PENGEMBANGAN SDM GURU: MEMBANGKITKAN SEMANGAT CINTA ILMU PENGETAHUAN BAGI GURU CASE STUDY : Pengakuan Siswa –siswi SMKN 1 BENDO,MAGETAN
Kalau dalam pembelajaran biasanya diarahkan pada peningkatan
kompetensi kognitif tepatnya pada prestasi akademik, dimasa depan pembelajaran
harus mengarah pada peningkatan lifeskill peserta didik sebagai bekal menghadapi
berbagai tantangan dan peluang masa depan. Lifeskill
yang dimaksud adalah kompetensi keterampilan, kompetensi berpikir kritis , sikap
mental positif dan spiritualitas. Oleh karena itu pendidik “wajib” meningkatkan
Kompetensi Profesionalnya melalui hasrat yang kuat untuk belajar alias mencitai
ilmu pengetahuan.
Mencintai ilmu pengetahuan,saya tempatkan sebagai yang
pertama ,karena itulah “ruh” seorang
guru yang bertugas menyampaikan ilmu pengetahuan melalui pendidikan. Mencintai ilmu pengetahuan
artinya setiap pendidik harus gemar belajar dan mengembangkan diri terus
menerus.
Tantangan masa depan yang berubah mengharuskan dunia pendidikan dan pendidik terus mengembangkan diri . Tanpa ini, dunia penddikan hanya akan menjadi
sebuah tempat pengajaran yang “statis”. Hal ini sejalan dengan apa yang dilakukan pak Sunarto, SPd, MT guru
SMKN 1 Bendo Magetan selama ini
yang mengembangkan Juz belimbing sebagai energy listrik alternative dan perangkap serangga melalui pemenuan dan penelitian sebagai perwujudan pendidik yang mencintai
ilmu pengetahuan. Pengembangan konsep pembelajaran yang dilakukan dari waktu ke waktu bukan sekedar “mengajar ”atau mengejar target kurikulum ,
tapi “proaktif”. Begitu mendapatkan penemuan, selalu berani “ambil posisi”
menindak lanjuti dengan tindakan nyata mengembangkan menjadi penelitian dan
menularkan semangat penelitian kepada para peserta didik.
Sehingga siswa mendapatkan teladan kongkrit tentang
bagaimana mencintai ilmu pengetahuan dari sosok guru bersangkutan..simak
pengakuan para siswa berikut ini..! (bersambung)
Komentar
Posting Komentar