Teaching apporach for student’s behaviour ,dalam teknologi pendidikan.
Siswa saat ini tidak
bisa belajar hanya dengan mendengarkan ceramah dari gurunya saja,pendekatan
yang bagaimana kah yang semestinya saya lakukan
agar mereka betah belajar mengikuti
mata pelajaran saya...?
أَمَّنۡ
هُوَ قَـٰنِتٌ ءَانَآءَ ٱلَّيۡلِ سَاجِدً۬ا وَقَآٮِٕمً۬ا يَحۡذَرُ
ٱلۡأَخِرَةَ وَيَرۡجُواْ رَحۡمَةَ رَبِّهِۦۗ قُلۡ هَلۡ يَسۡتَوِى
ٱلَّذِينَ يَعۡلَمُونَ وَٱلَّذِينَ لَا يَعۡلَمُونَۗ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ
أُوْلُواْ ٱلۡأَلۡبَـٰبِ (٩)
(apakah kamu Hai orang musyrik yang lebih beruntung)
ataukah orang yang beribadat di waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri,
sedang ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya?
Katakanlah: "Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang
yang tidak mengetahui?" Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat
menerima pelajaran. Qs Az Zumar (39):9
Metode ceramah hanya salah satu metode pembelajaran karena
itu harus menggunakan berbagai metode
yang tepat guna membangkitkan
kreatifitas dan imajinasi siswa.Walaupun mungkin saja belum tersedianya lat
peraga atau media belajar yang memadai terutama daerah terpencil,namun setidak
nya guru tidak boleh berhenti berinovasi dalam kegiatan mengajar.Inilah beberapa
cara dalam memahami perilaku belajar siswa:
1.
Identify student’s needs ;Guna
menghasilkan pembelajaran yang efektif seorang guru patut mengidentifikasi
kebutuhan belajar siswanya.Pada siswa SD misalnya mereka masuk dalam tahap
competences vs inferiority masuk tahapan
psikososial antara merasa memiliki kemampuan bisa melakukannya disisi lain
memiliki rasa kurang percaya diri. Maka
tugas guru adalah membangkitkan rasa percaya diri siswa tanpa membuat
siswa memiliki rasa takut salah , jauh
lebih penting dari pada sekedar hanya menyelesaikan tugas mengajar nya saja.
2.
Provide demonstration on your teaching metodh
uniqueness;Setiap guru semestinya memiliki gaya dan cara penyampaian
yang unik saat mengajar. Keunikan itu termasuk metode pembelajaran yang disukai
dan dirindukan siswa lantaran menarik menantang dan mudah diserap.Buatlah siswa
ingat dan bergairah dengan mendemontrasikan nya agar mereka
terus mengikuti kegiatan pembelajaran yang lebih dalam dan
berkesinambungan.
3.
Help
your student resolve anxiety .bebarapa
siswa yang tidak memiliki kepercayaan diri karena beberapa mata pelajaran yang
dianggapnya sulit atau tidak dikuasainya
seringkali minder sehingga cenderung menghindari atau tidak tertarik untuk
belajar lebih dalam.Oleh karena itu patut bagi guru untuk melakukan personal
approach guna memberikan penguatan dan keyakinan kepada siswa untuk tidak takut
mencoba dan memberinya kesempatan mempelajari materi pelajaran dengan kasih
sayang.
4.
Give your student time to trial and learn ; Pada
dasarnya setiap anak memiliki kemampuan untuk mengembangkan imajinasinya secara optimal untuk itu guru patut memberikan kesempatan
yang sama kepada siswa untuk terlibat dalam kegiatan pembelajarannya ( learning involved ) dengan memberi
peluang waktu ,kuantititas dan kualitas
mencoba ,mengamati, mempraktikan sekaliguis berpendapat atas materi yang sedang dipelajarinya.
5.
Provide happines and future result .
Pembelajaran yang bermakna adalah bisa membuat siswa merasa berbahagia dan
memiliki harapan akan masa depan terhadap ilmu yang dipelajarinya . Karena itu guru perlu mengamati dan mendekati serta mengamati perilaku siswa mulai dari yang dominan ,pasif
,takut selanjutnya menentukan langkah
kongkrit untuk memotivasi siswa menjadi siswa yang percaya diri ,bersemangat
dan prestasi.Selanjtnya guru harus dapat menciptakan suasana kegembiraan dalam
kelas agar siswa mampau mengeksplorasi
dan imajiniasi kemampuan belajar siswa.
Kemampuan seorang guru untuk mengembangkan metode
mengajarnya akan membuat siswa akan merasa bermakna ,gembira dan memiliki rasa
percaya diri dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.Selamat mencoba...!
Komentar
Posting Komentar