8 Perilaku Pendidik yang Menghambat Minat Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa (SMA/SMK)


Kank Hari Santoso , Motivator Parenting Pendidikan


1.     Terlalu bangga dan membanggakan  pengalaman mengajarnya sehingga sulit beradaptasi dengan perubahan perilaku peserta didik. Akibatnya siswa hanya mendapatkan cerita panjang pengalaman mengajarnya tanpa mendapatkan pembelajaran yang sesungguhnya.
2.    Enggan beradaptasi dengan teknologi komunikasi dan informasi pembelajaran (TIK)  sehingga tidak dapat membimbing siswa dlam pemanfaatan TIK sebagai media dan sumber belajar peserta didik.
3.    Terlalu banyak memberi tugas siswa tanpa memperhitungkan beban tugas yang diterima dari guru yang lain saat bersamaan, sehingga siswa justru main stress dalam menyelesaikan tugasnya karena kesulitan kelola waktunya sendiri. Apalagi jika hasil tugas tidak dinilai atau dievaluasi.

4.    Cepat puas saat target mengajar sesuai  deadline  kurikulum tercapai, lupa mengukur daya serap, kompetensi, prestasi dan daya saing siswa.
5.    Lebih banyak tidak menjalankan tugas mendidik dan bekerja tidak efesien lantaran banya tugas tugas lain selain mendidik siswa yang harus diselesaikan, sehingga sering jam kosong.
6.    Mengabaikan ukuran proses pembelajaran sesuai capaian harapan kurikulum .
7.    Memberikan penjelasan materi pelajaran menjadi lebih rumit, menakutkan dan tidak difahami siswa.
8.    Pasrah pada kondisi situasi “kelas” , input, sarana prasarana dan keterbatasan SDM. .

Ilustrasi Kank Hari  Video Ragam Pendidikan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT