
Komentar
Posting Komentar