Meningkatkan Keterampilan Bertanya bagi Guru (Teknologi Pendidikan )
Kank ,masih banyak guru yang lebih menggunakan metode
ceramah ,atau lebih parah kasih tugas ditinggal pergi saat mengajar ,sehingga
siswa tidak tertarik untuk belajar.
Apakah pertanyaan yang diajukan kepada siswa dapat mempengaruhi minat
belajarnya..?
“dan Apakah mereka tidak melihat
bahwa Sesungguhnya Kami telah menciptakan binatang ternak untuk mereka Yaitu
sebahagian dari apa yang telah Kami ciptakan dengan kekuasaan Kami sendiri,
lalu mereka menguasainya?.” QS Yasiin 71
Manusia pada dasarnya memiliki naluri rasa ingin tahu dan
pembelajaran akan terjadi jika siswa mendapatkan rangsangan agar terpenuhi rasa
ingin tahunya. Lantaran pembelajaran itu proses stimulus dan respons . Agar
siswa terlibat dalam proses pembelajaran maka
keterampilan bertanya guru adalah
wajib dimiliki..!
Penggunaan pertanyaan bukan saja merangsang rasa ingin tahu
siswa ,namun juga dapat digunakan mengetahui tingkat pemahaman siswa atas
pelajaran yang sudah diberikan sekaligus memberi tantangan bagi siswa untuk
menunjukkan kompetensi yang dimilikinya. Ada beberapa teknik mengajukan pertanyaan yang bisa di kuasai
guru :
Pertanyaan langsung
“Siapa yang tahu apa
artinya .....?.Jenis pertanyaan ini
dapat digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman awal seorang siswa atas pengetahuan
yang bakal diajarkannya. Dengan mendapatkan fakta dan informasi pengetahuan
awal siswa guru dapat meningkatkan,menambah ,memperluas wawasan keilmuan yang dimiliki siswa,sehingga
tidak ada pengulangan/penumpukan materi yang sudah diajarkan karena bisa
membosankan. Sehingga kegiatan
pembelajaran menjadi efektif .
Pertanyaan terbuka
“Jelaskan bagaimana proses terjadinya....?”Pertanyaan
terbuka adalah untuk mendapatkan jawaban yang tidak sekedar ya atau tidak.
Pertanyaan terbuka dapat meningkatkan keterikatan emosi antara guru terhadap
siswanya lantaran guru mendapatkan informasi,memahami kebutuhan rasa ingin tahu
siswa ,meningkatkan kepercayaan dan kompetensi siswa juga guru bersangkutan.
Ajukan pertanyaan dan biarkan siswa menjawab ...jangan tergesa -gesa
menyalahkan dan mentertawakan jawaban
siswa walaupun jawabannya “aneh “, agar
siswa tidak mengalami trauma saat bertanya atau menjawab .
Berikut pertanyaan yang bisa membuat siswa berebut menjawab
;
1.
Apa ciri ciri....?pertanyaan ini memberikan stimulasi kepada siswa untuk merinci dan
mengidentifikasi sebuah konsep.
2.
Mengapa ...? Siswa dapat memberikan alasan dari
sebuah konsep yang sudah diterangkan.
3.
Kapan
.....? Siswa diminta menjelaskan kronologi atau urutan waktu
4.
Siapa..? Siswa diajak menyimak untuk mengenali
teks bacaan yang telah dibacanya.
5.
Dimana ...? siswa diajak mengingat tentang tempat suatu kejadian .
6.
Bagaimana ? siswa diajak untuk menjelaskan
sebuah proses mekanisme yang terjadi .
7.
Jelaskan ..? siswa diharapkan mampu menjelaskan
secara luas terhadap konsep yang diajarkan.
Pertanyaan Arahan
Bukankah hari ini kalian sangat gembira dan siap mengikuti
pembelajaran yang menyenangkan ini...?
Pertanyaan tentang kalian sangat bergembira mengarahkan pada
pola pikir optimis kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran yang
menyenangkan..!
Pertanyaan arahan adalah suatu pertanyaan yang ditujukan
untuk mengarahkan perhatian ,suasana
hati dan pola pikir siswa kepada
situasi tertentu. Jenis pertanyaan sepeti ini biasanya sudah berisi alternatif
jawaban yang sudah disediakan sekaligus guru bisa mendapatkan jawaban secara
eksplisit.
Keterampilan bertanya harus dimiliki para guru agar siswa
dan guru bersangkutan berada dalam suasana belajar.
Komentar
Posting Komentar