Test Penghayatan Mendidik ( Kuis :Kompetensi Pedagogi )



Abstract :

Kompetensi Pedagogis ;merupakan  kemampuan yang berkenaan dengan pemahaman terhadap landasan pendidikan,perkembangan peserta didik dan pengelolaan pembelajaran yang partisipatif dan dialogis.
Tujuan Materi ini  agar   guru mengetahui secara mandiri kompetensi pedagogi yang dimilikinya.

Seberapa besar pengetahuan &  penghayatan anda dalam menjalani  peran sebagai pendidik ,ada baiknya anda mengukur sendiri  dengan kuis dibawah ini :





Pilihlah pertanyaan   yang sesuai dengan diri anda  ,berikan tanda  (X)  untuk yang anda pilih :
1.       Dalam  menjalankan tugas KBM  ,anda  banyak memanfaatkan konsep dan teori pembelajaran.....
2.       Anda selalu berbahagia saat menjalani proses kegiatan pembelajaran.
3.       Anda meraya yakin kehadiran anda diterima siswa ,dengan melihat perilaku siswa saat proses kegiatan pembelajaran berlangsung.
4.       Anda yakin bahwa proses pembelajaran yang  telah anda lakukan ,berhasil mengikatkan daya serap siswa.
5.       Kegiatan pembelajaran anda unik ,menarik ,dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
6.       Anda dikenal sebagai guru yang memiliki reputasi hebat dengan bukti perubahan perilaku siswa yang mengarah pada kemajuan dan kebaikan.
7.       Secara efektif anda melakukan kegiatan pembelajaran yang bisa dibedakan dari  guru lain.
8.       Anda memahami pentingnya mengerti perubahan perilaku siswa dalam kegiatan belajarnya.
9.       Anda selalu meng “ up-date” pengetahuan tentang pola pendidikan yang tepat. 
10.   Anda mengenali dengan tepat  siapa siswa siswi anda.
11.   Anda  tahu  bagaimana mengendalikan siswa yang bermasalah dalam kelas.
12.   Anda merasa hidup lebih  bermakna saat   bertemu siswa dalam kegiatan pembelajaran.
13.   Anda mengetahui apa yang menjadi motivasi  belajar siswa.
14.   Anda tahu alasan mengapa anda lebih “diterima” siswa saat kegiatan pembelajaran. 
15.   Anda selalu mencoba mengetahui latar belakang siswa bermasalah.
16.   Anda merasa strategi pembelajaran yang anda lakukan adalah efektif bagi kompetensi akademik siswa.
17.    Anda memahami akan pentingnya personal approach kepada siswa terutama yang memiliki persoalan perilaku dan kesulitan belajar.
18.    Anda secara konsisten dapat dijadikan tempat curhat siswa  dan bisa memberikan wawasan serta solusi atas persoalan yang dihadapi siswa.
19.   Anda memiliki beragam cara untuk memotivasi dan meningkatkan prestasi belajar siswa.
20.   Anda mempunyai strategi komunikasi efektif  untuk  mengetahui harapan dan kecemasan siswa dalam belajarnya.
21.   Anda menggunakan penelitian tindakan kelas ,atau  berbagai metode riset yang lainnya guna mengatasi problematik manajemen kelas dan perilaku siswa.
22.   Anda secara konsisten mencari buku panduan untuk mengatasi berbagai persoalan atas kesulitan anda menjalankan tugas.
23.   Anda selalu dapat berdiskusi dan berkonsultasi dengan sesama rekan guru untuk menghadapi keberagaman  perilaku siswa.
24.   Anda selalu mengembangkan diri untuk memperkaya wawasan keilmuan dengan banyak membaca dan aktivitas diklat lainnya.
25.   Anda selalu memiliki beragam strategi untuk membuat siswa  termotivasi belajar bersama anda.
26.   Anda memanfaatkan juga teknologi informasi untuk memotivasi dan berkomunikasi dengan siswa.
27.   Materi yang anda ajarkan benar benar dirasakan manfaatnya  oleh siswa dengan perubahan perilaku  belajarnya .
28.   Anda selalu mengingatkan siswa untuk terus meningkatkan prestasi belajarnya  dan berperilaku baik.
29.    Anda  memiliki prinsip bahwa setiap permasalahan dan kesulitan proses pembelajaran  selalu anda penyelesaian win –win solution  .
30.   Anda memiliki catatan tentang pola perilaku sifat dan karakter masing masing siswa sebagai buku pedoman pribadi.
31.   Anda memiliki catatan tentang pengakuan kepuasan belajar siswa  atas metode yang anda kembangkan.(Jika perlu rekaman videonya).
32.   Anda selalu berprinsip harus  berpenampilan rapi dalam setiap kegiatan pembelajaran dan bertemu siswa.
33.   Anda memiliki blog,microweb  atau lainnya untuk menjadikan sebagai sumber belajar dan media belajar bagi siswa.
34.   Anda selalu meng “up-date”  materi yang anda tuliskan pada blog anda.
35.   Situs yang anda wakili banyak dikunjungi siswa dan pihak lainnya.
36.   Situs anda anda lengkapi dengan tautan dari berbagai pihak yang terkait.
37.   Situs anda dapat menjadi daya tarik dalam proses pengkondisian siswa berperilaku dalam penggunaan TIK.
38.   Anda selalu mempromosikan situs yang anda miliki  kepada siswa atau masyarakat umum
39.   Anda memiliki jejaring sosial,yang anda gunakan sebagai media komunikasi dan pembelajaran kepada siswa.
40.   Anda gembira merasa menjadi tempat curhat siswa melalui  jejaring sosial yang anda miliki.

SKALA EVALUASI
Berapa banyak pernyataan yang anda pilih ..?
37-40:
Perilaku anda sangat pas jika anda sebagai fasilitator seminar atau konsultan pendidikan. Dikarenakan anda sangat memahami  secara detil pedoman perilaku menjadi guru profesional.
30-40
 Pengetahuan ,Pemahaman ,Penghayatan  atas kompetensi pedagogi  anda berada diatas rata rata.
20-30
Anda sudah berupaya melakukan yang terbaik dari yang anda bisa  dan masih memiliki banyak kesempatan untuk meningkatkan diri menjadi lebih baik lagi  .
0-20
Kemampuan pedagogi anda sangat lemah dibawah rata rata ,cobalah introspeksi diri  untuk mencari alasan penyebabnya .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT