Cara Membangkitkan Antusiasme Belajar Siswa ( Psikologi Pembelajaran K13)
Antusiame belajar siswa hanya akan tercipta jika para
pendidik memiliki strategi yang
tepat dalam melaksanakan kegiatan
pembelajarannya. Dan strategi pembelajaran itu
harus dimunculkan dalam bentuk situasi kenyamanan belajar, media dan sumber belajar yang menarik, serta suasana hati guru yang mendukung. Jika guru hanya sekedar mengajar pembelajaran menjadi
tidak efektif dan para siswa enggan mengikuti pembelajaran secara optimal .
Oleh karena itu setiap pembelajaran yag dilaksanakan pendidik harus dapat
membangkitkan antusiasme siswa dalam belajar.
Berikut Kiat praktis membangkitkan Antusiame siswa ;
1.
Usahakanlah untuk menganggap semua peserta didik
sama,jangan pilih kasih dan jangan
berpihak hanya kepada siswa yang “patuh” saja kepada anda. Karena jika siswa merasa
mendapatkan peralkuan pilih kasih dari gurunya akan kehilangan respek dan jika
kehilangan respek dapat dipastikan hanya akan membuat ricuh suasana
pembelajaran. Disamping siswa yang tidak patuh memiliki alasan serta latar
belakang yang membuat mengapa dirinya berbuat demikian .
2.
Pada kenyataannnya memang akan anak yang
memiliki kompetensi yang superior
dibanding yang lain oleh karena itu ‘membaurkan “ yang pintar dan belum
menguasai akan membantu siswa untuk bisa belajar dari temannya sendiri melalaui pembelajar sebaya.Membentuk kelompok
kelompok kecik dengan bauran yang heterogen
akan meningkatkan daya saing kelompok disamping daya saing individual.
3.
Usahakanlah untuk selalu mendengarkan kebutuhan
dan kecemasan yang dihadapi siswa baik secara individu maupun perkelompok,dengan
demikian anda bisa memberikan solusi atas persoalan atau kesulitan yang
dihadapinya.
4.
Komunikasikan terlebih dahulu manfaat dari
bersemangat dalam belajar ,prestasi serta relevansi nya terhadap masa depan
karir pendidikan berikutntya .
Dalam meningkatkan antusiasme belajar siswa,seorang guru perlu terus memotivasi siswa agar selalu bersemangat
yang tinggi dan menciptakan pembelajaran yang menarik sehingga siswa merasa
tertantang untuk belajar lebih dalam..
Contoh Model Pembelajaran Di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya
Komentar
Posting Komentar