Life Skill SMA /SMK Best Practice Broad cast : Teknik Wawancara dengan “Pejabat”





Sudah puluhan kali saya  menjadi moderator seminar dengan para petinggi negara dan akademisi , demikian juga mewawancarainya  dalam acara Ragam Pendidikan yang disiarkan TVRI tahun 2014- 2015, inilah kiat agar terlihat “indah ‘ dimata peserta atau penonton TV :


1.     Gunakan pertanyaan pendek untuk jawaban yang lebih luas dan dalam. Kecenderungan kita sebagai host/moderator ingin terlihat cerdas, membuat pertanyaan yang dibuat kadang lebih panjang dari jawabannnya, padahal pertanyaan pendek saja merupakan stimulasi untuk membuka cakrawala pandang bagi pemirsa.

2.    Susunlah pertanyaan sekan akan mewakili rasa ingin tahu  pemirsa .

3.    Jangan terburu interupsi jika memang tidak keluar dari jalur pertanyaan.

4.    Miliki keterampilan mendengarkan secara lebih baik agar memiliki peluang mendapatkan informasi yang lebih akurat untuk pertanyaan berikutnya. Sehingga jalannya wawancara menarik untuk diikuti. 

5.    Tenangkan diri anda setinggi apapun jabatan  nara sumber, konesntrasi , hadapkan muka ke lawan bicara dengan senyuman yang bersahabat, ikuti penjelasannya dengan penuh perhatian dan antusiasme, jaga sikap tubuh anda agar lawan bicara  tidak terganggu kosentrasinya..

Selanjutnya ayo praktek..!, jangan terlalu sibuk dengan konsep yang saya berikan, karena pewawancara handal melalui jam terbang yang banyak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

MEDIA PEMBELAJARAN DAN KURIKULUM 2013

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!