Peran Master Teacher dalam Perubahan Kurikulum 2013 (Bedah Forensik Kurikulum )
Kementerian Pendidikan
Nasional dan Kebudayaan akan mengadakan pelatihan 300 ribu guru master di 33
Provinsi dalam rangka mempercepat pelaksanaan kurikulum 2013. Sumber www.rapendik.com
1. 1. Oleh karena itu Master
Teacher (MT ) dituntut mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam memberikan batasan
ruang lingkup yang kompleks dalam penjabaran materi pelajaran. Mengingat dalam Kerangka kerja Kurikulum 2013 telah ditetapkan sebagai Integrator
sistem nilai ,pengetahuan dan keterampilan.
2. 2. MT ,dalam
sosialisasi harus dapat mengenali etnography dan antropologi budaya daerah
setempat guna membangun keterampilan
berpikir kritis guru dalam mengaitkan
relevansi dengan kompetensi yang dibutuhkan.
3. 3. MT semestinya
dapat membangkitkan daya analisa dan naluri mendidik dari kalangan guru untuk
mengenali setiap kompetensi dan daya serap siswa agar dalam memilih materi dapat disesuaikan
berbasis kebutuhan belajar siswa termasuk bagi anak yang membutuhkan pendidikan
berkebutuhan khusus.
4. 4. MT
semestinya dapat memberikan keterampilan kepada guru agar dapat memiliki
kemampuan dalam membangun peningkatan kompetensi yang didapat siswa sehingga
pembelajaran menjadi terintegrasi dan
tidak tumpang tindih.
5
5. MT dapat
membangun keterampilan pada guru untuk cakap dalam menyusun skala prioritas sesuai kompetensi
siswa secara bertahap dengan demikian penelitian kelas dan data perilaku belajar
siswa menjadi dasar pelaksanaan kegiatan pembelajaran .
6. 5. Mengingat
bahwa perubahan kurikulum 2013 adalah membangun mutu lulusan yang memiliki
karakter dan kompetensi ,maka proses pembelajaran harus disusun secara
berkesinambungan dan berkelanjutan dalam setiap jenjang satuan
pendidikan,termasuk kepastian dalam buku pelajaran. Peran MT sebagai media
komunikasi antara kesulitan yang dihadapi guru dan target yang diharapkan.
7. 6. MT harus
dapat menyusun sebuah sistem data yang akurat
guna mengevaluasi keberhasilan proses kegiatan pembelajaran yang
menggunakan kurikulum 2013 secara
menyeluruh terhadap guru –guru yang menjadi binaannya.
8. 7. MT harus
dapat menterjemahkan tantangan masa
depan anak saat setelah lulus sekolah menjadi pedoman pembelajaran yang telah
ditentukan kurikulum 2013 ,sehingga hard
skill dan soft skill dapat dipergunakan anak sesuai masa belajarnya
disekolah .
9. 8. Keterampilan
MT dalam penggunaan ICT bukan hanya keterampilan teknis penggunaan operasional
komputer atau media teknologi lainnya melainkan ICT dapat dijadikan media dan sumber
belajar guna meningkatkan motivasi
belajar siswa .
Master teacher harus dapat meyakinkan para guru selaku pelaksana bahwa kurikulum 2013
dapat dilaksanakan secara optimal
Komentar
Posting Komentar