Kiat Guru Menghadapi Perubahan Kurikulum 2013 (Karakter Guru Profesional) .
Kank
,saya rasa tidak semua guru dapat menyesuaikan diri dengan perubahan kurikulum .
lantas apa yang mesti saya lakukan...?
Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati,
padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu
orang-orang yang beriman. Al Imran 139
|
Mengingat aspek filosofi Kurikulum 2013 adalah berorientasi pada basis pada kompetensi ,maka sebagai guru anda pun dituntut
untuk memiliki kompetensi yang tumbuh dan berkembang karena itu penting bagi
anda untuk :
Analisa Kompetensi Diri Anda
Menganalisa kompetensi inti (core
competence ) meliputi kompetensi profesional dalam hal ini apakah anda
benar benar seorang yang guru yang ahli pada bidang keilmuan yang anda miliki
sehingga anda dapat mentransfer ilmu
secara tuntas kepada peserta didik. Jika belum maka anda harus meningkatkan
kualitas ilmu yang anda kuasai,melanjutkan kuliah,mengikuti seminar ,membaca buku ,searching Web dsb.
Kompetensi pedagogik ,apakah dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran anda masih menggunakan cara cara lama
,seperti berceramah saja..? padahal ada banyak metode pembelajaran yang bisa
dikembangkan,Resources base learning
: pembelajaran berbasis sumber daya yang
ada di lingkungan,untuk mengeksplorasi aspek kognitif dan psikomotor peserta didik.Case/Problem Base learning :
siswa diberi kan persoalan yang memiliki relevansi dengan ilmu yang
dipelajarinya. Simulation base learning,siswa
di berikan kesempatan untuk melakukan berbagai eksperimen dan percobaaan guna
meningkatkan pengalaman belajarnya. Collaboration
base learning : siswa diberikan tugas kelompok untuk menemukan mengolah
data menjadi sebuah laporan hasil eksperimen yang dilakukan menggunakan TIK.
Kompetensi Sosial : relasi dengan
siswa adalah relasi horizontal ,artinya seorang guru harus dapat menggangap
siswa adalah mitra belajarnya. Sehingga siswa dapat tumbuh kembang rasa ingin
tahunya menjadi proses pembelajaran
.Guru sebaiknya tidak tergesa gesa melable
anak bermasalah dikelas sebagai anak nakal ,agar guru bersangkutan dapat
mengobservasi latar belakang permasalahan anak bermasalah. Dengan menjadi
sahabat siswa guru dapat menganalisa perilaku siswa berdasar latar belakangnya
sehingga mudah bagi guru untuk berkomunikasi,memberi nasihat dan mengarahkan
anak menuju perilaku yang direncanakan.Kompetensi ini memudahkan guru untuk
merancang rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis kebutuhan dan kondisi real
peserta didik yang dihadapinya.
Kompetensi kepribadian : anda sebagai guru harus dapat mengenali diri
sendiri ,terutama dalam aspek emosi,konsep diri dan cara berpikir . Dimulai
dari konsep diri seorang guru harus memiliki cara pandang ,paradigma berpikir bahwa guru adalah profesi
mulia untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa . lantaran itulah maka upaya
guru adalah untuk memberikan pelayanan prima untuk kepentingan terbaik peserta didik . Guru harus optimis dalam
menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan dalam menjalankan profesinya baik
akibat perubahan kurikulum maupun perubahan
tingkah laku peserta didik. Sementara itu guru dituntut untuk memiliki
kecerdasan emosi yang prima (EQ) terutama dalam mengendalikan emosi marah,cemas
dan tidak berdaya agar tindakan kekerasan terhadap siswa tidak terjadi lantaran
guru tidak dapat mengelola emosinya.
Suka
tidak suka ,perubahan akan terus terjadi ,maka guru siap tidak siap harus
menyesuaikan diri..
buat tmen2 yg g' mw report isi pulsa hp dan listrik, g' perlu keluar rumah, cukup hanya dari hp atau dari genggaman anda saja, untuk temen2 yg gila bisnis yg mw bikin konter pengisian pulsa hp dan listrik, tunggu apa lagi segera gabung di bisnis yusuf mansur ini, produk halal dan banyak keuntungan dan kemudahan kunjungi WEBSITE: http://leadervsi.com/wan-vsi
BalasHapus