8 Perilaku Pendidik yang Menghambat Minat Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa (SMA/SMK)
Kank Hari Santoso , Motivator Parenting Pendidikan |
1. Terlalu bangga dan
membanggakan pengalaman mengajarnya
sehingga sulit beradaptasi dengan perubahan perilaku peserta didik. Akibatnya
siswa hanya mendapatkan cerita panjang pengalaman mengajarnya tanpa mendapatkan
pembelajaran yang sesungguhnya.
2. Enggan beradaptasi
dengan teknologi komunikasi dan informasi pembelajaran (TIK) sehingga tidak dapat membimbing siswa dlam
pemanfaatan TIK sebagai media dan sumber belajar peserta didik.
3. Terlalu banyak
memberi tugas siswa tanpa memperhitungkan beban tugas yang diterima dari guru
yang lain saat bersamaan, sehingga siswa justru main stress dalam menyelesaikan
tugasnya karena kesulitan kelola waktunya sendiri. Apalagi jika hasil tugas
tidak dinilai atau dievaluasi.
4. Cepat puas saat
target mengajar sesuai deadline kurikulum tercapai, lupa mengukur daya serap,
kompetensi, prestasi dan daya saing siswa.
5. Lebih banyak tidak
menjalankan tugas mendidik dan bekerja tidak efesien lantaran banya tugas tugas
lain selain mendidik siswa yang harus diselesaikan, sehingga sering jam kosong.
6. Mengabaikan ukuran
proses pembelajaran sesuai capaian harapan kurikulum .
7. Memberikan penjelasan
materi pelajaran menjadi lebih rumit, menakutkan dan tidak difahami siswa.
8. Pasrah pada kondisi
situasi “kelas” , input, sarana prasarana dan keterbatasan SDM. .
Ilustrasi Kank Hari Video Ragam Pendidikan
Komentar
Posting Komentar