Intisari Kurikulum 2013 : Kompetensi Kepribadian Kompetensi Sosial Dan Kompetensi TIK .
Sudah sekitar tujuh belas tahun lebih saya didaulat
sebagai public speaker untuk’ on air’
off Air , dibayar professional maupun gratisan ,untuk membangun spirit dalam
mengembangkan wawasan dan pemberdayaan masyarakat.Menikmati ,menyelami ,menghayati
peran.sebagai public speaker belakangan sejak terlibat dalam pengembangan SDM
tenaga pendidik saya menemukan ruh pengabdian saya sebagai the reason for being kenapa saya begitu meinkmati sebagai public
speker yang tidak lain adalah pendidik juga.
Sekaligus saya menemukan alasan
utama mengapa public spekar adalah dunia profesi yang saya sukai ,yaitu : memberikan yang terbaik dari yang saya bisa
untuk kepentingan terbaik peserta/audience.
Dikarenakan
hasrat yang besar untuk memberikan”
performance stage” yang sempurna,persiapan sudah saya lakukan sejak
pembuatan susunan materi slide show’s ,saya juga serius mencermati siapa yang menjadi target audience
saya ,saya juga serius mempelajari dan menekuni
materi apa yang pas untuk bisa diterapkan dan dimanfatkan sepulang
mengikuti kegiatan workshop /seminar/diklat. Saya bereksplorasi dan bereskperaimen terhadap materi yang saya buat sebagai materi siap pakai agar
bisa membantu para peserta mengimplementasikan materi yang didapatnya. Saya
juga menyediakan “space’ untuk peserta diklat /seminar dapat connected dengan saya melalui jejaring social FB atau email untuk membantu mereka dalam
memecahkan problem yang dihadapinya sebagai ajang curhat, sehingga mereka tidak
mendapat kesulitan dalam implementasi materi yang sudah saya jelaskan.
Mencermati
(point 1-4) Kurikulum 2013 dikembangkan dengan penyempurnaan pola pikir sebagai
berikut:
1) pola
pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran berpusat pada peserta
didik. Peserta didik harus memiliki pilihan-pilihan terhadap materi yang
dipelajari untuk memiliki kompetensi yang sama;
2) pola
pembelajaran satu arah (interaksi guru-peserta didik) menjadi pembelajaran
interaktif (interaktif guru-peserta didik-masyarakat-lingkungan alam, sumber/
media lainnya);
3) pola
pembelajaran terisolasi menjadi pembelajaran secara jejaring (peserta didik
dapat menimba ilmu dari siapa saja dan dari mana saja yang dapat dihubungi
serta diperoleh melalui internet);
4) pola
pembelajaran pasif menjadi pembelajaran aktif-mencari (pembelajaran siswa aktif
mencari semakin diperkuat dengan model pembelajaran pendekatan sains);
Maka Kurikulum 2013 menuntut seorang guru untuk mengembangkan
kompetensi kepribadian.kompetensi social dan kompetensi TIK .Bagaimana anda dapat memanfatakan TIK
sebagai media dan sumber belajar yang membuat siswa lebih berminat .dan
meningkatkan daya serapnya…?.Bagaimana anda bisa menjadikan sumber belajar
tidak hanya hanya buku paket sebagai search
analysis skill nya sehingga siswa
makin kaya wawasan pengetahuan dan relevansi dari ilmu yang
dipelajarinya..?Bagaimana kegiatan pembelajaran anda dapat menciptakan emotional bonding (bahkan spiritual ) dengan pribadi atau
kelompok siswa selama periode mengkuti proses pembelajaran bersama anda..? .Jawabannya hanya
ada satu yaitu miliki fundamental purpose hasrat besar untuk” memberikan yang terbaik
dari yang anda bisa untuk kepentingan terbaik siswa… “
Komentar
Posting Komentar