TRANSFORMASI DIGITAL : "BUMI ITU DATAR, BRO !"-Kank Hari Santoso
Kank Hari Santoso- Motivator Nasional |
"Jika ada orang menyangkamu baik maka
من كنا ظنا بيكى خير صديق ظنا أهو
Buktikan prasangka baikn nya itu !
Mengapa ? " karena prasangka baik itu adalah bagian citra diri , atau personal image anda. Jadi harus 'istiqomah" dijaga agar persepsi dan harapan terhadap anda selalu melakukan kebaikan tidak mengecewakan mereka.
Di era komunikasi yang "flat" ini publicity melalui indie label web blog atau media massa melalui medsos adalah dari o t o, m t m (one to many , dan many to many) Maka berlakulah prinsip :
1. Keaslian karakter anda tidak bisa di desain dengan "tebar pesona", falsafah "sing becik ketitik sing olo bakal ketoro" benar benar akan terbukti , bahkan diera keterbukaan publik ,
kalo boleh meminjam ayat Allah
"فَمَن يَعۡمَلۡ مِثۡقَالَ ذَرَّةٍ خَيۡرٗا يَرَهُۥ"
Gak ada yang bisa disembunyikan .
2. Ber medsos bisa dapat pahala besar
Pahala besar disisi Allah jika komunikasinya mendatangkan kebaikan
Dari Ummu Habibah ia berkata: Rasulullah bersabda: semua perkataan bani Adam akan menjadi musuhnya dan bukan pembelanya kecuali perkataan dalam menyuruh kepada kebaikan atau melarang kemungkaran, atau berzikir kepada Allah.
(Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh,)
Artinya berkomunikasilah secara jujur dalam bermedsos agar anda dipercaya,lainnya ?
Sekarang bagaimana jika anda menerima kritik atau keluhan.
Prinsip
"Barang siapa meng kritikmu mereka ingin kebaikan darimu" . Sayangnya kita lebih bangga dipuji daripada dikritik..haruslah diakui .
Kalo itu sebuah lembaga maka PR departemen lah yang bertanggung jawab bukan sembarang orang berebut Njawab !. PR harus memiliki kecakapan" environmental scanning "melakukan konter argumen bukan hanya bagaimana how to respon tapi juga faham siapa yang dihadapi tentu asas openess alias terbuka apa adanya dengan formula komunikasi , prioritas penyampaian . What , Why , How serta solusinya harus clear. Banyak kasus salah tulis di medsos bisa lebih panjang urusannya, pintu penjara .
Oleh karena itu citra lembaga harus dibangun melalui komunikasi yang engage dengan spirit atau value yang dianut perusahaan. Selebihnya monggo dilengkapi sendiri.
Komentar
Posting Komentar