Mencari Kurikulum yang Membelajarkan Siswa Sebagai Manusia Seutuhnya. -1 (bervideo)
Dalam satu kesatuan Kurikulum yang “sempurna” menghendaki membelajarkan siswa sebagai
manusia seutuhnya, bauran ranah pembelajaran harus dibentuk dan dikombinasikan secara tepat
sesuai dengan jenjang kelas siswa,materi yang disampaikan dan metode pembelajaran yang ingin dicapai oleh pendidik . Untuk
mendapatkan bauran pembelajaran yang
efektif. Kurikulum 2013, pada tataran
proses pembelajaran dan untuk memperkuat pendekatan ilmiah (scientific), tematik terpadu (tematik
antarmata pelajaran), dan tematik (dalam suatu mata pelajaran) akan
mengupayakan agar para guru mampu menerapkan pembelajaran berbasis
penyingkapan/penelitian (discovery/inquiry
learning).
1.
Materi Pembelajaran harus relevan dengan kebutuhan peserta didik.
Kegiatan pembelajran
hanya akan dapat diserap dengan baik ketika siswa
mengerti terhadap materi yang diadapatnya. Hal yang harus diperhatikan
seorang pendidik adalah bagaimana siswa
memiliki pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dalam wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian di lingkungan rumah, sekolah, dan tempat bermain.. membandingkan
pengetahuan yang didapatnya dengan
kondisi lingkungan siswa.
Faktanya, guru
kesulitan dalam menemukan suatu metode yang tepat untuk meramu kondisi real
yang dihadapi siswa dengan materi yang harus disampaikan . Biasanya, alasan
tidak memiliki waktu cukup dijadikan
dasar untuk tidak merancang atau melaksanakan pembelajaran sebagaimana
mestinya. Dan pembelajaran dilakukan
berdasarkan kejar tayang kurikulum dan nilai
akademik siswa masih melekat dalam paradigm guru mengajar.
Padahal hanya metode pembelajaran yang masuk dalam kriteria siswa yang akan disukai siswa sekaligus dapat
meningkatkan motivasi belajar.
Bersambung..
Case Study : TK Negeri Pembina Kawedanan,Magetan
Komentar
Posting Komentar