Meningkatkan Kesadaran Manfaat Evaluasi Pembelajaran Abad 21
Pada dasarnya sebuah upaya harus dimonitor tingkat
keberhasilan guna mengukur efektivitas proses kegiatan
yang dinginkan melalui faktor faktor pendukungnya. Inilah beberapa
manfaat pentingnya pengukuran proses keberhasilan pembelajaran :
Bagi Siswa
·
Kognitif
: Siswa semestinya sudah benar benar
menguasai mata pelajaran /pengetahuan yang diajarkan tanpa
harus menyontek. Sehingga saat mengerjakan soal memiliki kepercayaan
diri untuk mengerjakannya sendiri lantaran sudah menguasai materi
pelajaran secara logis.
·
Afektif :
Siswa dapat merasa nyaman ,tenang dan
bahagia saat menjalani kegiatan proses pembelajaran. Sehingga siswa bersemangat
untuk mengikuti kegiatan pembelajaran secara berkesinambungan.
·
Psikomotorik
:Perilaku selama kegiatan
pembelajaran ,siswa dapat menunjukkan peran aktif dalam
belajarnya(active learning) sehingga
memiliki pengalaman belajar yang membangun kompetensi.
·
Spiritual
:Perilaku spiritualitas siswa dapat terlihat pada kesungguhannya menjalani tata-tertib
sekolah,menjadi anak “baik” dan siswa yang memiliki tanggung jawab.
Bagi Guru
·
Evaluasi
Daya Serap Siswa;dari hasil evaluasi ,guru diharapkan memiliki gambaran konkret
tentang tingkat kompetensi dan daya
serap kegiatan pembelajarannya maupun siswa yang masih butuh bimbingan termasuk
siswa yang sudah belajar keras namun belum dapat sampai pada ketuntasan
kompetensi yang diharapkan. Setelah mengetahui hasil dari evaluasi ini guru
diharapkan dapat menyusun rencana tindakan remedial
atau enrichment .
·
Evaluasi
Materi :hasil evaluasi ini juga
menjadi tolok ukur bagi guru bersangkutan untuk mengukur efektivitas materi
pembelajaran yang diberikan . Termasuk mengukur
tingkat knowledge skill yang dimiliki
guru bersangkutan dalam bidang mata
pelajaran yang diampunya.
·
Evaluasi
Metode Pembelajaran:Seorang guru diharapkan memiliki kecakapan dalam penguasaan
materi pelajaran kecakapan pemilihan penggunaan materi mengajar,metodologi dan pemilihan media serta sumber belajar.
Termasuk menciptakan suasana pembelajaran yang efektif bagi siswa. Jika hampir sebagian besar siswa anda tidak dapat menguasai pelajaran dengan baik dapat
dipastikan dikarenakan kesalahan anda sebagai pengajar baik sebagai pribadi
maupun metode pengajarnya.
Bagi Manajemen Sekolah
·
Efektifitas
Peran SDM Tenaga Pendidik;sekolah diharapkan dapat mengetahui hasil kinerja
para tenaga pendidik terutama dalam proses Kegiatan Belajar dan Mengajar
seperti kemampuan guru dalam menyusun satuan pengajaran yang bermutu,penguasaan
terhadap materi pelajaran,kemampuan menggunakan
metode pengajaran ,pemilihan media dan sumber belajar serta penentuan alat
evaluasinya.
·
Efektifitas
Pelaksanaan Kurikulum :sekolah semestinya dapat mengukur keberhasilan
pelaksanaan kurikulum yang dijalankannya setelah mengetahui hasil evaluasi yang di perolehnya .Setelah terlebih
dahulu menentukan deskripsi tujuan penyelenggaraan pembelajaran :Kompetensi Umum dan Kompetensi
Khusus.
·
Bahan Penentuan
Standar Kompetensi Penyelenggaraan KBM Berikutnya:hasil dari evaluasi
belajar siswa dapat dijadikan sistem Monitoring
dan evaluasi untuk ditindak lanjuti pada guna perencanaan peningkatan kompetensi SDM
dan prestasi yang akan dicapai siswa.
Bagi Orang tua siswa
·
Evaluasi
Jam Belajar;orang tua dapat mengetahui efektivitas hasil kesungguhan belajarnya di rumah
melalui hasil evaluasi pembelajarannya di sekolah. Dengan demikian orang tua
dapat menciptakan kebiasaan belajar yang rutin.
·
Evaluasi
Keharmonisan : faktor kebahagiaan siswa dalam keluarganya dapat menentukan tingkat
keberhasilannya dalam mengejar prestasi belajarnya. Demikian juga sebaliknya
jika siswa tidak bahagia di rumah maka sering kali menjadi siswa yang
bermasalah disekolah.
·
Evaluasi Pengetahuan
Pendidikan anak :orang tua dapat mengukur tingkat pengetahuan terhadap
tumbuh kembang anaknya sendiri termasuk
kepedulian tentang proses kegiatan pembelajarannya.
Bagaimanapun hasil evaluasi pembelajaran merupakan potret
nyata untuk meningkatkan kompetensi setiap insan yang terlibat pada kegiatan
pembelajaran... ?Karena itu seberapa
optimal anda dalam memanfaatkan hasil evaluasi untuk kemajuan dan
perkembangan pelayanan prima pendidikan.
Komentar
Posting Komentar