Pedoman Melatih Keterampilan Berpikir Siswa (Kurikulum 2013): Mulai dengan How lalu Why (2)
Seusai memutar video unta yang
sedang berjalan dipadang pasir, Bu Vina
,guru biologi itu pun bertanya
,bagaimana caranya unta bertahan dipadang pasir yang panas itu …?
Beragam jawaban
Dono menjawab :“dengan punuknya…”
“mengapa …..?”
“ Karena dengan punuknya bisa dinaiki……?
Benarkah ..?
Salah bu …..!
Ok, kalau begitu apa yang betul…?
“Punuk onta dapat menyimpan air
sebagai cadangan..!”
“Bagaimana jawaban teman mu ini…?
“benar bu serempak…!”.
“Ok, lantas apa lagi…?”
“Apa ya…dalam buku paket hanya ditemukan punuk onta saja buu..?
“Ayo coba bayangkan bagaimana onta bisa berjalan dipadang pasir yang panas ..?
“kakinya bu ,sepertinya letak kekuatannya.. “kata Anis
“Kenapa kakinya..?”
“kakinya lebar dan besar bu” .
“oke ,mengapa kakinya lebar dan besar ..?”,
Tono nyeletuk ‘biar larinya
cepat..”
Marwan menyela “harimau gurun
juga lari cepat..”
“Bisa menyangga yang badannya yang tinggi dan besar….”kata Tiwuk .
“gajah dan jerapah juga tinggi dan besar…”. Kata anis menyela .
“Ok, sekarang kita cari
jawabannya …guru bersangkutan melanjutkan pemutaran video pembelajaran
tentang kehidupan Onta di padang pasir …sehingga para siswa pun
pada akhirnya menemukan jawaban yang belu diketahuinya.
Pertanyaan how, merangsang
siswa mengembangkan imajinasinya
terhadap sebuah fenomena atau fakta yang dihadapinya sebagai upaya untuk mendapatkan pernyataan
dan arah pemikiran baru dalam menemukan suatu jawaban dari persoalan. Sekaligus
merupakan teknik pembelajaran berpikir untuk menemukan alasan real yang menjadi
dasar dari pernyataan masalah yang dilihat.
Sedangkan pertanyaan Why adalah salah cara menguji
orisinalitas jawaban sekaligus logika
siswa dalam pengambilan keputusan untuk menjawab. Apakah siswa sekedar menjawab
atau memiliki landasan yang kuat untuk memberikan argumentasi berdasar data
,fakta, dan pengetahuan yang dimilikinya sekaligus mendorong siswa berpikir
kritis secara bertanggung jawab.
Sebagaimana Kompetensi Inti yang
ingin dicapai dalam Kurikulum 2013 yakni: Mengolah, menyaji, dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Maka seorang guru dituntut memiliki keterampilan bertanya..! Bersambung
Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com
BalasHapusKelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI
8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66
Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com