Kompetensi Kepribadian: Guru Empati Siswa Simpati
Salah satu elemen terpenting dari sebuah penemuan sebagai cikal bakal
terbentuknya ilmu pengetahuan jika seseorang memiliki keberanian untuk bertanya
,seperti apa ini,mengapa begitu ,bagaimana caranya dsb. Demikian juga
pembelajaran yang efektif jika dapat merangsang rasa ingin tahu sisa untuk
mengksplorasi,menggalai lebih dalam serta tercapainya tingkat ketahanan mlalui aktivitas
bertanya para peserta didik .namun tidak jarang sisa tidak memiliki kebaranian
bertanya...?
Ketidak beranian bertanya sisa bisa disebabkan macam macam diantaranya disebabkan dari dalam diri seperti tidak terbiasa bertanya,takut salah ,takut
ditertawakan,takut dianggap bodoh dsb .Sedangkan yang disebabkan oleh luar
dirinya adalah perilaku pendidik seperti
pernyataan berikut ini:
·
Bukankah pertanyaanmu
itu tadi sudah ditanyakan oleh temanmu..?
·
Pertanyaanmu tidak
bermutu..?
·
Pertanyaanmu sudah
terjawab melalui pertanyaan mu tadi..?
·
Sudah nggak
usah tanya macam macam ...?dsb .
Pernyataan seperti ini membuat siswa enggan untuk bertanya atau bahkan memilih
diam daripada kena damprat walaupun sebenarnya dirinya tidak mengerti sama
sekali dengan mata pelajaran yang sedang dan sudah dijelaskan.
“ if your student are afraid to
disgree with you ,you lose out on their
knowledge and creativity “.
Seorang pendidik harus berusaha agar sisa tetap memiliki rasa percaya diri saat mengikuti kegiatan pembelajaran ,bahkan
semestinya dapat menghargai setiap keunikan anak didik termasuk dalam hak untuk
bertanya dari seorang siswa,agar terjadi suasana bertanya dari peserta didik
,mulailah dengan sedikit menceritakan
atau memutarkan sebuah video pembelajaran yang relevan dengan materi yang akan
dibahas ( maksimal 7menit ) ,kemudian amati ketertarikan dan minat sisa
selanjutnya berikan pertanyaan kepada mereka
“Seperti apa pendapatmu tentang tayangan tadi...?”
Sebagai guru harus dapat menyesuaikan diri dengan perilaku belajar siswa
termasuk jangan memberondong siswa dengan aneka ceramah tentang pengetahuan sebagai guru atas materi yang anda anggap
sebagai satu satunya sumber belajar ,padahal saat ini sumber belajar sisa
sangat beragam dari berbagai media.
Jika mendaptkan perbedaan pendapat dengan sisa tetaplah hargai pribadi sisa
dengan mengucapkan “pendapat kamu baik ,saya sendiri baru tahu tentang pertanyatanmu
tadi ,terima kasih,kira kira bisakah kamu bantu dari mana sumber pengetahuan itu
kamu dapat...?
Pengalaman yang menyenangkan pada diri siswa itu cenderung mendorong siswa
untuk membantu anda dalam mendapatkan jawaban bagi peserta didik yang lain,sekaligus
sisa akan merasa percaya diri untuk mengajukan pernyataan maupun pertanyaan
sebagai bagian dari kegiatan belajarnya.Disamping bagi siswa lain setiap kata
dan tindakan anda akan mendtangkan rasa hormat dan minat yang tinggi
terhadapkegiatan pembalajaran yang anda selenggarakan.
Nabi SAW bersabda ; “ tiga perkara
yang dapat mensucikan kecintaan teman anda kepada anda yaitu; anda memberi
salam lebih dahulu jika bertemu
dengannya,anda lapangkan tempat duduknya dan anda panggil dengan nama kesukaannya”
Komentar
Posting Komentar