Cara Memahami Perilaku Siswa Dalam Belajar , Understand Student Behavior Change ‘s
“Kank sudah bukan rahasia lagi
bahwa,minat siswa untuk secara serius dikelas saat ini semakin susah…mereka
merasa tidak perlu terlalu serius memahami penjelasan guru.,bagaimana caranya
agar siswa focus pada pembelajaran dikelas…?”
Daya
tarik guru dalam menjelaskan materi pelajaran adalah hal utama siswa mau
“sacrifice ‘ mengikuti kegiatan belajar.Namun tidak semua guru memiliki daya
tarik itu jika tidak memahami arti penting “panggilan “ tugasnya mengajar dan
memahami perubahan perilaku siswa secara utuh
Untuk
itu mind
set guru perlu ditata ulang saat melaksanakan tugas professional sebagai
pendidik.
1. Jika guru beranggapan bahwa tugas
mendidiknya adalah tuntutan profesi
semestinya menjadi siswa adalah alasan utama guru itu berprofesi menjalankan tugas
mendidiknya.Artinya disebabkan siswa lah diperlukan profesi guru,mengingat
siswa tanpa guru pun bisa belajar secara otodidak kepada sumber dan sosok
selain kepada guru. Apalagi dengan adanya ICT
siswa dapat belajar secara mandiri. Inilah
alasan utama bagaimana guru dapat membangkitkan semangat belajar siswa melalui
karakter unik sebagai pribadi, pendidik professional, inspiration for developing character propositions .
2. Siswa menjadi alasan
utama bagi guru mengembangkan daya kreasinya dalam melakukan kegiatan pembelajaran agar siswa dapat
memiliki semangat untuk belajar bersungguh sungguh mencapai prestasi
puncaknya.Seorang guru dituntut dapat memberikan pelayanan prima agar daya
serap siswa dalam menerima pelajaran menjadi meningkat,sehingga siswa berkonsentrasi dan berprestasi dalam kegiatan belajarnya secara menyenangkan.
Untuk itu guru dituntut meningkatkan kompetensi akademiknya dan
kompetensi professional.
3. Model pembelajaran yang dikembangkan
kepada siswa semestinya adalah long term sustainability ,artinya siswa
tumbuh kembang kompetensinya secara urut dan berkesinambungan guna membangun
life skill secara optimal,bukan sekedar
kenaikan grade dengan kompetensi yang tidak meningkat. Ambil contoh Seorang
siswa kelas VII semestinya mendapatkan knowledge dan knowhow menambah dan menguatkan ilmu yang didapat
sebelumnya sehingga makin kelihatan
“keahliannya”. Untuk itulah seorang guru perlu mengenali secara individu karakter unik setiap siswanya guna
membangun kompetensi dan prestasi siswa.
Selanjutnya
perlu difahami bahwa siswa sesungguhnya “the real stake holder”
Karena kesuksesannya dapat mengangkat
citra guru ,citra sekolah sekaligus citra pendidikan secara nasional.
Komentar
Posting Komentar