Kompetensi Profesional Guru Manfaatnya Bagi Siswa
“Setiap guru dituntut untuk memiliki kompetensi
profesional,lantas apa manfaat kompetensi itu
bagi siswa...Kank ..?”
أَلَّا تَزِرُ وَازِرَةٌ۬ وِزۡرَ أُخۡرَىٰ (٣٨) وَأَن لَّيۡسَ لِلۡإِنسَـٰنِ إِلَّا مَا سَعَىٰ (٣٩)
(yaitu)
bahwasanya seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain,
. dan bahwasanya
seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya, QS Al
–Najm (53) : 38-39
Kompetensi
profesional seorang guru merupakan kemampuan nyata /kompetensi
atas penguasaan materi
pembelajaran bidang studi secara luas
dan mendalam yang mencakup penguasaan substansi isi materi kurikulum
mata pembelajaran di sekolah dan
substansi keilmuan serta kemampuan guru
dalam mengembangan wawasannya guna kepentingan memperluas keilmuan
.Sedangkan manfaatnya bagi siswa ;
Pertama :Siswa dapat
mengaplikasikan teori dan mevisuaisasikan konsep yang
dipelajarinya.dikarenakan guru menguasai
bidang studi secara luas dilengkapi
kemampuan memperagakan dengan media alat peraga atau ICT ,sehingga siswa dapat
praktek secara langsung. Guru dapat merancang strategi pembelajarannya bersama
keterlibatan siswa mulai berdiskusi tentang topik yang dibicarakan ,menentukan
konsep yang pas pada kasus yang dibicarakan
dan memberi contoh implementasi teori dalam kehidupan nyata.
Kedua : siswa dapat
memahami hakikat ,mengidentifikasi ,ruang lingkup suatu ilmu pengetahuan
sekaligus dapat membedakan pendekatan pendekatan dalam struktur keilmuan.Di
karenakan guru dapat mengajak siswa untuk tidak hanya menghafal konsep yang
diajarkan namun mampu mengaitkan dengan relevansi kehidupan.Sekaligus memberi
kesempatan kepada siswa untuk ,berlatih memecahkan masalah mencari tahu apa
yang ingin diketahuinya melalui media
belajar yang lainnya.Siswa dirangsang untuk membangun pengertiannya sendiri
melalui program pembelajaran sesaui tingkat
pengembangan pemikiran dan kepribadian
anak
Ketiga :Siswa dapat
memahami keterkaitan ilmu yang
dipelajarinya dengan ilmu serumpun atau
ilmu lainnya.Serta mampu menganalisa fenomena
fakta ,kejadian nyata
dari berbagai interdisipliner keilmuan.Seorang guru diharapkan dapat
memiliki keterbukaan pengetahuan
pengalaman ,kebesaran hati dalam
menggunakan kelmuanya dengan ilmu
lainya.Serta dapat memotivasi dan
merangsang siswa untuk berkeplorasi ,bereksperimen serta menyampaikan gagasan
nya secara linear atu non linear.
Keempat : Siswa dapat
mempraktekan konsep /teori
,menganalisa pemasalahan,mempersiapkan perencanaan urutan tindakan ,menggunakan pedoman
keilmuan dalam mengatasi permasalahan
keseharian . Guru dapat memberikan
contoh real dan relevan dari ilmu yang diajarkan sehingga siswa dapat
lebih mudah memahami pelajaran.Mendorong siswa untuk bersikap aktif ,inovatif
,produktif dan elaboratif. Konsep coba –gagal dan coba lagi akan membuat anak
memiliki minat dalam mempraktekan konsep yang telah diberikan sehingga siswa
dapat menemukan upaya perbaikan untuk kemajuan,guru memberikan bimbingan dan arahan
agar siswa dapat mencapai ketuntasan dari percobaan itu.
Pada akhirnya guru dapat menguasai langkah –langkah
penelitian dan berpikir kritis guna memperdalam dan memperkaya keilmuan inti
yang dimilikinya.
Komentar
Posting Komentar