Intisari Kurikulum 2013 : Kompetensi Kepribadian Kompetensi Sosial Dan Kompetensi TIK .

Sudah sekitar tujuh belas tahun lebih saya didaulat sebagai public speaker  untuk’ on air’ off Air , dibayar professional maupun gratisan ,untuk membangun spirit dalam mengembangkan wawasan dan pemberdayaan  masyarakat.Menikmati ,menyelami ,menghayati peran.sebagai public speaker belakangan sejak terlibat dalam pengembangan SDM tenaga pendidik saya menemukan ruh pengabdian saya  sebagai the reason for being  kenapa saya begitu meinkmati sebagai public speker yang tidak lain adalah pendidik juga.


Sekaligus saya menemukan alasan utama mengapa public spekar adalah dunia profesi yang saya sukai ,yaitu  : memberikan yang terbaik dari yang saya bisa untuk kepentingan terbaik peserta/audience.
Dikarenakan hasrat yang besar untuk memberikan” performance stage” yang sempurna,persiapan sudah saya lakukan sejak pembuatan susunan materi slide show’s ,saya juga serius  mencermati siapa yang menjadi target audience saya ,saya juga serius mempelajari dan menekuni  materi apa yang pas untuk bisa diterapkan dan dimanfatkan sepulang mengikuti kegiatan workshop /seminar/diklat. Saya bereksplorasi  dan bereskperaimen terhadap materi  yang saya buat sebagai materi siap pakai agar bisa membantu para peserta mengimplementasikan materi yang didapatnya. Saya juga menyediakan “space’ untuk peserta diklat /seminar dapat connected dengan saya melalui  jejaring social  FB atau email untuk membantu mereka dalam memecahkan problem yang dihadapinya sebagai ajang curhat, sehingga mereka tidak mendapat kesulitan dalam implementasi materi yang sudah saya jelaskan.
Mencermati (point 1-4) Kurikulum 2013 dikembangkan dengan penyempurnaan pola pikir sebagai berikut:
1) pola pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran berpusat pada peserta didik. Peserta didik harus memiliki pilihan-pilihan terhadap materi yang dipelajari untuk memiliki kompetensi yang sama;
2) pola pembelajaran satu arah (interaksi guru-peserta didik) menjadi pembelajaran interaktif (interaktif guru-peserta didik-masyarakat-lingkungan alam, sumber/ media lainnya);
3) pola pembelajaran terisolasi menjadi pembelajaran secara jejaring (peserta didik dapat menimba ilmu dari siapa saja dan dari mana saja yang dapat dihubungi serta diperoleh melalui internet);
4) pola pembelajaran pasif menjadi pembelajaran aktif-mencari (pembelajaran siswa aktif mencari semakin diperkuat dengan model pembelajaran pendekatan sains);  


Maka  Kurikulum 2013  menuntut seorang guru untuk mengembangkan kompetensi kepribadian.kompetensi social dan kompetensi TIK  .Bagaimana anda dapat memanfatakan TIK sebagai media dan sumber belajar yang membuat siswa lebih berminat .dan meningkatkan daya serapnya…?.Bagaimana anda bisa menjadikan sumber belajar tidak hanya hanya buku paket sebagai search analysis skill  nya sehingga siswa makin kaya wawasan pengetahuan dan relevansi dari ilmu yang dipelajarinya..?Bagaimana kegiatan pembelajaran anda dapat menciptakan emotional bonding  (bahkan spiritual ) dengan pribadi atau kelompok siswa  selama  periode mengkuti proses   pembelajaran bersama anda..? .Jawabannya hanya ada satu yaitu miliki  fundamental purpose  hasrat besar untuk” memberikan yang terbaik dari yang anda bisa untuk kepentingan terbaik siswa… “  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT