Learning is not a magic ,learning is aprocess,Teknologi Pendidikan
“Di era serba instant ini beban guru sepertinya kian berat disamping
para orang tua melimpahkan tanggung jawab pendidikan sepenuhnya kepada guru
atau sekolah. Tututan meningkatkan hasil ujian nasional bagi siswa agar memiliki nilai yang
tinggi juga makin membebani kami sekolah pinggiran dengan input yang tidak begitu tinggi ,padahal
pembelajaran itu proses bukan sulapan...Sebagai guru apa yang mesti saya
lakukan..kank’..?
“ dan hamba hamba Tuhan Yang Maha
Penyayang itu (ialah) orang orang yang berjalan diatas bumi dengan rendah
hati dan apabila orang orang jahil
menyapa mereka ,mereka mengucapkan kata
kata yang baik”. QS Al Furqan :63 .
“Siapa yang menghilangkan satu
kesusahan dari berbagai kesusahan orang mukmin didunia ,maka Allah akan
menghilangkan satu kesusahan dari berbagai kesusahan di akhirat.Sipa yang
memudahkan satu kesulitan ,maka Allah akan memudahkab kesulitannya di dunia dan
akhirat...HR Muslim.
Situasi seperti ini tidak hanya
melanda sekolah pinggiran melainkan hampir merata sebagai kecenderungan umum kasus
pendidikan di Indonesia. Konsekuensinya
guru dituntut perlu melauakan terobosan baru guna meningkatkan proses belajar . Inilah beberapa
terobosan yang bisa anda lakukan.
1.
Miliki
keberanian bertindak dan berpikir “out
the box’,kreativitas bisa muncul
akibat keterdesakan,kerena itu jangan menganggap remeh cara cara baru
mendongkrak semangat beljar siswa . Ide
ide menarik guna merangsang siswa belajar lebih baik menggunakan media
lingkungan sekitarnya bisa dicoba.Sehingga siswa merasa ada relevansi ,koneksi
dan tantangan dari ilmu yang dipelajarinya.Stimulus terhadap pengembngan
kreatifitas dan imajinasi dapat menggunkan peralatan dan media yang sederhana
tapi mampu mengarahkan siswa untuk berkreasi.Develop personal skill and value –based curricula that expand the
capacity of people to enjoy and benefit from learning throughthout life. Life
long learning C21 st .
2.
Perkuat
imajinasi siswa meraih keberhasilannya
sebagai additional item to every
student.
Sebagai guru
anda patut untuk terus mencari dan menemukan banyak cara agar siswa mencapai keberhasilannya.Dengan
cuma memberikan kalimat motivasi yang dapat dapat mengembangkan daya
imajinasinya untuk maju sehingga setiap siswa menjadi terinspirasi untuk terus
maju,baik dari cerita pengalaman sendiri maupun
tokoh tokoh sukses.Sehingga siswa
merasa bahwa kesulitan yang dihadapinya bukan hambatan untuk sukses dan meraih
keberhasilan di masa depan.
Kemampuan guru
menghindarkan siswa dari pengalaman tidak menyenangkan harus diwujudkan dengan mendukung gagasan
siswa atau ide kreatif siswa,menghargai ekspresi dan mendorong rasa percaya diri.Membantu
siswa menggali dan mengembangkan imajinasinya tanpa rasa takut gagal mengalami
tekanan batin ,takut membuat kesalahan
dan takut dimarahi guru adalah cara meyakinkan siswa agar berani meraih
mimpi.
Miliki kemampuan
mendengar ,lantaran seorang guru yang baik adalah pendengar yng baik,mendengar
harapan ,cita cita ,kebutuhan ,keluhan dan kecemasan siswa baik berkaitan
dengan kewajibannya sekolah maupun persoalan pribadi.Anda harus mempu menjadi
teman curhat siswa dan berupayalah menggali informasi yang cukup dengan
ketarampilan bertanya agar anda dapat menemukn
solsui yang tepat , kualitas jawaban yang berguna dan kalimat motivasi
yang tepat sasaran,”. If you show delight
in your child’s questions about why and how things happen ,if you explain
things to her patienly and help her explore how to find answers you don’t have
,she will take pleasure learning”. Monogarphs
of the society for reserach in child development.
3.
Profesi
guru bukan sebatas jam kerja kantoran/beban mengajar ,got the office one hour
early. Sesuai UU no 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas ; dijelaskan
bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan
kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat
dalam rangka mencedaskan kehidupan bangsa ,bertujuan untuk berkembangnya
potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepa
Tuhan Yang Maha Esa ,berakhlak mulia ,sehat ,berilmu ,cakap
,kreatif mandiri dam ,emjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab..maka berakhirnya tugas guru bukan hanya menyelesaikan beban wajib
mengajarnya saja melainkan juga mutu siswa sebagai manusia seutuhnya.
Dalam situasi
yang tidak menentu dan dampaknya mengkhawatirkan pada perkembangan
psikososioekonomi serta perilaku siswa .
maka keikhlasan guru untu meluangkan waktu satu jam saja dalam satu hari a untuk merapikan informasi
,menganisis data siswa ,menyusun strategi pembelajaran ,merencanakan tindakan
yang tepat bagi siswa ,berdiskusi aneka problem dan perkembangan yang dihadapi
siswa dengan team guru dan kepala sekolah
serta kegiatan lain yang bermanfaat akan meningkatkan produktivitas
serta efektifitas kegiatan di sekolah anda,syukur jika upaya ini juga masuk
dalam hitungan beban jam mengajar siswa. Consider
the goals and desires of others and try to help them reach their goals .Share
and be helpful.
Kemampuan anda
sebagai guru menempatkan siswa pada kemampuan optimal belajarnya sehingga
menjadi out put yang diharapkan memenuhi harapan adalah merupakan keberhasilan
anda dalam pengelolaan situasi belajar mengajar yang tepat sesuai dengan mutu
input yang anda tumbuh kembangkan....
Komentar
Posting Komentar