Integrasi Media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK ) Terhadap Kegiatan Membelajarkan Siswa SD ,Kurikulum 2013

Ketika membicarakan peran  dan posisi guru masa kini,maka tak bisa dipisahkan dari peran media TIK  yang sudah melekat dikalangan peserta didik.Sudah saatnya seorang guru melek TIK dan memanfaatkan media TIK sebagai media untuk membelajarkan siswa mengingat dengan adanya TIK beragam aktivitas  siswa tidak terlepas dengan berbagai peralatan /gadget berbasis TIK .
Mengapa ?,


Karakter media TIK  berisi  interaksi ,pertisipasi ,komunikasi ,entertaintment dan kolaborasi dimana setiap orang bisa memiliki  kesempatan  berbagi dan terlibat untuk menyampaikan gagasan  ,pengalaman dan sanggahan.
Dengan pemanfaatan media TIK sebagai sumber dan media pembelajaran ,seorang guru dapat  mengembangkan kreatifitasnya dalam proses kegiatan pembelajaran.Menurut Asosiasi Teknologi Komunikasi Pendidikan   sumber  belajar adalah semua sumber (baik berupa data ,orang atau benda ) yang dapat digunakan untuk memberikan fasilitas kemudahan bagi peserta didik . Ditinjau dari tipenya sumber belajar  dapat dibedakan  pertama Learning  resource by design ,sumberbelajar yang didesain untuk tujuan pembelajaran  kedua  learning resource by utilization yaitu  sumber belajar yang sudah ada dan tinggal dimanfaatakan.  
Sebagaimana tercantum dalam Salinan Permendikbud No 67 2013 Tentang kurikulum SD:
Peserta didik adalah pewaris budaya bangsa yang kreatif. Menurut pandangan filosofi ini, prestasi bangsa di berbagai bidang kehidupan di masa lampau adalah sesuatu yang harus termuat dalam isi kurikulum untuk dipelajari peserta didik. Proses pendidikan adalah suatu proses yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi dirinya menjadi kemampuan berpikir rasional dan kecemerlangan akademik dengan memberikan makna terhadap apa yang dilihat, didengar, dibaca, dipelajari dari warisan budaya berdasarkan makna yang ditentukan oleh lensa budayanya dan sesuai dengan tingkat kematangan psikologis serta kematangan fisik peserta didik. Selain mengembangkan kemampuan berpikir rasional dan cemerlang dalam akademik, Kurikulum 2013 memposisikan keunggulan budaya tersebut dipelajari untuk menimbulkan rasa bangga, diaplikasikan dan dimanifestasikan dalam kehidupan pribadi, dalam interaksi sosial di masyarakat sekitarnya, dan dalam kehidupan berbangsa masa kini
Oleh karena itu  seorang pendidik  sudah saatnya melakukan  reposisi diri  agar tercipta proses pembelajaran yang membuat siswa bersemangat dalam belajarnya Dikarenakan saat ini kondisi membelajarkan  siswa  terhadap perkembangan TIK  sebagai berikut :
·         Seorang guru dalam menyusun dan mengimplemantasikan rencana kegiatan pembelajaran harus dapat meramu media pembelajaran yang menghasilkan komunikasi  terpadu  sehingga siswa memiliki pengalaman belajar dikarenakan siswa ikut dilibatkan dalam proses belajarnya.
·         Pehamanan mengajar bukan  hanya diterjemahkan  dengan komunikasi satu arah “guru mengajar murid mendengarkan”, semestinya berkembang menjadi tematik integrative  mengabungkan segala komponen sumber belajar .Sehingga siswa menjadi lebih luas wawasannya dalam memahami arti pemnaftaan TIK sebagai media pembelajaran.
·         Seorang guru dituntut untuk lebihpeka dalam mengidentifikasi materi yang dapat memanfatakan  media pembelajaran sehingga dalam proses kegiatan pembelajaran  komunikasinya lebih mudah sderhana ,cepat terjangkau meningkatkan partisipasi siswa dalam belajarnya
 (bersambung pada Workshop Pemanfataan Media Pembelajaran dalam membangkitkan Minat Dan Imajinasi Siswa disampaikan Kank Hari Santoso ,Konsultan TIK Pendidikan Karakter )  




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT