Mencari Kurikulum yang Membelajarkan Siswa Sebagai Manusia Seutuhnya. -1 (bervideo)

Dalam satu kesatuan Kurikulum yang “sempurna”   menghendaki membelajarkan siswa sebagai manusia seutuhnya, bauran ranah  pembelajaran  harus dibentuk dan dikombinasikan secara tepat sesuai dengan jenjang kelas siswa,materi  yang disampaikan dan metode pembelajaran yang  ingin dicapai oleh pendidik . Untuk mendapatkan bauran pembelajaran  yang efektif.  Kurikulum 2013, pada tataran proses pembelajaran dan untuk memperkuat pendekatan ilmiah (scientific), tematik terpadu (tematik antarmata pelajaran), dan tematik (dalam suatu mata pelajaran) akan mengupayakan agar para guru mampu menerapkan pembelajaran berbasis penyingkapan/penelitian (discovery/inquiry learning).

1.       Materi Pembelajaran harus  relevan dengan kebutuhan peserta didik.


Kegiatan pembelajran  hanya akan dapat diserap dengan baik  ketika siswa  mengerti terhadap materi yang diadapatnya. Hal yang harus diperhatikan seorang pendidik  adalah bagaimana siswa memiliki pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian di lingkungan rumah, sekolah, dan tempat bermain.. membandingkan pengetahuan yang didapatnya  dengan kondisi lingkungan siswa.

 Faktanya, guru kesulitan dalam menemukan suatu metode yang tepat untuk meramu kondisi real yang dihadapi siswa dengan materi yang harus disampaikan . Biasanya, alasan tidak memiliki waktu cukup  dijadikan dasar untuk tidak merancang atau melaksanakan pembelajaran sebagaimana mestinya.  Dan pembelajaran dilakukan berdasarkan kejar tayang  kurikulum dan nilai akademik  siswa  masih melekat dalam paradigm guru mengajar. Padahal  hanya  metode pembelajaran yang masuk dalam kriteria  siswa yang akan disukai siswa sekaligus dapat meningkatkan motivasi  belajar. Bersambung..


Case Study : TK Negeri Pembina Kawedanan,Magetan




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT