Bedah Forensik Kompetensi Tenaga Pendidik : “ Guru Ideal “ Kurikulum 2013 (Wawancara Imajiner ) .

 Sebagai seorang guru  yang ideal, bagaimana  strategi anda dalam menghadapi penerapan kurikulum 2014 ..?
 Selama ini strategi yang diterapkan dalam pembelajaran hanya terfokus  agar  siswa tahu banyak,telebih lagi supaya dapat menjawab soal soal test atau ujian, sehingga memiliki prestasi yang membanggakan. Dan seperti anda ketahui orang tua dan masyarakat kita masih menjunjung tinggi model pembelajaran yang seperti ini. Negeri ini masih menghargai nilai akademik dibanding kompetensi dalam arti sebenarnya.
Dengan kurikulum 2013  dimana seluruh potensi siswa dapat dikembangkan, problemnya adalah bagaimana menumbuhkan semangat belajar siswa agar dapat mengeksplorasi seluruh potensi  yang dimilikinya . Karena  pada  dasarnya  setiap anak memiliki rasa ingin tahu dan hasrat untuk belajar lebih “jauh”.
Walau dari sisi setiap tenaga pendidik menghadapi  banyak kendala  dalam menterjemahkan kurikulum 2013, kami yakin jika  program pendampingan, pelatihan, forum konsultasi, serta semangat yang kuat dari para guru bukan tidak mungkin implemantasi kurikulum 2013 dapat berjalan sebagaimana semestinya.



Kurikulum 2014 dianggap sebagai model yang pas untuk mempersiapkan generasi mendatang,apa pendapat anda..? 

Kurikulum 2013 memiliki misi yang berbeda dari kurikulum sebelumnya seperti termin pada karakteristik kurikulum 2013 yakni mengembangkan keseimbangan antara pengembangan sikap spiritual dan sosial, rasa ingin tahu, kreativitas, kerja sama dengan kemampuan intelektual dan psikomotorik dari diri peserta didik .
Saya pikir tidak bisa lepas dari potensi alami yang dimiliki manusia, sebagai pemimpin atau penguasa dunia yang menggunakan seluruh isi alam untuk kesejahteraan umat manusia   sekaligus melestarikannya. Apalagi Indonesia memiliki Sumber Daya Manusia dan  Sumber Daya Alam yang sangat luar biasa yang tidak dimiliki oleh Negara lain. Akan jadi persoalan besar jika tidak mempersiapkan SDM yang bermutu untuk menghadapi persaingan di masa depan. Kurikulum 2013 merupakan pedoman pembelajaran yang mempersiapkan siswa  untuk menjadi spiritual source, bagaimana menjadi change  agent  di lingkungan dimana dia tinggal, bagaimana menjadi change agent yang dapat memberikan arah dan model kearah yang lebih baik dengan concern terhadap rasa cinta tanah air dan rasa kebangsaan.

Bagaimana caranya mulai  membangun keyakinan dikalangan peserta  didik dan masyarakat terhadap  keberhasilan kurikulum 2013 ..?

Saya pikir nomor satu adalah penguasaan konsep tentang kurikulum secara merata dikalangan pendidik. Kita tidak bisa  berpura pura bahwa perubahan kurikulum hanya sekedar perubahan sesaat akibat kebijakan rezim yang berkuasa. Saya pikir kita tidak bisa meng underestimate peserta didik . Saat ini peserta didik makin enlighten, smart dan mengerti arti dari hasil kegiatan belajar. Mereka paham apakah belajar suatu ilmu itu bermanfaat baginya atau tidak.

Kedua, tenaga pendidik harus bergerak sebagai inspiration leader, dengan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa, real learning, doing real thing , dan competences . Mungkin dari sanalah siswa akan mengerti dampak dari perubahan kurikulum  tersebut. Mengapa demikian ..?,sebagaian besar peserta didik dan masayarakat memiliki  paradigm pendidikan  hanya sekedar sekolah untuk mendapatkan ijasah supaya memiliki job prospect maupun better career  di masa depan. Melalui kurikulum 2013 pelan pelan daya kritis siswa dibangunmelalui pembelajaran yang dapat membangkitkan potensi untuk itu..
Dari pengalaman anda sebagai tenaga pendidik lebih dari 20 tahun , apa resep keberhasilan dalam menjalankan perubahan kurikulum ..?

Saya pikir karena tenaga pendidik sebagai tenaga pelaksana dari produk kebijakan maka hal yeng pertama dilakukan adalah mengerti konsep dasar dari pengembangan kurikulum, selanjutnya dengan spirit mendidik  ,betul betul dilaksanakan dalam KBM. Disamping tentunya pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan keterampilan tenaga pendidik dalam mengimplementasi kurikulum  yang baru.

Kedua ,konsultasi dan komunikasi , saya sering bicara dan berdiskusi kepada pengawas ,forom  MGMP ,kepala sekolah dan mengikuti berbagai diklat agar lebih mudah mengatasi persoalan sekaligus menemukan solusinya.

Bagaimana mengidentifikasi keberhasilan dari perubahan kurikulum ..?

 Saya pikir perubahan yang paling mendasar adalah minat dan daya serap siswa terhadap materi yang diajarkan meningkat. Meskipun saya pikir dampak yang paling signifikan  harus dilhat sebagai longterm bukan sekedar dilihat dalam jangka pendek . Dampak dari perubahan kurikulum semestinya untuk generasi masa depan untuk good for student, society  dan  do some thing . partisipasi peserta didik dam masyarakat makin meningkat .Perkembangan TIK membuat peserta didik makin mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan ,peserta tidak harus belajar diluar ruang untuk mendapatkan sumber belajar jika materi yang ingin didapatkan tidak tersedia dilingkungan sekitar peserta didik  belajar, siswa tidak hanya mendapatkan  nilai secara akademik namun diharapkan memiliki kompetensi yang dibutuhkan. Saya rasa yang penting adalah hubungan yang harmonis antara guru dan siswa ,dalam pelaksanaan perubahan kurikulum.

Bersambung




Komentar

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT