Jangan Anggap Siswa Bodoh ..!,(Dampaknya Pada Siswa)



Tanpa disadari kejengkelan guru  atas prestasi belajar siswa yang tak kunjung meningkat  membuat nya  beranggapan bahwa siswa siswi memang bodoh (dari sononya).Dengan menganggap siswa bodoh ,maka pola pikir guru dan sikap mentalnya  sudah terbangun bahwa siswa bodoh memang tidak bisa berubah,padahal ...cukup banyak bukti bahwa anggapan guru tersebut salah.. !,seperti yang dialami Thomas Alfa Edison dan tokoh dunia lainnya. 

Inilah dampak yang dirasakan siswa bila mendapatkan cemoohan  bodoh dari gurunya:

·         Jika  siswa dianggap bodoh dan tidak tahu apa apa ,siswa merasa tidak diakui keberadaannya,tidak dihargai pendapatnya dan tidak dikenali kesulitannya dalam menyerap pelajaran. Padahal sangat boleh jadi siswa yang kita anggap bodoh itu justru siswa yang memiliki daya imajinasi tinggi,memiliki  cara pandang atau pendapat yang berbeda ,bisa juga karena  memang belum  paham lantaran daya serapnya memang berbeda.

Guna mengatasi ini guru perlu mengukur kemampuan dasar siswa atas pengetahuan yang dimiliki sebelumnya sebelum memberi  tambahan pelajaran baru.


·         Jika guru   merasa dirinya paling pintar dan tidak mengamati serta mendengarkan pendapat atau jawaban secara seksama  siswa .pola pikir yang kerdil dari guru bersangkutan akan membuat siswa sebal dan enggan mengikuti pelajaran yang sedang berlangsung ,karena siswa menganggap ilmu yang diajarkannya kuno  dan tak bermanfaat.  Sekaligus guru bersangkutan memberikan contoh perilaku sombong dalam keilmuan ,padahal tidak ada siapa yang paling hebat di dunia ini. Tidak mendorong semangat belajar berkesinambungan.

Jangan beranggapan siswa tidak lebih pintar dari anda atau beranggapan semua siswa tidak dapat menerima pelajaran dengan optimal tanpa  memberikan kesempatan bagi mereka untuk menunjukkan potensi yang dimilikinya... berikan pertanyaan yang memungkinkan siswa dapat menjawab secara spontan  ,dengarkan satu persatu jawaban atau pendapat mereka untuk mengukur daya serap pelajaran yang sudah diajarkan. Sekaligus dapat mendeteksi kesulitan belajar siswa.

Tidak ada siswa bodoh ,yang ada adalah setiap siswa adalah jenius dan tugas anda sebagai guru adalah menumbuh kembangkan kejeniusan yang dimiliki siswa.   


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT