Architech of Teaching ,Guru adalah Arsitek Karakter Gemar Belajar Siswa
“ Berlomba –lombalah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan surga yang luasnya
seluas langit dan bumi,yang disediakan bagi orang orang beriman kepada Allah
dan rosulnya,…… Qs Al Hadiid 21
.
.
Bayangkan ketika anda
datang kepada seorang arsitek dan anda menceritakan “impian “ tentang rumah /istana
idaman . maka arsitek akan dapat membuatkan rancangan design yang membuat anda
berada dalam istana impian yang nyata. Karena design arsitek tadi mampu
memvisualisasikan secara detil bayangan
bangunan yang bakal anda tempati dimasa
depan lengkap dengan gambaran dari impian anda ,bahkan melampui batas impian
anda.
Jika seorang guru
dapat melambungkan angan siswanya menggapai dalam ke hidupan di masa depannya
melalui kemampuannya menggambarkan
rencana strategis,design motivasi belajar siswa guna mewujudkan impian
itu maka guru bersangkutan sudah menjalankan fungsi arsitek bagi masa depan
siswa.
If you want your childern to have confidence in
their own judgements,make them feel good about themselves by praising their
attempt at independent thought and action ,acknowlgede even small step toward
independence.Motivational Reconsidered : The Concept of Competence,Psychological
Review ,1959 .
Bangunlah kesadaran
siswa untuk dapat meraih prestasi ,bukan sekedar menggugurkan kewajibananya
belajar. Berikanlah teladan bahwa
melakukan yang terbaik dalam menjalankan tugas berdampak sangat penting bagi
kemajuan dan kebaikan diri sendiri.
Seorang arsitek dapat
membuat klien “nice to have” setelah melihat desain dari rancangan tentang
rumah idaman. Seorang guru juga harus sanggup memberikan semangat dengan
rancagan visualisasi gambaran masa depan ,sehingga siswa melihat pentingnya ‘nice
to have” dalam meraih prestasi.
Caranya :
1.
Miliki kemampuan
mendengarkan dengan empati ,harapan dan kecemasan siswa terhadap kesulitan yang
dihadapi siswa saat ini.
2.
Miliki
kemampuan memahami latar belakang persoalan yang menimpa siswa,sehingga anda
bisa memiliki cara pandang yang bijak atas persoalan nya.
3.
Bantulah siswa untuk mengurai persoalan yang semestinya
merupakan persoalan genting atau penting baginya,biasanya siswa cenderung mencari kompensasi dari
kecemasannya dengan melakukan tindakan “anti sosial.
4.
Berikan
wawasan siswa setiap konsekuensi logis dari tindakan atas reaksi terhadap persoalan yang dihadapinya.
5.
Bantulah siswa menggambarkan impian yang ingin diraih
dimasa depan sekaligus merancang tindakan yang semestinya dilakukan untuk
meraih masadepannya itu.
6.
Selanjutnya
miliki kesediaan untuk menjadi “konselor dan motivator “ bagi siswa ,lantaran siswa
memang membuthkan sosok pendamping keberhasilannya menatap masa depan.
Seorang
arsitek mampu mengajak klientnya menatap
“ istana impian” secara nyata melalui “design -visual” yang mempesona sehingga
klient dapat berjuang untuk mewujudkan impiannya. Demikian juga seorang guru semestinya juga dapat melakukan
hal yang sama kepada siswa nya. Melambungkan angan siswa meraih masa depan
dengan membangkitkan semangat belajarnya meraih prestasi.
Komentar
Posting Komentar