Architech of Teaching ,Guru adalah Arsitek Karakter Gemar Belajar Siswa

“  Berlomba –lombalah kamu kepada  ampunan dari Tuhanmu dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi,yang disediakan bagi orang orang beriman kepada Allah dan rosulnya,…… Qs Al Hadiid 21

.


Bayangkan ketika anda datang kepada seorang arsitek dan anda  menceritakan “impian “ tentang rumah /istana idaman . maka arsitek akan dapat membuatkan rancangan design yang membuat anda berada dalam istana impian yang nyata. Karena design arsitek tadi mampu memvisualisasikan   secara detil bayangan bangunan  yang bakal anda tempati dimasa depan lengkap dengan gambaran dari impian anda ,bahkan melampui batas impian anda.

Jika seorang guru dapat melambungkan angan siswanya menggapai dalam ke hidupan di masa depannya melalui kemampuannya menggambarkan  rencana strategis,design motivasi belajar siswa guna mewujudkan impian itu maka guru bersangkutan sudah menjalankan fungsi arsitek bagi masa depan siswa.


If you want your childern to have confidence in their own judgements,make them feel good about themselves by praising their attempt at independent thought and action ,acknowlgede even small step toward independence.Motivational Reconsidered : The Concept of Competence,Psychological Review ,1959 .

Bangunlah kesadaran siswa untuk dapat meraih prestasi ,bukan sekedar menggugurkan kewajibananya belajar.  Berikanlah teladan bahwa melakukan yang terbaik dalam menjalankan tugas berdampak sangat penting bagi kemajuan dan kebaikan diri sendiri.

Seorang arsitek dapat membuat klien “nice to have” setelah melihat desain dari rancangan tentang rumah idaman. Seorang guru juga harus sanggup memberikan semangat dengan rancagan visualisasi gambaran masa depan ,sehingga siswa melihat pentingnya ‘nice to have” dalam meraih prestasi.

Caranya :

1.       Miliki kemampuan mendengarkan dengan empati ,harapan dan kecemasan siswa terhadap kesulitan yang dihadapi siswa saat ini.

2.       Miliki kemampuan memahami latar belakang persoalan yang menimpa siswa,sehingga anda bisa memiliki cara pandang yang bijak atas persoalan nya.

3.       Bantulah siswa  untuk mengurai persoalan yang semestinya merupakan persoalan genting atau penting baginya,biasanya  siswa cenderung mencari kompensasi dari kecemasannya dengan melakukan tindakan “anti sosial.

4.       Berikan wawasan siswa setiap konsekuensi logis dari tindakan atas reaksi terhadap  persoalan yang dihadapinya.

5.       Bantulah  siswa menggambarkan impian yang ingin diraih dimasa depan sekaligus merancang tindakan yang semestinya dilakukan untuk meraih masadepannya itu.

6.       Selanjutnya miliki kesediaan untuk menjadi “konselor  dan motivator “ bagi siswa ,lantaran siswa memang membuthkan sosok pendamping keberhasilannya menatap masa depan.



Seorang arsitek mampu mengajak klientnya  menatap “ istana impian” secara nyata melalui “design -visual” yang mempesona sehingga klient dapat berjuang untuk mewujudkan impiannya. Demikian juga  seorang guru semestinya juga dapat melakukan hal yang sama kepada siswa nya. Melambungkan angan siswa meraih masa depan dengan membangkitkan semangat belajarnya meraih prestasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT