Learning is not a magic ,learning is aprocess,Teknologi Pendidikan


“Di era serba instant ini beban guru sepertinya kian berat disamping para orang tua melimpahkan tanggung jawab pendidikan sepenuhnya kepada guru atau sekolah. Tututan meningkatkan hasil ujian nasional  bagi siswa agar memiliki nilai yang tinggi  juga makin membebani  kami sekolah pinggiran dengan  input yang tidak begitu tinggi ,padahal pembelajaran itu proses bukan sulapan...Sebagai guru apa yang mesti saya lakukan..kank’..?


“ dan hamba hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang orang yang berjalan diatas bumi dengan rendah hati  dan apabila orang orang jahil menyapa mereka ,mereka mengucapkan  kata kata yang baik”. QS Al Furqan :63 .

“Siapa yang menghilangkan satu  kesusahan dari berbagai kesusahan orang mukmin didunia ,maka Allah akan menghilangkan satu kesusahan dari berbagai kesusahan di akhirat.Sipa yang memudahkan satu kesulitan ,maka Allah akan memudahkab kesulitannya di dunia dan akhirat...HR Muslim.





Situasi seperti ini tidak hanya melanda sekolah pinggiran melainkan hampir merata  sebagai kecenderungan umum kasus pendidikan  di Indonesia. Konsekuensinya guru dituntut perlu melauakan terobosan baru guna  meningkatkan proses belajar . Inilah beberapa terobosan yang bisa anda lakukan.

1.       Miliki keberanian bertindak dan berpikir “out the box’,kreativitas  bisa muncul akibat keterdesakan,kerena itu jangan menganggap remeh cara cara baru mendongkrak semangat beljar siswa .  Ide ide menarik guna merangsang siswa belajar lebih baik menggunakan media lingkungan sekitarnya bisa dicoba.Sehingga siswa merasa ada relevansi ,koneksi dan tantangan dari ilmu yang dipelajarinya.Stimulus terhadap pengembngan kreatifitas dan imajinasi dapat menggunkan peralatan dan media yang sederhana tapi mampu mengarahkan siswa untuk berkreasi.Develop personal skill and value –based curricula that expand the capacity of people to enjoy and benefit from learning throughthout life. Life long learning C21 st .

2.       Perkuat imajinasi siswa meraih keberhasilannya  sebagai additional item to every student. 

Sebagai guru anda patut untuk terus mencari dan menemukan banyak cara agar siswa mencapai keberhasilannya.Dengan cuma memberikan kalimat motivasi yang dapat dapat mengembangkan daya imajinasinya untuk maju sehingga setiap siswa menjadi terinspirasi untuk terus maju,baik dari cerita pengalaman sendiri maupun  tokoh tokoh sukses.Sehingga  siswa merasa bahwa kesulitan yang dihadapinya bukan hambatan untuk sukses dan meraih keberhasilan di masa depan.

Kemampuan guru menghindarkan siswa dari pengalaman tidak menyenangkan  harus diwujudkan dengan mendukung gagasan siswa atau ide kreatif siswa,menghargai ekspresi  dan mendorong rasa percaya diri.Membantu siswa menggali dan mengembangkan imajinasinya tanpa rasa takut gagal mengalami tekanan batin  ,takut membuat kesalahan dan takut dimarahi guru adalah cara meyakinkan siswa agar berani meraih mimpi.   


Miliki kemampuan mendengar ,lantaran seorang guru yang baik adalah pendengar yng baik,mendengar harapan ,cita cita ,kebutuhan ,keluhan dan kecemasan siswa baik berkaitan dengan kewajibannya sekolah maupun persoalan pribadi.Anda harus mempu menjadi teman curhat siswa dan berupayalah menggali informasi yang cukup dengan ketarampilan bertanya agar anda dapat menemukn  solsui yang tepat , kualitas jawaban yang berguna dan kalimat motivasi yang tepat sasaran,”. If you show delight in your child’s questions about why and how things happen ,if you explain things to her patienly and help her explore how to find answers you don’t have ,she will take pleasure learning”. Monogarphs of the society for reserach in child development.


3.       Profesi guru bukan sebatas jam kerja kantoran/beban mengajar  ,got the office   one  hour  early. Sesuai UU no 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas ; dijelaskan bahwa  pendidikan nasional berfungsi  mengembangkan  kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencedaskan kehidupan bangsa ,bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepa Tuhan  Yang Maha Esa  ,berakhlak mulia ,sehat ,berilmu ,cakap ,kreatif mandiri dam ,emjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab..maka berakhirnya tugas guru bukan hanya menyelesaikan beban wajib mengajarnya saja melainkan juga mutu siswa sebagai manusia seutuhnya.

Dalam situasi yang tidak menentu dan dampaknya mengkhawatirkan pada perkembangan psikososioekonomi  serta perilaku siswa . maka keikhlasan guru untu meluangkan waktu satu jam saja  dalam satu hari a untuk merapikan informasi ,menganisis data siswa ,menyusun strategi pembelajaran ,merencanakan tindakan yang tepat bagi siswa ,berdiskusi aneka problem dan perkembangan yang dihadapi siswa dengan team guru dan kepala sekolah  serta kegiatan lain yang bermanfaat akan meningkatkan produktivitas serta efektifitas kegiatan di sekolah anda,syukur jika upaya ini juga masuk dalam hitungan beban jam mengajar siswa. Consider the goals and desires of others and try to help them reach their goals .Share and be helpful.


Kemampuan anda sebagai guru menempatkan siswa pada kemampuan optimal belajarnya sehingga menjadi out put yang diharapkan memenuhi harapan adalah merupakan keberhasilan anda dalam pengelolaan situasi belajar mengajar yang tepat sesuai dengan mutu input yang anda tumbuh kembangkan....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT