Contoh Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Bahasa (bervideo)
Keterampilan berkomunikasi verbal memiliki peranan penting bagi siswa untuk
kesuksesannya di masa depan,keterampilan komunikasi verbal ini merupakan kombinasi dari
operasionalisasi kognitif dan efektif di mana siswa dapat menggunakan
imajinasinya (otak kanan) dan juga menalar secara objektif analisis terhadap
keadaan sekelilingnya.
Penampilan Siswa SMAN 1 Kediri
dalam seminar Tekkomdik Jatim 2013
Di masa depan setelah
siswa lulus diharapkan dapat memiliki keterampilan berbahasa yang memadai
sekaligus memiliki kecakapan interpersonal terutama dalam mengembangkan karir dan
kepribadiannya. Kemampuan presentasi termasuk berpidato adalah kemampuan untuk “empati ‘terhadap teman
bicara ,melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain dan menyesuaikan ucapan dengan target
audience nya .
Guna melatih siswa berbicara dengan menggunakan tata bahasa
yang sesuai dengan kaidah kaidah umum dan diselaraskan dengan situasi emosi saat berada di podium .Maka inilah beberapa
cara yang patut diketahui siswa:
·
Memperkuat rasa percaya diri . Berikan motivasi kepada siswa agar siswa merasa biasa
melakukannya ,latih siswa untuk membangun kepercayaan diri bahwa ia telah melakukannya
dalam latihan sehingga siswa merasa mantap saat harus berpidato di depan ‘audience”.
·
Dorong supaya santai tapi jelas .Ketegangan saat
berhadapan dengan “massa” sering membuat anak “nervous” dan bisa kehilangan konsentrasi. Dalam latihan ajarkan
agar anak dapat mengucapkan kalimat
secara jelas artikulasinya. Dengarkan dengan sabar setiap kata yang diucapkan anak ,jangan dipotong atau dibentak
karena ketegangan bisa membuat siswa makin gugup .
·
Berikan contoh .Siswa perlu mendapatkan contoh
pengucapan atau pelafalan yang benar agar enak didengar dan dirasakan oleh audience .Kemampuan siswa dalam menggunakan
diksi dalam berbicara akan menunjang
tingkat minat dan perhatian audience pada
materi yang dibacakan /disampaikan.
·
Perhatikan kecepatan berbicara . Tidak jarang lantaran gugup dan tidak dapat
menahan gejolak emosi siswa menjadi makin cepat berbicara atau makin lambat
.Tingginya kecepatan berbicara dapat membuat pendengar sulit mengikuti kalimat
yang dimaksudkan sedangkan lambatnya berbicara membuat pendengar kehilangan konsentrasi
. Durasi yang sesuai adalah 100-150 kata per menit.
·
Rekam berbasis video . Rekaman ini berguna untuk
mengevaluasi penampilan siswa saat latihan dan dokumentasi setelah selesai
tampil sekaligus sarana promosi global jika
diunggah ke youtube . Dengan
demikian anak dan teman serta masyarakat dapat melihat penampilannya .
·
Selanjutnya dikembangkan
sendiri sesuai kebutuhan
Di era TIK siswa patut didampingi dalam
berkreatifitas menggunakan peralatan TIK
guna mengakomodasi imajinasi dan pengalaman nyata terutama dalam kegiatan
pembelajaran di sekolah ,bagaimana pendapat anda
Komentar
Posting Komentar