HUMAS SEKOLAH : 4 Syarat Guru Inspiratif Menurut Siswa SMP (Swasta )
“ Kami Guru dari SMP Swata
, Mendidik siswa SMP itu saat ini gampang gampang susah, bagaimana agar mereka
senantiasa termotivasi untuk semangat belajar, kank..?”
Rosulullah adalah guru insipratif, berikut sabdanya:
“Tidaklah sekali kali
Allah mengutus seorang nabi , melainkan pernah menggembalakan kambing’. Para
sahabat bertanya : Dan juga engkau ..? Beliau menjawab : “Ya !, Dahulu aku
pernah mengembalakan kambing ternak
milik Penduduk Makkah dengan imbalan
beberapa qirath. (HR
Bukhari 2102 )
Perlu disadari bahwa tugas
penting seorang pendidik dalam kegiatan
belajar dan pembelajaran adalah meningkatkan kesadaran siswa tentang arti
penting belajar dan membuat proses pembelajaran itu menjadi menarik bagi
mereka. Sekaligus seorang pendidik harus dapat memberikan dampak keterikatan
emosional dan mendorong perasaan suka terhadap tugas tugas pembelajarannnya.
Ambil contoh seorang guru fisika yang memanfaatkan TIK sebagai sumber dan media
pembelajaran sekaligus game pembelajaran pada perangkat gadget siswa sehingga
siswa bersangkutan menjadi gemar belajar dan selalu menantikan kehadiran guru
bersangkutan adalah guru yang dapat membangkitkan motivasi belajar.
Lantas apa saja yang membuat
siswa termotivasi oleh keterampilan gurunya..?
1. Siswa
menyukai guru yang memiliki reputasi
dan keterhandalan dalam kegiatan
membelajarkan siswanya, sehingga siswa merasa guru bersangkutan sangat ahli
dibidangnya dapat dipercaya dan diandalkan untuk mempelajari teori konsep
sekaligus memberikan solusi atas soal soal rumit yang tidak dapat diselesaikan
siswa. Sebagai guru anda harus dapat meningkatkan reputasi mutu
kompetensi pengetahuan atas bidang ilmu yang diajarkan sekaligus membuat mudah
dan menyenangkan dalam metode pembelajaran.
2. Siswa
termotivasi oleh guru yang memiliki daya
tarik dalam kegiatan pembelajaran, yaitu sejauh mana guru bersangkutan
menciptakan proses pembelajaran yang menarik dari siswa sebagai target sasaran
metode pembelajarannya. Daya tarik itu bisa berupa fisik (cantik, tampan .
muda),, cerdas intelektual , berkompeten , memiliki prestasi kreatif ,
mengahargai dan menyayangi siswa dan membuat siswa lebih mudah dalam proses
kegiatan pembelajarannnya. Pililah daya tarik yang menjdi keunikan anda agar
siswa menjadi lebih senang belajar bersama anda.
3. Siswa
bersemangat belajar jika gurunya dianggap
solutif, yaitu sejauh mana kehadiran guru bersangkutan memiliki kompetensi
yang diandalkan atau keahlian yang memadai untuk dapat menjelaskan cara cara
sederhana mudah dan bisa dikuasi siswa dalam menyelesaikan tugas tugas atau soal
soal yang dihadapi siswa . Temukan cara cara mudah agar siswa merasa lebih
mudah mempelajari ilmu yang anda ajarkan
4. Siswa senang meniru guru yang layak menjadi teladan baginya, yaitu guru yang dapat
mewujudkan semua nasehat yang diajarkan kepada siswa dalam perilaku sehari hari
hari dengan demikian identitas perilaku
guru, kepribadian, kompetensi yang dimiliki guru dan posisi guru dimata siswa
memiliki kesesuaian. Berupayalah menjadi
guru yang lebih banyak memberi teladan perilaku daripada segudang nasehat yang
tidak dapat anda lakukan. .
Saat ini gaya
hidup peserta didik menuntut seorang guru yang dapat memberikan nilai lebih
kepada dirinya , semakin tinggi reputasi mutu seorang pendidik semakin tinggi
pula rasa hormat dan kepatuhan siswa kepada gurunya.
reputasi dan keterhandalan
BalasHapusdaya tarik
solutif
teladan
Wooooow, keren juga anak SMP ini yaaaa....
Terima kasih bu Lis Indra , saya menunggu cerita cerita inspiratif dari pengalaman ibu menginspirasi siswa siswa SMA di Malang
BalasHapus