Kiat Membangkitkan Gairah Belajar Siswa (K13): ‘Empower”Case Study :SDN Pulorejo 1 Mojokerto

Seorang  guru  kalau peserta didiknya  punya gagasan  dan informasi yang lebih baik  bahkan "lebih pintar" dari dia sebagai gurunya tidak boleh minder atau sakit hati. Seorang pendidik  walaupun bertindak sebagai guru pembimbing siswa bukan berarti tidak memiliki keterbatsan pengetahuan,  yang paling penting berani meng "empower" siswanya untuk lebih percaya diri dalam menjalani proses pembelajarannya, inilah tugas guru membelajarkan siswa.!

Dengan membuat para siswa  jadi mencoba, gagal mencoba lagi memperbaiki dan menyempurnakan. Sebagaimana yang dilakukan siswa siswi dalam SDN Pulorejo 1 Mojokerto, siswa diberi kesempatan untuk berkreasi dalam mengembangkan kreatifitas dalam membatik dan seni patung. Sehingga siswa siswi memiliki rasa berkompeten dalam menjalankan tugas tugas ektrakurikulrnya sekaligus tidak meninggalkan dan mengenal budaya daerahnya.



Bayangkan, seorang anak  yang biasanya dirumah terlalu banyak larangan dari orang tuanya justru mendapatkan keleluasaan saat berkreasi membatik dan mengembangkan seni patung disekolah. Pada akhirnya para siswa dapat menghasilkan karya seni yang cukup membanggakan dan memiliki daya  saing karena hasil produksinya dimanfaatkan untuk kepentingan pemerintah daerah setempat. Inilah  makna “empowerment”  peran guru dalam  membangkitkan daya kreatifitas .

Betapa dahsyatnya "empowerment" !

 Peran pendidik berikutnya adalah menjadi  "role model". Artinya, seorang guru harus  berani jadi contoh untuk peserta didik . Oleh karena itu pada bidang ilmu  keterampilan  seorang guru adalah pembimbing yang  terampil dalam  memberikan contoh ketika siswa menghadapi kesulitan sekaligus mengarahkan kreatifitas siswa dalam bentuk produk /karya seni .  Sedang seorang guru  sering kali cuma pintar memberikan ceramah, tapi bukan contoh yang baik. Siswa siswinya sulit menghargai dan mempercayai gurunya . Cuma takut karena ‘otoritas guru sebagai guru yang harus dipatuhi.

Seorang siswa pada dasarnya harus kreatif,itulah prinsip pembelajaran di SDN Pulorejo 1 Mojokerto.Pelajaran apa yang bisa kita dapat…?
Simak tayangan berikut ini..?



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT