HUMAS SEKOLAH : EKSPEKTASI MASYARAKAT TERHADAP PENDIDIKAN INDONESIA BERMUTU DI SEKOLAH
Saat saya menjadi fasilitator dari “Workshop Optimalisasi Ekosistem Sekolah 2016 ,
sesi yang paling menarik adalah presentasi dari identifikasi kebutuhan dan
harapan kepada penyelenggara pendidikan oleh wakil paguyuban kelas dan komite
sekolah . Mereka meninginkan proses pembelajaran yang bagus, hasil diatas rata
rata nasional, prestasi akademik / keberbakatan siswa menonjol dan tentu saja
komunikasi serta pelayanan prima dari sekolah. Lantas apa saja harapan itu
secara sederhana ada empat besar sebagai
berikut.
1.
Peran kepala sekolah sebagai fasilitator untuk
pelayanan pendidikan bermutu disekolah dengan memiliki kesediaan mendengarkan
memahami dan mengakomodasi hasil brainstroming
terutama dari harapan orang tua
siswa.
2.
Peran kepala sekolah sebagai motivator kepada
para pendidik dan tenaga kependidikan agar tercipta skill individu dalam
menjalankan tugas profesi, kemampuan kerjasama tim, fokus pada kepetingan
terbaik siswa dan memberikan pelayanan terbaiknya selaku pendidik.
3.
Peran pendidik diharapkan dapat mengenali
ketidak mampuan peserta didik dalam mencapai KKM dalam proses pembelajaran
selanjutnya bersama orang tua siswa menemukan solusinya.
4.
Penyelenggara pendidikan harus terus
meningkatkan kompetensi dan keterampilan dalam memberikan pelayan pendidikan sebaik
baiknya, mereka harus dapat memahami keinginan stake holder pendidikan, dan
menempatkan kepentingan terbaik siswa sebagai fokus profesionalitas pendidik
dengan memanfaatkan sumberdaya manusia
dan lingkungan yang ada disekolah.
Dimasa depan sekolah harus benar benar dikelola dengan
efesiensi waktu (value of time) untuk prestasi siswa dan daya saing serta
bekal mereka mengahadapi tantangan zaman seusai sekolah. Sanggup..?
Komentar
Posting Komentar