Personality Skill: 80 % Murid Sukses Karena “Guru” Lebih Mengenal Diri Sendiri (1)
Kank Hari Workshop Pengembangan SDM |
“Saya sudah
mengajar lebih dari 30 tahun , murid saya sudah banyak yang jadi orang…”
namun tidak demikian dengan para siswanya saat ini yang merasa guru tersebut bukanlah guru idola mereka. Para siswa
beranggapan gurunya terlalu jadul
dalam metode pembelajaran, galak dan dianggap tidak mengerti ‘life style’
siswanya. Akhirnya boro boro siswa
termotivasi untuk giat belajar yang ada malah stress akibat beban belajar yang tidak menyenangkan.
Tidak jarang setiap pendidik mengakui teknik
dan metode belajarnyalah yang paling ampuh dalam membentuk kompetensi akademik
anak, bisa jdi teknik itu memang betul adanya berhasil pada beberapa siswa ,
namun teknik yang tampaknya sukses tadi malah sama sekali tidak berhasil kepada
hampir sebagian besar siswa lainnya.
Jadi teknik dan metode belajar yang mana yang dapat menciptakan kompetensi anak didik?.
Faktanya adalah tidak ada formula yang paling tepat untuk semua peseerta didik.
Setiap anak didik yang berbeda satu sama
lain dalam proses daya serap belajar , keperibadian yang berbesa, gaya hidup
mereka berbeda , perilaku mereka berbeda, geografis dari kabupaten dan kota
yang berbeda. Jadi masalah keberhasilan membangkitkan potensi peserta didik
bukan saja persoalan teknik dan metode mendidik melainkan juga kemampuan
pengenalan diri sendiri dan lingkungan pembelajaran.
Lantas caranya bagaimana agar setiap pendidik ,
kenal diri sendiri dan ‘medan” kerja nya…? Sangat sederhana . Luangkan waktu 10 hingga 20 menit untuk
evaluasi diri terhadap keberhasilan teknik dan metode”mengajar’ anda terhadap
peningkatan , daya serap, kompetensi prestasi dan kepuasaan belajar mereka. Anda perlu mencari tahu dan menyusun strategi
pembelajaran yang efektif.
Berikut adalah langkah tentang pola pengenalan diri terhadap keberhasilan
pembelajaran. ..
1. Jadikan daftar absensi siswa untuk mengenali karakteristik
pengenalan diri mereka terutama dalam merespon kegiatan pembelajaran yang
sedang anda lakukan.
2. Kenali 20 % siswa yang paling tertarik dalam kegiatan
pembelajran yang ada lakukan. Berdasarkan criteria sebagai berikut:
- 20 % peserta didik yang antusias merspon setiap stimulasi pembelajaran yang anda berikan.
- 20% peserta didik yang paling sering tunjuk diri untuk berani maju kedepan kelas mengerjakan tugas dengan spontan.
- 20% siswa yang paling cepat mengerjakan tugas hingga tuntas tanpa banyak alasan menunda mengerjakan.
- 20%siswa yang paling sering membicarakan anda tentang kepuasan belajarnya kepada siswa kelas lain atau orang lain
Analisalah mengapa mereka ‘memberikan penilaian
demikian kepada anda dan selanjutnya kelola strategi pembelajaran anda..
“Sejarah
membuktikan Jika guru mengenal diri sendiri akan lebih mudah mengenali potensi siswa
dan membangkitkan prestasi belajarnya..” Kank Hari Coach Seminar MSDM & Best Practice Parenting Skill.
Komentar
Posting Komentar