Seni Menentukan Daya Serap Konsentrasi Belajar Siswa
Bagi kami metode pembelajaran apapun yang
penting adalah bagaimana siswa dapat menyerap pelajaran dengan mudah.Oleh sebab
itu perlu bagi kami mengambil keputusan untuk mencari cara dan metode yang pas dalam kegiatan belajar
mengajar.Mohon kank hari dapat memberikan tips Praktis bagi sekolah kami..?
Kegiatan pembelajaran harus dapat
membangkitkan gairah belajar siswa dan meningkatkan prestasi ,serta siswa lebih
memiliki harga diri positif.atau saya menyebutnya sebagai value of learning
.Siswa merasa bangga dan bahagia dalam kegiatan pembelajaran.Value berarti besarnya”pengorbanan’
siswa untuk mrndapatkan kemanfaatan
dalam kegiatan belajarnya.karena itu metode pembelajaran yang dapat
menstimulasi gairah belajar siswa merupakan turning point menentukan
efektifitas kegiatan belajar dan mengajar dan sekaligus sebagai peta membangun
kompetensi dan prestasi siswa.
Perlu disadari bahwa tidak ada
metode pembelajaran baku untuk sebuah pendekatan pengajaran kepada siswa ,teaching
approach,lantaran perubahan prilaku siswa dalam belajar menentukan daya
serap dan kompetensinya.Sekeras apapun anda menerapkan metode pembelajaran yang
pernah anda terapkan bebrapa tahun yan lalu untuk siswa saat ini tidak akan
berhasil jika anda tidak memahami ternd perilaku siswa dalam belajarnya.
Perubahan siswa dalam belajar harus anda imbangi dengan strategi yang pas,agar
siswa dapat menikmati kegiatan belajarnya.
Jika siswa anda tidak terlalu
menyukai dan kesulitan menyerap informasi .mata pelajaran didalam kelas dengan
metoode kegiatan belajar mengajar diperlukan strategi lain.Minat besar siswa
pada gadget dan ICT semestinya dapat anda imbangi dengan menciptakan metode dan
media pembelajaran berbasis ICT secara
interaktif seperti ,game
pembelajaran,searching,creative,simulation dsb . Sementara kegiatan outdor activity dan praktikum adalah
menciptkan pengalaman belajar siswa yang menyenangkan.
Aktivitas”bermain “ berbasis minat siswa yang merupakan metode
pembalajaran, dapat membuat siswa berpersepsi belajar itu mudah dan
menyenangkan sehingga lebih mudah baginya menyerap pelajaran dengan lebih baik.
Sebaliknya jika pembelajaran
dilakukan didalam kelas ,maka menciptakan metode pembelajaran yang
mengakomodasi need of power dan need of
recognation siswa dapat dikembangkan seperti adu debat,presentasi
siswa,tanya jawab,role playing ,teater sains ,sosiodrama dsb. Sehingga siswa
dapat mendesain sendiri proses memori yang tak terlupakan dari pengalaman
belajarnya sendiri,long term memory . Analisa
perilaku belajar siswa dan sensitivitas
selama kegiatan pembelajaran berlangsung akan memudahkan bagianda menentukan
strategi yang tepat meningkatkan daya serap belajar siswa.
Disamping metode pembelajaran secara
praktis penentuan media belajar,alat peraga dan cara berkomunikasi menentukan
daya konsentrasi belajar siswa .Selanjutnya seorang guru juga perlu
mempertimbangkan aspek psikologis dan
aspek keberbakatan siswa dalam materi pelajaran. Misalnya untuk pembelajaran
matematika sudah segala macam cara diberikan guna mningkatkan konsentrasi dan
kompetensi siswa dalam mata pelajaran tersebut ,namun siswa tetap tidak
mencapai target yang memuaskan ,maka seorang guru patut mencarai alasan latar
belakang psiologis dan bakat siswa pada bidang mata pelajaran matematika.Bisa
lantaran konflik psikologis membuat dirinya kehilangan konsentrasi atau justru
malah sebenarnya siswa lebih berbakat pada bidang selain matematika.
Lebih anda menggunakan class room reasearch atau minimal
melakukan pendekatan secarapersuasive kepada siswa daripada anda terus menerus
men drill nya dengan berbagai hapalan
teori dan latihan soalnya yang sulit dimengerti oleh siswa. Untuk itu memang
diperlukan seni mengelola daya serap konsetrasi belajar siswa..!
Komentar
Posting Komentar