Manfaat TIK Bagi Motivasi Belajar Siswa di Kelas
Strategi pembelajaran yang efektif memerlukan pemikiran dan keputusan
proses penyelenggaraan yang berorientasi jangka panjang. Hal tersebut
disebabkan respons siswa terhadap
aktivitas selama mengikuti pembelajaran bergantung pada apa yang mereka alami dan
rasakan selama mengikuti proses kegiatan pembelajaran,perilaku guru selama
mengajar,cara penyampaian materi pelajaran dan pemanfaatan TIK sebagai media
dan sumber belajar,Dimana semua ini mempengaruhi motivasi dan cara pandang
siswa terhadap arti
belajar dikelas.
Salah satu hambatan untuk melakukan pembelajaran efektif sekaligus
disukai siswa adalah kesulitan umtuk
menciptkan sebuah efek yang membuat siswa
bangkit rasa ingin tahu dan eksplorasi terhadap pengetahuan yang diajarkan,serta
membuat siswa mencari tahu bagaimana
menemukan solusi atas rasa ingin tahu dari ilmu yang telah dipelajarinya hal
ini bisa mempengaruhi minat dan motivasi belajar siswa secara berkesinambungan.
Perubahan pola perilaku siswa dalam aktivitas belajar dikelas saat ini semestinya dapat membuat guru memiliki
strategi perencanaan yang matang sebelum mengadakan kegiatan pembelajaran.Lebih
jauh lagi seorang guru harus dapat keluar dari “zona
nyamanya’ dalam mengajar dengan mendesain strategi
pembelajaran efektif yang berorientasi pada kepentingan terbaik
siswa seiring dengan perkembangan , perubahan teknologi dan komunikasi.
Memperkuat
Minat Belajar
Pengelolaan kegiatan pembelajaran bertujuan untuk memperkuat minat siswa
antusias dalam belajarnya, atau jika perlu revitalisasi kegiatan pembelajaran
seperti tidak harus menggunakan metode ceramah ,menggunakan sosio drama ,theater science ,pemanfaatan TIK pembelajaran dll menjadi
pilihan guru dalam mengajar...Sehingga siswa
memiliki pengalaman belajar yang menyenangkan .
Pertimbangan terpenting guna memperkuat minat dan motivasi belajar siswa adalah
konsistensi dalam pemanfataan TIK sebagai media dan sumber pembelajaran dimana
siswa membutuhkan contoh kongkrit dan relevan dari ilmu yang dipelajarinya.Memperkuat
daya serap dan daya ingat siswa dengan visualisasi teori abstrak menjadi
kongkrit melalui alat peraga,tayangan audio pembelajaran dsb akan lebih disukai
daripada hanya sekedar mendengarkan
ceramah guru atau menghafalkan
..
Dalam membangun minat belajar siswa
diperlukan upaya ;
Pertama ,Meningkatkan ingatan
siswa dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya,berpendapat ,melakukan uji coba terhadap materi yang diajarkan.
Kedua , meningkatkan keterampilan dan keunikan mengajar serta personal approach kepada
siswa sehingga dapat mendorong semangat
belajar siswa .
Di masa depan minat dan motivasi belajar siswa mengalami perubahan,peran
kreatif seorang guru makin
dibutuhkan.,Bagaimana dengan anda..?
TiK Dapat menciptakan Suasana Kelas Lebih hidup
Komentar
Posting Komentar