Strategi Meningkatkan Daya Konsentrasi Belajar Siswa, How to Develop Learning Concentration .


Kank ,metode apakah yang tepat agar pembelajaran dikelas dapat meningkatkan daya serap alias daya konsentrasi siswa mengikuti pelajaran….?


Sebenarnya cukup banyak metode yang sudah dikembangkan dalam dunia pendidikan agar siswa memiliki daya serap atu meningkat konsentrasi belajarnya .Inti sari dari sebuah metode pada prinsipnya adalah :

1.    Pembelajaran harus dapat menarik perhatian siswa, dalam artian tidak hanya siswa tertarik mengikuti pembukaan  dimulai nya kegiatan pembelajaran dimenit menit awal melainkan benar benar membuat siswa dapat menikmati kegiatan pembelajaran  dari sampai akhir.kemampuan menarik perhatian siswa mengikuti pelajaran ini mnuntut seorang guru tidak hanya cakap berceramah ,melainkan mampu menggunakan media belajar yang ada sehingga siswa antusias mengikuti pelajaran yang sedang berlangsung.Beberapa strategi komunikasi yang bisa digunakan  ,bisa berupa lontaran pertanyaan ,game pembelajaran ,mengomentari hal hal yang lucu atau mengajak siswa melihat manfaat dari ilmu yang dipelajarinya relevan dengan kegiatan sehari hari nya.
2.    Keunikan kegiatan pembelajaran,penekanan nya seorang guru harus mampu menampilkan karakter unik yang dimilikinya saat berhadapan dengan siswa.Bukan saja pada penampilan fisik melainkan juga keunikan dalam  kepribadian,metode penyampaian sampai membuat siswa terpesona dengan pengalaman belajar unik yang dikenalkan guru bersangkutan.  Sehingga siswa dapat mengenang dan membedakan antara satu guru dengan guru yang lain dalam kegiatan belajar mengajar. Jika guru hanya melakukan tugas mengajar sekedar menggugurkan kewajibannya saja sulit menciptakan pengalaman berkesan bagi siswa dalam belajarnya.
3.    Menempatkan diri di hati siswa,bagaimanapun juga seorang guru yang kehadiran nya diterima dan ditunggu tunggu siswa dapat membuat siswa merasa nyaman saat kegiatan belajar berlangsung ,disampin siswa sangat respect terhadap guru dan materi yang diajarkannya.Memposisikan diri dihati siswa ini aharus dimulai dari motivasi guru dalam menjalankan profesinya ,yang tercermin dalam perilaku mengajarnya.Selajutnya perilaku tulus dan iklash serta memikirkan kepentingan terbaik siswa ini akan dirasakan oleh sebagai pembelajaran ,yang menyenangkan ,berkesan dan bermakna bagi siswa termasuk guru yang bersamgkutan.
4.   Membuat siswa sadar pentingnya arti belajar , profesionalitas  seorang pendidik terletak pada sejauh mana pesan atau ilmu yang disampaikan dalam kegiatan pembalajaran mampu membuat siswa pentingya arti belajar. Diwujudkan dalam upaya aktif meningkatkan kualitas diri melalui belajar bersungguh sungguh guna mencapai prestasi sehingga siswa optimis dan  bersemangat dalam meraih cita citanya.
5.    Membangun “-Persepsi’  -siswa ,Pendidikan adalah Investasi Masa Depan.Seorang guru yang berdedikasi dan memiliki wawasan kebangsaan akan pentingnya membangun gairah siswa meningkatkan kualitas kehidupan siswa melalui pendidikan.Karena itu seorang guru dalam setiap kegiatan belajarnya harus mempu menyelipkan kalimat bermakna (word affirmation ) sehingga siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi serta dappat terbangun assoisiasi meraih keberhasilan masa depan itu adalah dengan pendidikan ,Tanpa penguatan dari pihak pendidik bisa saja siswa mengalami demotivasi lantaran pemberitaan negative tentang kegagalan dunia pendidikan  dalam dunia kerja  dan persaingan makin transparan.

Metode pembelajaran yang efektif adalah siswa dapat terbangun kesadaran belajarnya karena guru bersangkutan dapat menunjukan secara jelas manfaat ilmu yang dipelajarinya,upaya belajar dan prestasinya  sekaligus memberikan pengalaman belajar yang ,menyenangkan,berkesan dan bermakna.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT