Teaching apporach for student’s behaviour ,dalam teknologi pendidikan.



Siswa saat ini  tidak bisa belajar hanya dengan mendengarkan ceramah dari gurunya saja,pendekatan yang bagaimana kah yang semestinya saya lakukan  agar mereka betah belajar mengikuti  mata pelajaran saya...?

أَمَّنۡ هُوَ قَـٰنِتٌ ءَانَآءَ ٱلَّيۡلِ سَاجِدً۬ا وَقَآٮِٕمً۬ا يَحۡذَرُ ٱلۡأَخِرَةَ وَيَرۡجُواْ رَحۡمَةَ رَبِّهِۦ‌ۗ قُلۡ هَلۡ يَسۡتَوِى ٱلَّذِينَ يَعۡلَمُونَ وَٱلَّذِينَ لَا يَعۡلَمُونَ‌ۗ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُوْلُواْ ٱلۡأَلۡبَـٰبِ (٩) 

 
(apakah kamu Hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadat di waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya? Katakanlah: "Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?" Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran. Qs Az Zumar (39):9



Metode ceramah hanya salah satu metode pembelajaran karena itu harus  menggunakan berbagai metode yang tepat  guna membangkitkan kreatifitas dan imajinasi siswa.Walaupun mungkin saja belum tersedianya lat peraga atau media belajar yang memadai terutama daerah terpencil,namun setidak nya guru tidak boleh berhenti berinovasi dalam kegiatan mengajar.Inilah beberapa cara dalam memahami perilaku belajar siswa:

1.       Identify student’s needs ;Guna menghasilkan pembelajaran yang efektif seorang guru patut mengidentifikasi kebutuhan belajar siswanya.Pada siswa SD misalnya mereka masuk dalam tahap competences  vs inferiority masuk tahapan psikososial antara merasa memiliki kemampuan bisa melakukannya disisi lain memiliki rasa kurang percaya diri. Maka  tugas guru adalah membangkitkan rasa percaya diri siswa tanpa membuat siswa memiliki rasa takut salah ,  jauh lebih penting dari pada sekedar hanya menyelesaikan tugas mengajar nya saja.

2.       Provide demonstration on your teaching metodh uniqueness;Setiap guru semestinya memiliki gaya dan cara penyampaian yang unik saat mengajar. Keunikan itu termasuk metode pembelajaran yang disukai dan dirindukan siswa lantaran menarik menantang dan mudah diserap.Buatlah siswa ingat dan bergairah dengan mendemontrasikan nya   agar mereka  terus mengikuti kegiatan pembelajaran yang lebih dalam dan berkesinambungan.

3.        Help your student  resolve anxiety .bebarapa siswa yang tidak memiliki kepercayaan diri  karena beberapa mata pelajaran yang dianggapnya sulit atau  tidak dikuasainya seringkali minder sehingga cenderung menghindari atau tidak tertarik untuk belajar lebih dalam.Oleh karena itu patut bagi guru untuk melakukan personal approach guna memberikan penguatan dan keyakinan kepada siswa untuk tidak takut mencoba dan memberinya kesempatan mempelajari materi pelajaran dengan kasih sayang.


4.       Give your student  time to trial and learn ; Pada dasarnya setiap anak memiliki kemampuan untuk mengembangkan  imajinasinya secara optimal  untuk itu guru patut memberikan kesempatan yang sama kepada siswa untuk terlibat dalam kegiatan pembelajarannya ( learning involved ) dengan memberi peluang waktu ,kuantititas dan kualitas  mencoba ,mengamati, mempraktikan sekaliguis berpendapat atas  materi yang sedang dipelajarinya.

5.       Provide happines and future result . Pembelajaran yang bermakna adalah bisa membuat siswa merasa berbahagia dan memiliki harapan akan masa depan terhadap ilmu yang dipelajarinya . Karena   itu guru perlu mengamati dan mendekati  serta mengamati perilaku  siswa mulai dari yang dominan ,pasif ,takut  selanjutnya menentukan langkah kongkrit untuk memotivasi siswa   menjadi siswa yang percaya diri ,bersemangat dan prestasi.Selanjtnya guru harus dapat menciptakan suasana kegembiraan dalam kelas agar siswa mampau mengeksplorasi  dan imajiniasi kemampuan belajar siswa.
 

Kemampuan seorang guru untuk mengembangkan metode mengajarnya akan membuat siswa akan merasa bermakna ,gembira dan memiliki rasa percaya diri dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.Selamat mencoba...!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT