Peran Master Teacher dalam Perubahan Kurikulum 2013 (Bedah Forensik Kurikulum )



Kementerian Pendidikan Nasional dan Kebudayaan akan mengadakan pelatihan 300 ribu guru master di 33 Provinsi dalam rangka mempercepat pelaksanaan kurikulum 2013. Sumber  www.rapendik.com



1.  1. Oleh  karena itu     Master Teacher (MT ) dituntut mampu meningkatkan  pengetahuan  dan keterampilan dalam memberikan batasan ruang lingkup yang kompleks dalam penjabaran materi pelajaran. Mengingat  dalam Kerangka kerja Kurikulum  2013 telah ditetapkan sebagai Integrator sistem nilai ,pengetahuan dan keterampilan.

2.    2.   MT ,dalam sosialisasi harus dapat mengenali etnography dan antropologi budaya daerah setempat guna  membangun keterampilan berpikir kritis  guru dalam mengaitkan relevansi dengan kompetensi yang dibutuhkan.



3.   3.    MT semestinya dapat membangkitkan daya analisa dan naluri mendidik dari kalangan guru untuk mengenali setiap kompetensi dan daya serap siswa  agar dalam memilih materi dapat disesuaikan berbasis kebutuhan belajar siswa termasuk bagi anak yang membutuhkan pendidikan berkebutuhan khusus.

4.   4.    MT semestinya dapat memberikan keterampilan kepada guru agar dapat memiliki kemampuan dalam membangun peningkatan kompetensi yang didapat siswa sehingga pembelajaran  menjadi terintegrasi dan tidak tumpang tindih.
5
      5. MT dapat membangun keterampilan pada guru untuk cakap dalam  menyusun skala prioritas sesuai kompetensi siswa secara bertahap dengan demikian penelitian kelas dan data perilaku belajar siswa menjadi dasar pelaksanaan kegiatan pembelajaran  .

6.    5.   Mengingat bahwa perubahan kurikulum 2013 adalah membangun mutu lulusan yang memiliki karakter dan kompetensi ,maka proses pembelajaran harus disusun secara berkesinambungan dan berkelanjutan dalam setiap jenjang satuan pendidikan,termasuk kepastian dalam buku pelajaran. Peran MT sebagai media komunikasi antara kesulitan yang dihadapi guru dan target yang diharapkan.


7.     6.  MT harus dapat menyusun sebuah sistem data yang akurat  guna mengevaluasi keberhasilan proses kegiatan pembelajaran yang menggunakan kurikulum 2013  secara menyeluruh terhadap guru –guru yang menjadi binaannya.

8.      7. MT harus dapat menterjemahkan  tantangan masa depan anak saat setelah lulus sekolah menjadi pedoman pembelajaran yang telah ditentukan kurikulum 2013 ,sehingga hard skill dan soft skill  dapat dipergunakan anak sesuai masa belajarnya disekolah .


9.    8.   Keterampilan MT dalam penggunaan ICT bukan hanya keterampilan teknis penggunaan operasional komputer atau media teknologi lainnya melainkan ICT dapat dijadikan media dan sumber belajar guna meningkatkan motivasi  belajar siswa   .
Master teacher harus dapat meyakinkan  para guru selaku pelaksana bahwa kurikulum 2013 dapat dilaksanakan secara optimal

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT