Kiat Teknis Guru Dalam Menyederhanakan Konsep Kurikulum , (Kompetensi Pedagogik )
Kank ,walaupun para guru disekolah kami belum sepenuhnya menjalankan kurikulum lama ,namun kami tetap berusaha memberikan
yang terbaik untuk siswa. Kompetensi apa yang harus ditingkatkan oleh para guru sebagai skala prioritas dalam menyikapi
perubahan kurikulum .. ?.
Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang
beriman. bertakwalah kepada Tuhanmu". orang-orang yang berbuat baik di
dunia ini memperoleh kebaikan. dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya
hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.
QS Az Zumar :10
Bagaimana implementasinya
Bagaimana implementasinya
Secara sederhana
kurikulum adalah pedoman dasar /pokok dalam menyelenggarakan kegiatan
pembelajaran disekolah yang ditentukan
oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sedangkan pengembangan semestinya dilakukan oleh guru disekolah berdasarkan
kondisi nyata dilingkungan masing masing yang dihadapi.
Sedangkan yang patut dipersiapkan oleh guru sebagai skala
prioritas bukan saja kompetensi Profesional
yang berkaitan pengetahuan dan keterampilan memahami penguasaan substansi
isi materi kurikulum .Melainkan
kompetensi pedagogik yang berkaitan dengan kemampuan pemahaman
peserta didik melalui ; pemahaman kognitif –psikososial peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran ,evaluasi hasil belajar dan
pengembangan potensi minat /keberbakatan siswa.
Tugas guru sebagai “penterjemah “ kurikulum adalah sebagai berikut:
1.
Mencari ,mengolah dan merumuskan relevansi kurikulum dengan kompetensi yang diharapkan dari visi –misi sekolah serta
kebutuhan karakter dari kondisi masyarakat
setempat.
2.
Membuat dan menjabarkan solusi –solusi kreatif serta
menyusun strategi pembelajaran yang menciptakan kegiatan pembelajaran yang mampu menambah
,meningkatkan ,meluaskan,memperdalam serta menumbuhkembangkan pengetahuan dan keterampilan
penguasaan siswa atas materi pelajaran dikuasai yang sebelumnya.
3.
Kemampuan guru dalam imaginaton teaching , imajinasi yang kuat ,padat ,fleksibel ,lancar
sampai ke arah yang spesifik dengan mempertimbangkan berbagai hal guna terfokus pada materi pokok yang harus
diajarkan mengingat konsep kurikulum biasanya
luas dan abstrak.
4.
Keterampilan guru dalam menyusun konsep strategi pembelajaran dengan kemampuan
mengidentifikasi ,meng kelompokkan ,memodifikasi dan membuat struktur materi pembelajaran .Agar
tidak terjadi tumpang tindih materi yang satu dengan yang lain mengingat
pembelajaran yang akan dikembangkan adalah tematik -integratif .
5.
Agar siswa memiliki kecakapan hidup (life skill) yakni memiliki inisiatif untuk
mempergunakan pengetahuan dan keterampilan untuk memperbaiki keadaan dengan
sikap yang benar. Maka guru perlu menyusun ,membangun dan menciptakan
kegiatan pembelajaran yang mampu
menambah wawasan siswa dalam menghadapi tantangan hidup sesuai usia perkembangannya.
6.
Kesanggupan guru untuk memprediksi ,analisa sebab akibat membuat
kesimpulan berdasarkan kondisi nyata siswa agar dalam menyusun rencana dan
implementasi kegiatan pembelajaran dapat berkesinambungan serta berkelanjutan antara materi pelajaran dan
kompetensi siswa.
7.
Seorang guru diharapkan mampu “membumikan “ buku pelajaran dengan bahasa yang dapat difahami anak sesuai
usia perkembangannya . Untuk itu guru harus memiliki keterampilan membaca teks dan mampu menganalisa,isi unsur
,kecenderungan hubungan prinsip pesan moral ,proses sampai arti ganda sebuah
bacaan (bias). Disamping dapat “membaca”
kontekstual kondisi psikokognitif siswa dalam menjalani kegiatan pembelajaran
Pada akhirnya seorang guru dituntut mampu menterjemahkan
kurikulum untuk membangun kesadaran siswa
tentang pentingnya belajar sebagai kebutuhan hidup dengan penuh makna dalam rangka menghadapi
persaingan yang kian sengit. Bagaimana pendapat anda.. ?
Komentar
Posting Komentar