4 Faktor Penting Pembelajaran Meningkatkan Daya Serap dan Kompetensi Siswa





Kank Hari , Workshop Competitive Strategic Planning
Tak dapat dipungkiri bahwa proses “membelajarkan” siswa adalah proses yang harus dilalui guru dalam menjalankan tugasnya, apapun metodenya apapun medianya.

Mengapa..?,  jika siswa merasa justru pembelajaran gurunya tidak membelajarkannya maka yang muncul adalah rasa tidak suka, terbebani dan tidak mendapatkan kompetensi apa apa kecuali sibuk menyelesaikan tugas yang berjibun dari para gurunya.

Ujung ujungnya jangankan prestasi dan kompetensi , ngerti saja tidak atas materi yang diajarkan.  Sebagai contoh siswa akan bertanya “kita bisa apa kalau cuma disuruh ngumpulin tugas terus , sementara gurunya nggak pernah ngajari …?”


Oleh karena itu apapun metode, media dan kurikulum nya seorang guru pada hakekatnya harus membelajarkan siswanya. Berikut 4 faktor penting agar siswa benar benar belajar:

1.     Siswa menyukai guru yang membuat materi pembelajaran lebih mudah dicerna sehingga sesulit apapun materi yang diajarkan mudah dikuasai. Seorang  guru harus mengenali tingkat pemahaman siswa atas materi dan menyusun komunikasi pembelajarannya agar lebih mudah difahami siswa. Ukuran keberhasilannya jika 80% -90 % faham dan suka atas materi yang diajarkan. 
 Ilustrasi Kank Hari Ragam Pendidikan TVRI,  SD  Widya Wiyata Sidoarjo

2.    Siswa menyukai tugas tugas yang menantang dan bisa dilaksanakan dengan gembira sesuai dengan kapasitas kompetensi siswa. Oleh karena itu  guru harus harus dapat meyakinkan relevansi materi dengan kompetensi yang didapat.  Ukuran keberhasilan adalah 80-90% siswa dapat menyelesaikan tugas sesuai standar kompetensi yang diharapkan.

3.    Siswa menyukai guru yang memiliki kesan yang baik dimata siswa, citra positif guru menjadi daya tarik bagi siswa. Oleh karena itu guru harus menjadi sosok yang dapat membangun keterikatan emosi dengan siswanya , sehingga kehadiran guru bersangkutan amat dirindukan.

4.    Siswa amat menyukai pembelajaran unik dan menarik  sehingga dapat merangsang minat belajar siswa. Seorang guru harus mengembangkan model pembelajaran yang menjadi keunikan dirinya sehingga mempunyai  ciri khas  menjadi pembelajaran yang dirindukan.

Keunggulan dan kehebatan seorang guru yang mendidik adalah membantu dalam meningkatkan minat, daya serap , kompetensi dan prestasi peserta didik. Kank Hari Santoso  Ustad Motivator MSDM Indonesia  #Papa Momo Indi Model Berbakat  Surabaya Indonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT