Test Penghayatan Mendidik ( Kuis :Kompetensi Pedagogi )
Abstract :
Tujuan Materi ini agar guru mengetahui secara mandiri kompetensi
pedagogi yang dimilikinya.
Seberapa besar pengetahuan & penghayatan anda dalam menjalani peran sebagai pendidik ,ada baiknya anda
mengukur sendiri dengan kuis dibawah ini
:
Pilihlah pertanyaan yang sesuai dengan diri anda ,berikan tanda (X)
untuk yang anda pilih :
1.
Dalam
menjalankan tugas KBM ,anda banyak memanfaatkan konsep dan teori
pembelajaran.....
2.
Anda selalu berbahagia saat menjalani proses
kegiatan pembelajaran.
3.
Anda meraya yakin kehadiran anda diterima siswa
,dengan melihat perilaku siswa saat proses kegiatan pembelajaran berlangsung.
4.
Anda yakin bahwa proses pembelajaran yang telah anda lakukan ,berhasil mengikatkan daya
serap siswa.
5.
Kegiatan pembelajaran anda unik ,menarik ,dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa.
6.
Anda dikenal sebagai guru yang memiliki reputasi
hebat dengan bukti perubahan perilaku siswa yang mengarah pada kemajuan dan
kebaikan.
7.
Secara efektif anda melakukan kegiatan
pembelajaran yang bisa dibedakan dari
guru lain.
8.
Anda memahami pentingnya mengerti perubahan
perilaku siswa dalam kegiatan belajarnya.
9.
Anda selalu meng “ up-date” pengetahuan tentang
pola pendidikan yang tepat.
10.
Anda mengenali dengan tepat siapa siswa siswi anda.
11.
Anda
tahu bagaimana mengendalikan
siswa yang bermasalah dalam kelas.
12.
Anda merasa hidup lebih bermakna saat bertemu siswa dalam kegiatan pembelajaran.
13.
Anda mengetahui apa yang menjadi motivasi belajar siswa.
14.
Anda tahu alasan mengapa anda lebih “diterima”
siswa saat kegiatan pembelajaran.
15.
Anda selalu mencoba mengetahui latar belakang
siswa bermasalah.
16.
Anda merasa strategi pembelajaran yang anda
lakukan adalah efektif bagi kompetensi akademik siswa.
17.
Anda
memahami akan pentingnya personal approach kepada siswa terutama yang
memiliki persoalan perilaku dan kesulitan belajar.
18.
Anda
secara konsisten dapat dijadikan tempat curhat siswa dan bisa memberikan wawasan serta solusi atas
persoalan yang dihadapi siswa.
19.
Anda memiliki beragam cara untuk memotivasi dan
meningkatkan prestasi belajar siswa.
20.
Anda mempunyai strategi komunikasi efektif untuk
mengetahui harapan dan kecemasan siswa dalam belajarnya.
21.
Anda menggunakan penelitian tindakan kelas
,atau berbagai metode riset yang lainnya
guna mengatasi problematik manajemen kelas dan perilaku siswa.
22.
Anda secara konsisten mencari buku panduan untuk
mengatasi berbagai persoalan atas kesulitan anda menjalankan tugas.
23.
Anda selalu dapat berdiskusi dan berkonsultasi
dengan sesama rekan guru untuk menghadapi keberagaman perilaku siswa.
24.
Anda selalu mengembangkan diri untuk memperkaya
wawasan keilmuan dengan banyak membaca dan aktivitas diklat lainnya.
25.
Anda selalu memiliki beragam strategi untuk
membuat siswa termotivasi belajar
bersama anda.
26.
Anda memanfaatkan juga teknologi informasi untuk
memotivasi dan berkomunikasi dengan siswa.
27.
Materi yang anda ajarkan benar benar dirasakan
manfaatnya oleh siswa dengan perubahan
perilaku belajarnya .
28.
Anda selalu mengingatkan siswa untuk terus
meningkatkan prestasi belajarnya dan
berperilaku baik.
29. Anda
memiliki prinsip bahwa setiap permasalahan dan kesulitan proses
pembelajaran selalu anda penyelesaian win –win solution .
30. Anda
memiliki catatan tentang pola perilaku sifat dan karakter masing masing siswa
sebagai buku pedoman pribadi.
31. Anda
memiliki catatan tentang pengakuan kepuasan belajar siswa atas metode yang anda kembangkan.(Jika perlu
rekaman videonya).
32. Anda
selalu berprinsip harus berpenampilan
rapi dalam setiap kegiatan pembelajaran dan bertemu siswa.
33. Anda
memiliki blog,microweb atau lainnya
untuk menjadikan sebagai sumber belajar dan media belajar bagi siswa.
34. Anda
selalu meng “up-date” materi yang anda
tuliskan pada blog anda.
35. Situs
yang anda wakili banyak dikunjungi siswa dan pihak lainnya.
36. Situs
anda anda lengkapi dengan tautan dari berbagai pihak yang terkait.
37. Situs
anda dapat menjadi daya tarik dalam proses pengkondisian siswa berperilaku
dalam penggunaan TIK.
38. Anda
selalu mempromosikan situs yang anda miliki
kepada siswa atau masyarakat umum
39. Anda
memiliki jejaring sosial,yang anda gunakan sebagai media komunikasi dan
pembelajaran kepada siswa.
40. Anda
gembira merasa menjadi tempat curhat siswa melalui jejaring sosial yang anda miliki.
SKALA EVALUASI
Berapa banyak pernyataan yang anda pilih ..?
37-40:
Perilaku anda sangat pas jika
anda sebagai fasilitator seminar atau konsultan pendidikan. Dikarenakan anda
sangat memahami secara detil pedoman
perilaku menjadi guru profesional.
30-40
Pengetahuan ,Pemahaman ,Penghayatan atas kompetensi pedagogi anda berada diatas rata rata.
20-30
Anda sudah berupaya melakukan
yang terbaik dari yang anda bisa dan
masih memiliki banyak kesempatan untuk meningkatkan diri menjadi lebih baik
lagi .
0-20
Kemampuan pedagogi anda sangat
lemah dibawah rata rata ,cobalah introspeksi diri untuk mencari alasan penyebabnya .
Komentar
Posting Komentar