Kiat Membuat Siswa Betah Belajar di Dalam Kelas ( Menejemen Kelas )
Kank ,sering siswa ribut sendiri
dikelas dan menganggap pelajaran yang kami lakukan tidak penting. Jika kami
keras mereka diam sejenak setelah itu mereka kembali lagi. Padahal kompetensi mereka
masih dibawah KKM..?
"Dan Dialah yang telah menciptakan bagi kamu sekalian, pendengaran, penglihatan dan hati. Amat sedikitlah kamu bersyukur " QS Al Mukminun78
Persoalan yang anda hadapi juga
dihadapi hampir semua guru di Indonesia ,namun bukan berarti mereka tidak dapat
menciptakan pembelajaran yang kondusif. Sering kali peserta didik
“menolak “ atau tidak serius dalam belajarnya dikarenakan mereka belum mengenal kemanfaatan dan pengetahuan akan pentingnya belajar.Sementara belajar dikelas dianggap sebagai beban atau ancaman.
.
Bisa jadi siswa menolak kehadiran guru
lantaran pribadi dan perlakuan guru bersangkutan kepada siswa memang mengundang
penolakan.
Jika siswa merasa terancam atau tidak tidak berdaya maka otak akan memproduksi norepinefrin ,neurotransmiter
yang menimbulkan efek demotivasi dan keengganan untuk belajar.Marvin ,L ,Minsky .From Society of Mind.
Guna mewujudkan pembelajaran yang
membuat siswa merasa nyaman dan betah belajar inilah kiatnya:
Pertama , Ciptakan Suasana Belajar Bebas Stres
Dimulai dari penampilan guru yang
bersahabat dengan siswa ,komunikasi yang membangun harga diri siswa,selanjutnya buat aturan main
dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung kepada siswa bebas tapi saling
menghargai,”kalian boleh melakukan kesalahan dalam mengerjakan tugas yang nanti
bapak berikan ,tetapi jangan tertawakan teman kalian yang salah,yang penting
kalian berani mencoba...” sehingga anak merasa bahwa kehadiran anda sebagai
mitra belajar mereka dalam mendapatkan ilmu pengetahuan. Sehingga anak memiliki keberanian mengamati, mencoba ,bertanya, mengolah
,menalar ,dan membuat kesimpulan tanpa takut dicela dan dipersalahkan.
Kedua ,Media dan Sumber Belajar
Doronglah siswa untuk
mempersiapkan “show “kegiatan pembelajaran yang akan diselenggarakan bersama
anda mulai dari alat peraga,LCD dan multi media lain secara bergiliran .Sehingga
siswa cukup berharga karena dilibatkan
dalam pembelajaran di kelasnya sendiri . Pembelajaran yang menggunakan media
dan sumber belajar di lingkungan sekitar maupun TIK ,mempermudah dan meringankan guru dalam menyajikan mata
pelajaran. Media dan sumber belajar memudahkan anak dalam memahami teori
/konsep yang diajarkan dengan kondisi konkret atau faktual yang dipelajarinya.
Ketiga ,Beri Ruang Aktualisasi Diri Siswa
Guna membangkitkan keberanian anak untuk bertanya milikilah keterampilan
mendengar pertanyaan siswa,jangan
terpaku dengan harus siapa yang bicara
,mereka interupsi pun harusnya diberi
kesempatan. Lantaran jangan sampai terjadi setelah diterangkan panjang lebar
justru anak tidak tahu apa apa lantaran saat akan bertanya mereka takut
dianggap menyalahi aturan pembelajaran
(metode ceramah ). Ciptakan suasana pembelajaran yang membuat anak bisa
observasi terhadap materi yang diajarkan ,dengarkan pertanyaan dan komentar anak . Biarkan
anak melontarkan ide dan imajinasinya selanjutnya diskusikan mengenai pemahaman atas mata pelajaran yang
sudah diterangkan.
Keempat,Proses lebih penting
daripada sekedar target KKM
Mendapatkan pengalaman belajar
yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik akan lebih diingat dalam
jangka panjang sekaligus membuatnya ingin mengulangi mendapatkan tantangan
belajar yang berikutnya. Karena itu tingkatkan kesabaran anda dalam membimbing
siswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan dari anda. Bantu siswa untuk melakukan kegiatan belajarnya sesuai
kapasitas dan kecepatan proses
belajarnya mengingat memang kompetensi masing- masing siswa berbeda satu sama
lain . Dalam perjalanan waktu ajak siswa
untuk mengeksplorasi potensi dirinya sekaligus menemukan solusi untuk mencapai prestasinya
baik dalam bentuk klasikal maupun diskusi secara pribadi. Dengan demikian siswa
merasa diperhatikan kepentingan masa depannya.
Seorang guru dituntut memiliki keterampilan mengelola kelas (classroom management ),termasuk membuat siswa betah belajar bersamanya.Bagaimana pendapat anda..?
saya pengajar baru mas...mau curhat aja sih
BalasHapussaya belum mengerti sama sekali yang di bahas diatas jika diaplikasikan...sangat sukar
murid sya itu paling gak nurut sama saya
dari 20 orang siswa di kelas, cuman 5 orngang yang betah di dalam kelas, yang lainya asyik nongkrong di luar kelas...mohon pencerahannya