HUMAS SEKOLAH : 4 Syarat Guru Inspiratif Menurut Siswa SMP (Swasta )

  
“ Kami Guru dari SMP Swata , Mendidik siswa SMP itu saat ini gampang gampang susah, bagaimana agar mereka senantiasa termotivasi untuk semangat belajar, kank..?”

Rosulullah adalah guru insipratif, berikut sabdanya:

Tidaklah sekali kali Allah mengutus seorang nabi , melainkan pernah menggembalakan kambing’. Para sahabat bertanya : Dan juga engkau ..? Beliau menjawab : “Ya !, Dahulu aku pernah mengembalakan kambing  ternak milik Penduduk Makkah dengan imbalan  beberapa qirath.           (HR Bukhari 2102 )
 
Perlu disadari bahwa tugas penting seorang pendidik  dalam kegiatan belajar dan pembelajaran adalah meningkatkan kesadaran siswa tentang arti penting belajar dan membuat proses pembelajaran itu menjadi menarik bagi mereka. Sekaligus seorang pendidik harus dapat memberikan dampak keterikatan emosional dan mendorong perasaan suka terhadap tugas tugas pembelajarannnya. Ambil contoh seorang guru fisika yang memanfaatkan TIK sebagai sumber dan media pembelajaran sekaligus game pembelajaran pada perangkat gadget siswa sehingga siswa bersangkutan menjadi gemar belajar dan selalu menantikan kehadiran guru bersangkutan adalah guru yang dapat membangkitkan motivasi belajar.
Lantas apa saja yang membuat siswa termotivasi oleh keterampilan gurunya..?
1.       Siswa menyukai guru yang memiliki reputasi dan keterhandalan dalam kegiatan membelajarkan siswanya, sehingga siswa merasa guru bersangkutan sangat ahli dibidangnya dapat dipercaya dan diandalkan untuk mempelajari teori konsep sekaligus memberikan solusi atas soal soal rumit yang tidak dapat diselesaikan siswa.  Sebagai  guru  anda harus dapat meningkatkan reputasi mutu kompetensi pengetahuan atas bidang ilmu yang diajarkan sekaligus membuat mudah dan menyenangkan dalam metode pembelajaran.
2.       Siswa termotivasi oleh guru yang memiliki daya tarik dalam kegiatan pembelajaran, yaitu sejauh mana guru bersangkutan menciptakan proses pembelajaran yang menarik dari siswa sebagai target sasaran metode pembelajarannya. Daya tarik itu bisa berupa fisik (cantik, tampan . muda),, cerdas intelektual , berkompeten , memiliki prestasi kreatif , mengahargai dan menyayangi siswa dan membuat siswa lebih mudah dalam proses kegiatan pembelajarannnya. Pililah daya tarik yang menjdi keunikan anda agar siswa menjadi lebih senang belajar bersama anda.
3.       Siswa bersemangat belajar jika gurunya dianggap solutif, yaitu sejauh mana kehadiran guru bersangkutan memiliki kompetensi yang diandalkan atau keahlian yang memadai untuk dapat menjelaskan cara cara sederhana mudah dan bisa dikuasi siswa dalam menyelesaikan tugas tugas atau soal soal yang dihadapi siswa . Temukan cara cara mudah agar siswa merasa lebih mudah mempelajari ilmu yang anda ajarkan
4.        Siswa senang meniru guru yang layak menjadi teladan baginya, yaitu guru yang dapat mewujudkan semua nasehat yang diajarkan kepada siswa dalam perilaku sehari hari hari  dengan demikian identitas perilaku guru, kepribadian, kompetensi yang dimiliki guru dan posisi guru dimata siswa memiliki kesesuaian.  Berupayalah menjadi guru yang lebih banyak memberi teladan perilaku daripada segudang nasehat yang tidak dapat anda lakukan. .
Saat ini gaya hidup peserta didik menuntut seorang guru yang dapat memberikan nilai lebih kepada dirinya , semakin tinggi reputasi mutu seorang pendidik semakin tinggi pula rasa hormat dan kepatuhan siswa kepada gurunya.


Komentar

  1. reputasi dan keterhandalan
    daya tarik
    solutif
    teladan




    Wooooow, keren juga anak SMP ini yaaaa....

    BalasHapus
  2. Terima kasih bu Lis Indra , saya menunggu cerita cerita inspiratif dari pengalaman ibu menginspirasi siswa siswa SMA di Malang

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT