Bedah Forensik Kompetensi Tenaga Pendidik : “ Guru Ideal “ Kurikulum 2013 (Wawancara Imajiner ) .
Sebagai
seorang guru yang ideal, bagaimana strategi anda dalam menghadapi penerapan kurikulum
2014 ..?
Selama ini strategi yang
diterapkan dalam pembelajaran hanya terfokus
agar siswa tahu banyak,telebih
lagi supaya dapat menjawab soal soal test atau ujian, sehingga memiliki
prestasi yang membanggakan. Dan seperti anda ketahui orang tua dan masyarakat
kita masih menjunjung tinggi model pembelajaran yang seperti ini. Negeri ini
masih menghargai nilai akademik dibanding kompetensi dalam arti sebenarnya.
Dengan kurikulum 2013 dimana
seluruh potensi siswa dapat dikembangkan, problemnya adalah bagaimana
menumbuhkan semangat belajar siswa agar dapat mengeksplorasi seluruh potensi yang dimilikinya . Karena pada dasarnya setiap anak memiliki rasa ingin tahu dan
hasrat untuk belajar lebih “jauh”.
Walau dari sisi setiap tenaga pendidik menghadapi banyak kendala dalam menterjemahkan kurikulum 2013, kami
yakin jika program pendampingan,
pelatihan, forum konsultasi, serta semangat yang kuat dari para guru bukan
tidak mungkin implemantasi kurikulum 2013 dapat berjalan sebagaimana
semestinya.
Kurikulum 2014 dianggap sebagai model yang pas
untuk mempersiapkan generasi mendatang,apa pendapat anda..?
Kurikulum 2013 memiliki misi yang berbeda dari kurikulum sebelumnya
seperti termin pada karakteristik kurikulum 2013 yakni mengembangkan
keseimbangan antara pengembangan sikap spiritual dan sosial, rasa ingin tahu,
kreativitas, kerja sama dengan kemampuan intelektual dan psikomotorik dari diri
peserta didik .
Saya pikir tidak bisa lepas dari potensi alami yang dimiliki manusia,
sebagai pemimpin atau penguasa dunia yang menggunakan seluruh isi alam untuk
kesejahteraan umat manusia sekaligus
melestarikannya. Apalagi Indonesia memiliki Sumber Daya Manusia
dan Sumber Daya Alam yang sangat luar
biasa yang tidak dimiliki oleh Negara lain. Akan jadi persoalan besar jika
tidak mempersiapkan SDM yang bermutu untuk menghadapi persaingan di masa depan. Kurikulum 2013 merupakan pedoman pembelajaran yang mempersiapkan
siswa untuk menjadi spiritual source, bagaimana menjadi change agent di lingkungan dimana dia tinggal, bagaimana
menjadi change agent yang dapat
memberikan arah dan model kearah yang lebih baik dengan concern terhadap rasa cinta tanah air dan rasa kebangsaan.
Bagaimana caranya mulai membangun keyakinan dikalangan peserta didik dan masyarakat terhadap keberhasilan kurikulum 2013 ..?
Saya pikir nomor satu adalah penguasaan konsep tentang kurikulum secara
merata dikalangan pendidik. Kita tidak bisa
berpura pura bahwa perubahan kurikulum hanya sekedar perubahan sesaat
akibat kebijakan rezim yang berkuasa. Saya pikir kita tidak bisa meng underestimate peserta didik . Saat ini
peserta didik makin enlighten, smart
dan mengerti arti dari hasil kegiatan belajar. Mereka paham apakah belajar
suatu ilmu itu bermanfaat baginya atau tidak.
Kedua, tenaga pendidik harus bergerak sebagai inspiration leader, dengan
memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa, real learning,
doing real thing , dan competences . Mungkin dari sanalah siswa akan mengerti
dampak dari perubahan kurikulum
tersebut. Mengapa demikian ..?,sebagaian besar peserta didik dan
masayarakat memiliki paradigm
pendidikan hanya sekedar sekolah untuk
mendapatkan ijasah supaya memiliki job
prospect maupun better career di
masa depan. Melalui kurikulum 2013 pelan pelan daya kritis siswa
dibangunmelalui pembelajaran yang dapat membangkitkan potensi untuk itu..
Dari pengalaman anda sebagai tenaga pendidik lebih dari 20 tahun , apa
resep keberhasilan dalam menjalankan perubahan kurikulum ..?
Saya pikir karena tenaga pendidik sebagai tenaga pelaksana dari produk
kebijakan maka hal yeng pertama dilakukan adalah mengerti konsep dasar dari
pengembangan kurikulum, selanjutnya dengan spirit mendidik ,betul betul dilaksanakan dalam KBM.
Disamping tentunya pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan keterampilan
tenaga pendidik dalam mengimplementasi kurikulum yang baru.
Kedua ,konsultasi dan komunikasi , saya sering bicara dan berdiskusi
kepada pengawas ,forom MGMP ,kepala
sekolah dan mengikuti berbagai diklat agar lebih mudah mengatasi persoalan
sekaligus menemukan solusinya.
Bagaimana mengidentifikasi keberhasilan dari
perubahan kurikulum ..?
Saya pikir perubahan yang paling mendasar
adalah minat dan daya serap siswa terhadap materi yang diajarkan meningkat.
Meskipun saya pikir dampak yang paling signifikan harus dilhat sebagai longterm bukan sekedar
dilihat dalam jangka pendek . Dampak dari perubahan kurikulum semestinya untuk
generasi masa depan untuk good for
student, society dan do some thing . partisipasi peserta didik
dam masyarakat makin meningkat .Perkembangan TIK membuat peserta didik makin
mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan ,peserta tidak harus belajar diluar
ruang untuk mendapatkan sumber belajar jika materi yang ingin didapatkan tidak
tersedia dilingkungan sekitar peserta didik
belajar, siswa tidak hanya mendapatkan
nilai secara akademik namun diharapkan memiliki kompetensi yang
dibutuhkan. Saya rasa yang penting adalah hubungan yang harmonis antara guru
dan siswa ,dalam pelaksanaan perubahan kurikulum.
Bersambung
Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com
BalasHapusKelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI
8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66
Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com