Strategi Meningkatkan Daya Konsentrasi Belajar Siswa, How to Develop Learning Concentration .
Kank
,metode apakah yang tepat agar pembelajaran dikelas dapat meningkatkan daya
serap alias daya konsentrasi siswa mengikuti pelajaran….?
Sebenarnya
cukup banyak metode yang sudah dikembangkan dalam dunia pendidikan agar siswa
memiliki daya serap atu meningkat konsentrasi belajarnya .Inti sari dari sebuah
metode pada prinsipnya adalah :
1. Pembelajaran
harus dapat menarik perhatian siswa,
dalam artian tidak hanya siswa tertarik mengikuti pembukaan dimulai nya kegiatan pembelajaran dimenit
menit awal melainkan benar benar membuat siswa dapat menikmati kegiatan
pembelajaran dari sampai akhir.kemampuan
menarik perhatian siswa mengikuti pelajaran ini mnuntut seorang guru tidak
hanya cakap berceramah ,melainkan mampu menggunakan media belajar yang ada
sehingga siswa antusias mengikuti pelajaran yang sedang berlangsung.Beberapa
strategi komunikasi yang bisa digunakan ,bisa berupa lontaran pertanyaan ,game
pembelajaran ,mengomentari hal hal yang lucu atau mengajak siswa melihat
manfaat dari ilmu yang dipelajarinya relevan dengan kegiatan sehari hari nya.
2. Keunikan
kegiatan pembelajaran,penekanan
nya seorang guru harus mampu menampilkan karakter unik yang dimilikinya saat
berhadapan dengan siswa.Bukan saja pada penampilan fisik melainkan juga
keunikan dalam kepribadian,metode penyampaian
sampai membuat siswa terpesona dengan pengalaman belajar unik yang dikenalkan
guru bersangkutan. Sehingga siswa dapat
mengenang dan membedakan antara satu guru dengan guru yang lain dalam kegiatan
belajar mengajar. Jika guru hanya melakukan tugas mengajar sekedar menggugurkan
kewajibannya saja sulit menciptakan pengalaman berkesan bagi siswa dalam
belajarnya.
3.
Menempatkan
diri di hati siswa,bagaimanapun juga seorang guru yang kehadiran nya
diterima dan ditunggu tunggu siswa dapat membuat siswa merasa nyaman saat
kegiatan belajar berlangsung ,disampin siswa sangat respect terhadap guru dan
materi yang diajarkannya.Memposisikan diri dihati siswa ini aharus dimulai dari
motivasi guru dalam menjalankan profesinya ,yang tercermin dalam perilaku mengajarnya.Selajutnya
perilaku tulus dan iklash serta memikirkan kepentingan terbaik siswa ini akan
dirasakan oleh sebagai pembelajaran ,yang menyenangkan ,berkesan dan bermakna
bagi siswa termasuk guru yang bersamgkutan.
4.
Membuat siswa sadar pentingnya arti
belajar ,
profesionalitas seorang pendidik
terletak pada sejauh mana pesan atau ilmu yang disampaikan dalam kegiatan
pembalajaran mampu membuat siswa pentingya arti belajar. Diwujudkan dalam upaya
aktif meningkatkan kualitas diri melalui belajar bersungguh sungguh guna
mencapai prestasi sehingga siswa optimis dan
bersemangat dalam meraih cita citanya.
5. Membangun
“-Persepsi’ -siswa ,Pendidikan adalah
Investasi Masa Depan.Seorang
guru yang berdedikasi dan memiliki wawasan kebangsaan akan pentingnya membangun
gairah siswa meningkatkan kualitas kehidupan siswa melalui pendidikan.Karena
itu seorang guru dalam setiap kegiatan belajarnya harus mempu menyelipkan
kalimat bermakna (word affirmation ) sehingga siswa memiliki motivasi belajar
yang tinggi serta dappat terbangun assoisiasi meraih keberhasilan masa depan
itu adalah dengan pendidikan ,Tanpa penguatan dari pihak pendidik bisa saja
siswa mengalami demotivasi lantaran pemberitaan negative tentang kegagalan
dunia pendidikan dalam dunia kerja dan persaingan makin transparan.
Metode
pembelajaran yang efektif adalah siswa dapat terbangun kesadaran belajarnya
karena guru bersangkutan dapat menunjukan secara jelas manfaat ilmu yang
dipelajarinya,upaya belajar dan prestasinya
sekaligus memberikan pengalaman belajar yang ,menyenangkan,berkesan dan
bermakna.
Komentar
Posting Komentar