Contoh Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Bahasa (bervideo)



Keterampilan berkomunikasi verbal  memiliki peranan penting bagi siswa untuk kesuksesannya di masa depan,keterampilan komunikasi  verbal ini merupakan kombinasi dari operasionalisasi kognitif dan efektif di mana siswa dapat menggunakan imajinasinya (otak kanan) dan juga menalar secara objektif analisis terhadap keadaan sekelilingnya. 




Penampilan Siswa SMAN 1 Kediri 
dalam seminar Tekkomdik Jatim 2013
contoh praktik


Di masa depan  setelah siswa lulus diharapkan dapat memiliki keterampilan berbahasa yang memadai sekaligus memiliki kecakapan interpersonal  terutama dalam mengembangkan karir dan kepribadiannya. Kemampuan presentasi termasuk berpidato  adalah kemampuan untuk “empati ‘terhadap teman bicara ,melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain  dan menyesuaikan ucapan dengan target audience nya .


Guna melatih siswa berbicara dengan menggunakan tata bahasa yang sesuai dengan kaidah kaidah umum dan diselaraskan dengan situasi emosi  saat berada di podium .Maka inilah beberapa cara yang patut diketahui siswa:

·         Memperkuat rasa percaya diri . Berikan motivasi  kepada siswa agar siswa merasa biasa melakukannya ,latih siswa untuk membangun kepercayaan diri bahwa ia telah melakukannya dalam latihan sehingga siswa merasa mantap saat harus berpidato di depan ‘audience”.

·         Dorong supaya santai tapi jelas .Ketegangan saat berhadapan dengan “massa” sering membuat anak “nervous” dan bisa kehilangan konsentrasi. Dalam latihan ajarkan agar  anak dapat mengucapkan kalimat secara jelas artikulasinya. Dengarkan dengan sabar setiap kata  yang  diucapkan anak ,jangan dipotong atau dibentak karena ketegangan bisa membuat siswa makin gugup .

·         Berikan contoh .Siswa perlu mendapatkan contoh pengucapan atau pelafalan yang benar agar enak didengar dan dirasakan oleh audience .Kemampuan siswa dalam menggunakan diksi dalam berbicara akan menunjang tingkat minat dan perhatian audience pada materi yang dibacakan /disampaikan. 

·         Perhatikan kecepatan berbicara .  Tidak jarang lantaran gugup dan tidak dapat menahan gejolak emosi siswa menjadi makin cepat berbicara atau makin lambat .Tingginya kecepatan berbicara dapat membuat pendengar sulit mengikuti kalimat yang dimaksudkan sedangkan lambatnya berbicara membuat pendengar kehilangan konsentrasi . Durasi yang sesuai adalah 100-150 kata per menit.

·         Rekam berbasis video . Rekaman ini berguna untuk mengevaluasi penampilan siswa saat latihan dan dokumentasi setelah selesai tampil sekaligus sarana promosi global jika  diunggah ke youtube . Dengan demikian anak dan teman serta masyarakat dapat melihat penampilannya .
·         Selanjutnya   dikembangkan sendiri sesuai kebutuhan

Di era TIK siswa patut didampingi dalam berkreatifitas menggunakan  peralatan TIK guna mengakomodasi imajinasi dan pengalaman nyata terutama dalam kegiatan pembelajaran di sekolah ,bagaimana pendapat anda

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT