Memadukan Teknik Pengajaran dan Kebutuhan Siswa SMP-SMA Belajar


Saya sering merasakan ,kadang teknik mengajar terlalu tradisional untuk difahami siswa. Beberapa cara sudah saya lakukan tapi saya merasa belum membawa kemajuan. Sebenarnya perubahan apa yang terjadi pada kebutuhan belajar siswa...?


 
 dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam Keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur. An Nahl :78




 Teknik pengajaran terhadap  siswa remaja SMP-SMA bukan soal metode atau teknologinya melainkan membutuhkan pendekatan dan komunikasi  yang sesuai karakter mereka.Saat ini mereka adalah remaja yang lebih suka entertinment,gaya hidup ,interaktif dan kreatif.Karena itu menerapkan  teknik pengajaran berbasis karakter siswa  akan mudah diterima oleh mereka.Inilah beberapa  cara yang bisa digunakan.

1.       Remaja saat ini lebih memiliki kemampuan untuk menuntut agar pelajaran lebih bisa disederhanakan dan tidak njelimet . Maka pergunakan teknik menyerdehanakan yang rumit baik dalam pemahaman materi,rumus sampai penyelesaian masalah sesuai dengan logika perkembangan berpikir siswa. Contoh ketika siswa belajar tentang kecepatan : ,seorang guru dapat memberi contoh  membandingkan  kecepatan jarak tempuh siswa kesekolah  menggunakan   sepada dengan motor.

2.       Siswa memiliki cara lebih cepat dalam memperoleh pengetahuan menggunakan search engine.Menjejali siswa dengan definisi atau hapalan teori akan membosankan  nya karena mereka bisa mencarinya sendiri melalui alat pencarian di internet.Maka tugas pembelajaran yang menggunakan internet akan disukai siswa jika dikaitkan dengan landasan teori contoh gambar sampai kelengkapan video tentang materi yang sedang dipelajari .Dalam hal ini guru dapat memberikan arahan dan kejelasan alamat situs  web –blog yang semestinya didown load siswa.

3.        Siswa bisa tahu bahwa guru bersangkutan tidak menguasai materi pelajaran ,jika guru sulit dalam menerangkan dalam mata pelajaran dan hanya bisa memberi tugas serta mudah emosi. Karena itu bekal mendasar dari teknik mengajar adalah kompetensi profesional  yang merupakan kemampuan nyata /kompetensi  atas penguasaan  materi pembelajaran bidang studi secara luas  dan mendalam yang mencakup penguasaan substansi isi materi kurikulum mata pembelajaran di sekolah  dan substansi keilmuan  serta kemampuan guru dalam mengembangan wawasannya guna kepentingan memperluas keilmuan.

4.       Siswa mudah bosan jika pembelajaran nya monoton . Karena itu guru harus dapat merancang kegiatan pembelajaran yang tidak membosankan siswa dengan melibatkan siswa aktif dalam pertemuan kelas ,baik praktikum,bermain game,tanya jawab diskusi atau permainan pembelajaran yang lainnya . Dengan menggunakan alat peraga maupun media ICT.

5.       SIswa tidak ingin dicela saat melakukan kesalahan atau menunjukkan ketidak fahaman terhadap materi yang dipelajarinya.karena itu guru harus dapat meningkatkan harga diri siswa walaupun siswa melakukan kesalahan atau belum faham atas materi yang diepelajarinya dengan tidak mencela atau melecehkannya ,termasuk memberi kesempatan siswa untuk melakukan percobaan kembali tanpa perasaan takut gagal dan disalahkan.

6.       Siswa memiliki ragam kegiatan yang menunjang prestasi akademik/non akademiknya.Sehingga guru perlu fleksible dalam memberikan kesempatan siswa dalam mengembangkan potensi yang dimiliki tanpa harus  dengan aturan baku dan kaku siswa harus selalu berada dalam kelas saat pembelajaran berlangsung.

7.       Siswa berharap ada relevansi antara materi yang dipelajarinya dengan masa depannya. Pengetahuan  dan wawasan guru terhadap materi yang diajarkan nya harus dapat dijelaskan dengan relevansi dan tantangan masa depan kehidupan siswa saat ini dan masa depannya.Karena itu guru harus senantiasa meng up -grade pengetahuan nya dari berbagai sumber informasi .


Perlu disadari setiap guru bahwa siswa saat ini dimana berada selalu tidak sama dalam kebutuhan ,motivasi ,gaya hidup dan aktulaisasi secara individual.Sehingga guru yang dapat menciptakan pembelajaran efektif  harus betul betul memperhatikan kebutuhan setiap siswa nya yang terus mengalami perubahan.

Komentar

  1. bagus sekali artikel anda, kunjungi jg site saya di http://fahrub.blogspot.com/2013/02/efek-samping-obat-kimia_17.html

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT