Kiat Membaca Peluang Karir Siswa SMA & SMK Melalui Gaya Hidup GEN Z




Jika seorang guru sedikit jeli didalam kelas dengan jumlah siswa antara 30-38 anak  mereka dapat dibedakan menjadi empat kelompok besar life style  saat ini. Perilaku yang merupakan cerminan gaya hidup itu bisa di kenali melalui, gaya bicara, pandangan hidup, tindak tanduk dan cara merespon ,ambil contoh dalam pandangan hidup:

1.     “Pokoknya aku nggak mau neko neko, pulang sekolah , belajar dirumah nonton TV bantuin mama dirumah, yang penting raportku bagus”. Dunia mahasiswa mengenalnya dengan mahasiswa “kupu -kupu” , kuliah pulang kuliah pulang.  Perilaku ini supaya mudah sebut dengan  “lugu-kuno”. Jumlahnya tidak terlalu banyak didalam kelas bisa jadi hanya beberapa anak dan mudah dikenali guru tidak jarang favorit guru. Siswa ini jarang sekali “memberontak “kepada gurunya kompetensinya diatas rata rata KKM .
Peluang Karir :  jika kelak berkarir paling cocok jika bekerja di bagian operasional atau administrasi back office mengingat kecenderungan betah didalam ruang berlama lama dan pasrah dalam menjalankan perintah 
2.    “Guru seperti itu nggak boleh dibiarkan,  masak HP an dalam kelas untuk kepentingan bisnis pribadi”. Dunia mahasiswa mengenalnya sebagai Pemberontak  alias anti kemapanan . Jumlahnya tidak terlalu banyak didalam kelas dikarenakan siswa yang terlalu berani biasanya masuk dalam buku “inting-inting” dan dianggap anak yang bermasalah bahkan ancaman tidak naik kelas atau dikeluarkan dari sekolah karena  perilakunya itu,  jumlahnya tidak banyak 2 sampai 4 anak dalam kelas. Namun sesungguhnya anak ini memiliki keberanian dan prinsip hidup  yang kuat jika dapat  “dirangkul” oleh pendidik. 
Peluang karir: hakim,polisi , konseptor  dsb 
3.    “Ayo kita cari dari referensi lain , sepertinya,apa yang disampaikan itu tidak   berdasar “. Supaya mudah kita sebut saja siswa selalu banyak ingin tahu, biasanya lebih mendominasi dalam satu kelas dikarenakan rasa ingin tahu merupakan sifat dasar manusia apalagi siswa yang notabene adalah makluk pembelajar. Menariknya mereka mudah bosan dan tidak menyukai rutinitas. 
Peluang Karir : Ilmuwan, marketing , analis , dokter , advocate dsb .
4.    “Daripada menunggu persetujuan guru lebih baik aku kerjakan sendiri saja , nanti baru aku laporkan”  . Siswa ini biasanya merupakan pelopor dikalangan teman teman sebayanya dalam kelas, tanggung jawab pribadinya tinggi dan tidak suka menunda.

Peluang Karir : Artis, pengusaha, desainer, penemu dsb.
Mungkin 4 kecenderungan gaya hidup remaja tersebut tidak terlau cocok dan valid sebagai pegangan atau referensi bagi siswa, namun jika para guru sedikit ber kilas balik melihat alumni yang sukses  dengan berbagai profesi ,setidaknya empat kecenderungan itu mendekati kebenarannya. Bagaimana pendapat anda..?  


                               Kank Hari Santoso , Ragam Pendidikan TVRI


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT