Kompetensi Profesional Guru Manfaatnya Bagi Siswa


Setiap guru  dituntut untuk memiliki kompetensi profesional,lantas apa manfaat kompetensi itu  bagi siswa...Kank ..?”


 أَلَّا تَزِرُ وَازِرَةٌ۬ وِزۡرَ أُخۡرَىٰ (٣٨) وَأَن لَّيۡسَ لِلۡإِنسَـٰنِ إِلَّا مَا سَعَىٰ (٣٩) 

 
(yaitu) bahwasanya seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain,
. dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya, QS Al –Najm (53) : 38-39



Kompetensi profesional  seorang guru  merupakan kemampuan nyata /kompetensi  atas penguasaan  materi pembelajaran bidang studi secara luas  dan mendalam yang mencakup penguasaan substansi isi materi kurikulum mata pembelajaran di sekolah  dan substansi keilmuan  serta kemampuan guru dalam mengembangan wawasannya guna kepentingan memperluas keilmuan .Sedangkan  manfaatnya bagi siswa ;

Pertama :Siswa dapat mengaplikasikan teori dan mevisuaisasikan konsep yang dipelajarinya.dikarenakan guru  menguasai bidang studi secara luas  dilengkapi kemampuan memperagakan dengan media alat peraga atau ICT ,sehingga siswa dapat praktek secara langsung. Guru dapat merancang strategi pembelajarannya bersama keterlibatan siswa mulai berdiskusi tentang topik yang dibicarakan ,menentukan konsep yang pas pada kasus yang dibicarakan  dan memberi contoh implementasi teori dalam kehidupan nyata.

Kedua : siswa dapat memahami hakikat ,mengidentifikasi ,ruang lingkup suatu ilmu pengetahuan sekaligus dapat membedakan pendekatan pendekatan dalam struktur keilmuan.Di karenakan guru dapat mengajak siswa untuk tidak hanya menghafal konsep yang diajarkan namun mampu mengaitkan dengan relevansi kehidupan.Sekaligus memberi kesempatan kepada siswa untuk ,berlatih memecahkan masalah mencari tahu apa yang ingin diketahuinya  melalui media belajar yang lainnya.Siswa dirangsang untuk membangun pengertiannya sendiri melalui program pembelajaran sesaui tingkat  pengembangan pemikiran dan kepribadian  anak

Ketiga :Siswa dapat memahami keterkaitan  ilmu yang dipelajarinya  dengan ilmu serumpun atau ilmu lainnya.Serta mampu menganalisa fenomena  fakta  ,kejadian  nyata   dari berbagai interdisipliner keilmuan.Seorang guru diharapkan dapat memiliki keterbukaan  pengetahuan pengalaman  ,kebesaran hati dalam menggunakan kelmuanya  dengan ilmu lainya.Serta dapat memotivasi  dan merangsang siswa untuk berkeplorasi ,bereksperimen serta menyampaikan gagasan nya secara linear atu non linear.

Keempat : Siswa dapat mempraktekan konsep /teori  ,menganalisa pemasalahan,mempersiapkan perencanaan  urutan tindakan ,menggunakan pedoman keilmuan  dalam mengatasi permasalahan keseharian . Guru dapat  memberikan contoh real   dan relevan  dari ilmu yang diajarkan sehingga siswa dapat lebih mudah memahami pelajaran.Mendorong siswa untuk bersikap aktif ,inovatif ,produktif dan elaboratif. Konsep coba –gagal dan coba lagi akan membuat anak memiliki minat dalam mempraktekan konsep yang telah diberikan sehingga siswa dapat menemukan upaya perbaikan untuk kemajuan,guru memberikan bimbingan dan arahan agar siswa dapat mencapai ketuntasan dari percobaan itu.

Pada akhirnya guru dapat menguasai langkah –langkah penelitian dan berpikir kritis guna memperdalam dan memperkaya keilmuan inti yang dimilikinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT