Kiat Membuat Siswa Betah Belajar di Dalam Kelas ( Menejemen Kelas )



Kank ,sering siswa ribut sendiri dikelas dan menganggap pelajaran yang kami lakukan tidak penting. Jika kami keras mereka diam sejenak setelah itu mereka kembali lagi. Padahal kompetensi mereka masih dibawah KKM..?




 "Dan Dialah yang telah menciptakan bagi kamu sekalian, pendengaran, penglihatan dan hati. Amat sedikitlah kamu bersyukur " QS Al Mukminun78


Persoalan yang anda hadapi juga dihadapi hampir semua guru di Indonesia ,namun bukan berarti mereka tidak dapat menciptakan pembelajaran yang kondusif. Sering kali  peserta didik  “menolak “ atau tidak serius dalam belajarnya dikarenakan  mereka belum mengenal kemanfaatan  dan pengetahuan akan pentingnya  belajar.Sementara belajar dikelas dianggap sebagai beban atau ancaman. .

 Bisa jadi siswa  menolak kehadiran guru lantaran pribadi dan perlakuan guru bersangkutan kepada siswa memang mengundang penolakan.



 Jika siswa merasa terancam atau tidak  tidak berdaya maka otak   akan memproduksi norepinefrin ,neurotransmiter yang menimbulkan efek demotivasi dan keengganan untuk belajar.Marvin  ,L ,Minsky .From Society  of Mind.

Guna mewujudkan pembelajaran yang membuat siswa merasa nyaman dan betah belajar inilah kiatnya:

Pertama , Ciptakan Suasana Belajar Bebas Stres

Dimulai dari penampilan guru yang bersahabat dengan siswa ,komunikasi yang membangun  harga diri siswa,selanjutnya buat aturan main dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung kepada siswa bebas tapi saling menghargai,”kalian boleh melakukan kesalahan dalam mengerjakan tugas yang nanti bapak berikan ,tetapi jangan tertawakan teman kalian yang salah,yang penting kalian berani mencoba...” sehingga anak merasa bahwa kehadiran anda sebagai mitra belajar mereka dalam mendapatkan ilmu pengetahuan.  Sehingga anak memiliki keberanian  mengamati, mencoba ,bertanya, mengolah ,menalar ,dan membuat kesimpulan tanpa takut dicela dan dipersalahkan.

Kedua ,Media dan Sumber Belajar 

Doronglah siswa untuk mempersiapkan “show “kegiatan pembelajaran yang akan diselenggarakan bersama anda mulai dari alat peraga,LCD dan multi media lain secara bergiliran .Sehingga siswa  cukup berharga karena dilibatkan dalam pembelajaran di kelasnya sendiri . Pembelajaran yang menggunakan media dan sumber belajar di lingkungan sekitar maupun TIK ,mempermudah  dan meringankan guru dalam menyajikan mata pelajaran. Media dan sumber belajar memudahkan anak dalam memahami teori /konsep yang diajarkan dengan kondisi konkret atau faktual yang dipelajarinya.

Ketiga ,Beri Ruang Aktualisasi Diri Siswa 

Guna membangkitkan  keberanian anak untuk bertanya milikilah keterampilan mendengar  pertanyaan siswa,jangan terpaku dengan  harus siapa yang bicara ,mereka interupsi pun  harusnya diberi kesempatan. Lantaran jangan sampai terjadi setelah diterangkan panjang lebar justru  anak tidak tahu apa  apa lantaran saat akan bertanya mereka takut dianggap  menyalahi aturan pembelajaran (metode ceramah ). Ciptakan suasana pembelajaran yang membuat anak bisa observasi terhadap materi yang diajarkan ,dengarkan pertanyaan dan  komentar anak  .  Biarkan anak melontarkan ide dan imajinasinya selanjutnya diskusikan  mengenai pemahaman atas mata pelajaran yang sudah diterangkan.

Keempat,Proses  lebih penting daripada sekedar target KKM  

Mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik akan lebih diingat dalam jangka panjang sekaligus membuatnya ingin mengulangi mendapatkan tantangan belajar yang berikutnya. Karena itu tingkatkan kesabaran anda dalam membimbing siswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan dari anda. Bantu siswa  untuk melakukan kegiatan belajarnya sesuai kapasitas  dan kecepatan proses belajarnya mengingat memang kompetensi masing- masing siswa berbeda satu sama lain  . Dalam perjalanan waktu ajak siswa untuk mengeksplorasi potensi dirinya sekaligus menemukan solusi untuk mencapai prestasinya baik dalam bentuk klasikal maupun diskusi secara pribadi. Dengan demikian siswa merasa diperhatikan kepentingan masa depannya.

Seorang guru dituntut  memiliki  keterampilan mengelola kelas (classroom management ),termasuk membuat siswa betah belajar bersamanya.Bagaimana pendapat anda..?  

Komentar

  1. saya pengajar baru mas...mau curhat aja sih
    saya belum mengerti sama sekali yang di bahas diatas jika diaplikasikan...sangat sukar
    murid sya itu paling gak nurut sama saya
    dari 20 orang siswa di kelas, cuman 5 orngang yang betah di dalam kelas, yang lainya asyik nongkrong di luar kelas...mohon pencerahannya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT