Manfaat TIK Bagi Motivasi Belajar Siswa di Kelas


Strategi pembelajaran yang efektif memerlukan pemikiran dan keputusan proses penyelenggaraan yang berorientasi jangka panjang. Hal tersebut disebabkan respons siswa terhadap  aktivitas selama mengikuti pembelajaran  bergantung pada apa yang mereka alami dan rasakan selama mengikuti proses kegiatan pembelajaran,perilaku guru selama mengajar,cara penyampaian materi pelajaran dan pemanfaatan TIK sebagai media dan sumber belajar,Dimana semua ini mempengaruhi motivasi dan cara pandang siswa terhadap arti 
belajar dikelas.




Salah satu hambatan untuk melakukan pembelajaran efektif sekaligus disukai siswa  adalah kesulitan umtuk menciptkan sebuah efek yang  membuat siswa bangkit rasa ingin tahu dan eksplorasi terhadap pengetahuan yang diajarkan,serta membuat siswa  mencari tahu bagaimana menemukan solusi atas rasa ingin tahu dari ilmu yang telah dipelajarinya hal ini bisa mempengaruhi minat dan motivasi belajar siswa secara berkesinambungan.

Perubahan pola perilaku siswa dalam aktivitas belajar dikelas  saat ini semestinya dapat membuat guru memiliki strategi perencanaan yang matang sebelum mengadakan kegiatan pembelajaran.Lebih  jauh lagi  seorang guru harus dapat keluar dari “zona nyamanya’ dalam mengajar  dengan mendesain  strategi  pembelajaran  efektif  yang berorientasi pada kepentingan terbaik siswa seiring dengan perkembangan , perubahan teknologi dan komunikasi.

Memperkuat Minat Belajar

Pengelolaan kegiatan pembelajaran bertujuan untuk memperkuat minat siswa antusias dalam belajarnya, atau jika perlu revitalisasi kegiatan pembelajaran seperti tidak harus menggunakan metode ceramah ,menggunakan sosio drama ,theater science  ,pemanfaatan TIK pembelajaran dll menjadi pilihan guru dalam mengajar...Sehingga siswa  memiliki pengalaman belajar yang menyenangkan .

Pertimbangan terpenting guna  memperkuat minat dan motivasi belajar siswa adalah konsistensi dalam pemanfataan TIK sebagai media dan sumber pembelajaran dimana siswa membutuhkan contoh kongkrit dan relevan dari ilmu yang dipelajarinya.Memperkuat daya serap dan daya ingat siswa dengan visualisasi teori abstrak menjadi kongkrit melalui alat peraga,tayangan audio pembelajaran dsb akan lebih disukai daripada hanya  sekedar mendengarkan ceramah guru atau menghafalkan
..
Dalam membangun minat belajar siswa   diperlukan  upaya ;

Pertama ,Meningkatkan ingatan  siswa dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya,berpendapat ,melakukan uji coba terhadap materi yang diajarkan.

Kedua , meningkatkan keterampilan dan keunikan  mengajar serta personal approach  kepada siswa  sehingga dapat mendorong semangat belajar  siswa    .

Di masa depan minat dan motivasi belajar siswa mengalami perubahan,peran kreatif seorang  guru makin dibutuhkan.,Bagaimana dengan anda..?  


TiK Dapat menciptakan Suasana Kelas Lebih hidup










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT