Kiat Guru Menghadapi Tren Perilaku Siswa Abad 21



Siap  atau tidak tenaga pendidik khususnya para guru  bakal menghadapi tantangan yang sangat sengit dalam kegiatan  membelajarkan siswa . Mengingat siswa saat ini  dibesarkan dalam situasi sangat berdaya oleh

orang tuanya ,lebih berwawasan dan dimudahkan dengan berbagai kecanggihan teknologi.


Oleh karena itu seorang guru perlu meningkatkan keterampilannya dalam membelajarkan siswa sekaligus memahami tren perilaku siswa saat ini dan masa depan. Berikut beberapa strategi agar dapat menciptakan situasi pembelajaran  bagi  siswa:


Pertama :Pribadi Yang Bersahabat .

Setiap siswa pada hakekatnya makhluk sosial yang ingin diakui ,dicintai dan dihargai serta ingin menjalin relasi yang harmonis dengan orang lain. Semua orang  menghendaki kedamaian dan kebahagiaan sebagaimana dalam persahabatan,berbagi minat,kesenangan,harapan dan kekecewaan.

Kini pilihannya terletak kapan anda  sebagai guru dapat menjadi sahabat siswa yang dapat membuat siswa merasa nyaman saat kegiatan pembelajaran berlangsung,merasa mendapatkan motivasi dari kalimat yang terucap,mendapatkan bimbingan secara individual dan merasa bahwa anda sebagai guru yang dapat diandalkan siswa saat memecahkan kesulitannya dalam pembelajarannya. 

Kadang ada beberapa guru yang jaga image agar dihormati siswa dengan perilaku yang tidak bersahabat,bukannya siswa menjadi hormat melainkan bertambah ingin menghindar pribadi guru bersangkutan sekaligus tidak memiliki minat materi yang diajarkannya.

Kedua :Memberikan Pengalaman Belajar itu Lebih Penting

Tercapainya kompetensi minimal bagi siswa itu penting atas kelayakannya terhadap penguasaan bidang pelajaran yang dikuasainya. Namun demikian ,jika anda hanya terpaku pada upaya tercapainya kompetensi minimal yang harus dicapai siswa atau sekedar mentransfer pengetahuan tanpa menghadirkan pengalaman belajar  yang menyenangkan  bagi siswa. Siswa bisa  saja melupakannya seusai ulangan atau malah mudah lupa karena keterbatasan memori atau enggan menghafal.

Yang menjadi daya tarik siswa datang belajar ke sekolah bukan hanya kewajiban datang untuk belajar ,tetapi juga ingin mendapatkan kesan dari pengalaman belajarnya .Siswa  akan memiliki motivasi belajar  jika terpuaskan oleh pengalaman belajar yang diciptakan gurunya. Kreativitas dalam menciptakan pengalaman belajar siswa  bisa melalui banyak dimensi  seperti penggunaan media dan sumber belajar , pemanfaatan TIK maupun melalui tanya jawab atau interaksi dengan siswa. Itulah pengalaman belajar yang membuat siswa dapat belajar secara menyenangkan yang selalu dirindukan siswa.

Ketiga : Penguasaan Teknologi  Informasi dan Komunikasi (TIK)  Dalam Pembelajaran

TIK sangat berperan besar terhadap kegiatan pembelajaran  di masa depan baik sebagai media atau sumber belajar bagi siswa. Sekalipun sebagian guru mengatakan  bahwa tanpa TIK pembelajaran bisa dilakukan dan guru beranggapan menggunakan TIK membutuhkan waktu  yang banyak untuk menggunakan. Di zaman serba cepat ini ,mereka membutuhkan  informasi terkini dengan cepat dan relevan dengan yang dipelajarinya peran TIK dapat membantu siswa memenuhi kebutuhan itu.

Ada  beberapa macam penggunaan TIK dalam kegiatan pembelajaran;

1.       Sebagai Sumber Belajar : di mana siswa membutuhkan  teknologi yang mempermudah  dalam mencari informasi  atas ilmu yang dipelajarinya melalui sumber belajar yang dapat dipertanggung jawabkan. Dalam bentuk praktikum ,bahan ajar berupa VCD ,Web suplemen atau kunjungan belajar pada lingkungan /objek real.

2.       Sebagai Media Belajar :Dimana siswa dapat lebih mudah memahami teori/konsep yang dipelajari dikarenakan adanya media yang membuat sesuatu yang abstrak menjadi kongkrit,atau sesuatu yang tidak bisa dipraktekkan secara langsung dapat dengan mudah divisualisasikan dsb. 

3.       Sebagai Media Komunikasi Pembelajaran:Teknologi yang memungkinkan siswa bisa berinteraksi dengan gurunya diluar jam pelajaran sekolah untuk berkonsultasi  ,berkomunikasi dan mendapatkan informasi atau melaporkan tugasnya. 

Pada akhirnya seorang guru dituntut untuk  menyesuaikan diri atas perubahan zaman termasuk beradaptasi dengan perilaku siswa yang makin berubah guna efektivitas kegiatan pembelajaran. Bagaimana pendapat anda..?


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT