Sekolah berbasis layanan,school base services



Jika manajemen berbasis sekolah , menjadi dasar untuk pengeloaaan persekolahan di Indonesia.Kepala sekolah adalah manajer yang mengelola sekolah selayaknya seorang pemimpin perusahaan. Dalam artian memikirkan output dari proses kegiatannya memimpin sekolah.Untuk itu kepala sekolah perlu menentukan strategi pencapaian targetnya melalui, school base service. Melalui model Service Satisfaction Index.

Accessibility

Kemampuan untuk menyiapkan diri dihubungi oleh pihak yang menjadi tanggung jawabnya mutlak harus diniatkan untuk dilakukan.Dengan demikian seluruh aktivitas sekolah dapat termonitor dan terkendali dengan baik.Kepala sekolah tidak boleh mengambil jarak terlalu jauh dalam menyediakan diri untuk akses layanan. Ambil contoh ,penulis pernah temui seorang Kepala Sekolah memberikan nomor ponsel untuk kepentingan layanan pendidikan kepada seluruh siswa dan wali muridnya. Transparansi dan akuntabilitas.

Selanjutnya kepala sekolah menciptakan kondis lingkungan kerja bagi guru dan karyawan sekolah yang dapat membangkitkan kebanggan, kepercayaan dan kebahagiaan mereka.Kemampuan bekerja sama dengan pihak terkait , masyarakat , investor,dan media,adalah kemampuan seorang kepala sekolah berikutnya. Termasuk emphati dan terlibat kegiatan social diwilayah sekitar.

Accessibility dapat meningkatkan emotional bonding sekaligus membangun brand identity sekolah.

Service Process

Implementasi dari visi dan misi sekolah harus dilaksanakan dalam proses kegiatan belajar dan mengajar (KBM).Bukan sekedar berpikir bagaimana mensiasati Nilai standart minimum target dari Ujian nasional.Guna kepentingan pencitraan sekolah.Melainkan benar benar menghayati arti pendidikan ,mencerdaskan kehidupan anak bangsa.

Keberanian melakukan inovasi pendidikan,mengembangkan gagasan kratif menjadi strategi pengembangan kurikulum muatan lokal,kemampuan mempengaruhi guru dan tenga pendidik lainnya untuk konsisten pada pelayanan serta pengambilan keputusan yang tepat. Merupakan ketrampilan service process bagi kepala sekolah.

People

Selengkap apapun sarana dan prasarana sekolah jika tidak didukung oleh kualitas SDM yang memadai akan sia sia . Kemampuan manjerial kepala sekolah dapat terwujud dalam;

-menciptakan iklim berprestasi bagi guru dan siswa.
-penggunaan ICT sebagai system informasi manjemen, media pembelajaran dan data base kegiatan sekolah.
-kemampuan evaluasi dan audit kinerja guru.
- mendorong terciptanya hasil dan kepuasaan belajar siswa .,dengan indeks kepuasan belajar siswa misalnya. Dsb

Service complaint Handling

Sekolah semestinya memiliki kotak saran atau bahkan menyediakan forum pengaduan. Untuk mengukur kinerja sekaligus mendapatkan umpan balik dari hasl kerjanya.Sekaligus untukmemperbaki kekuranagn dari system yang ditetapkan. Kepala sekolah harus mampu menghadapi tekanan,memiliki kendali emosi,mampu menyelesaikan konflik secara adil.

Namun sebelum complain tejadi kepala sekolah harus mensosialisaikan system dan aturan main yang harus dijalankan secara konsisten . Dengan demikian masyarakat memiliki informasi yang memadai sekaligus dapat menjalankan fungsi social control nya.

Mudah mudahan kepala sekolah segera sadar bahwa sekolah adalah pelayan publik. Sudah selayaknya pendidikan mengadopsi standart pelayanan dari dunia usaha .

Tapi jangan bisniskan bangku sekolah ,Punya sedikit semangat kebangsaan mencerdaskan kehidupan anak bangsa.

Bagaimana dengan sekolah anda ?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT