Merebut Pikiran dan Hati Peserta Didik Melalui Media TIK Pembelajaran

“Network sure can be used in creative ways. They can help break down cultural barriers between people and educational barriers to learning; they can build common database, develop collaborative teaching strategies and deliver education and training”. Longworth and Davies Lifelong Learning C21st

Saat ini tak ada alasan pendidik untuk tidak memiliki kompetensi dalam memanfaatkan TIK Pembelajaran khususnya perangkat komputer dan internet , tantangannya adalah bagaiamana merancang strategi pembelajaran yang dapat memadukan media pembelajaran berbasis TIK dengan konsep teori ilmu pengetahuan itu sendiri.  Hambatan terbesar biasanya memilih media yang tepat yang membuat siswa mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan sekaligus menguasai ilmu yang diajarkan.



Para pendidik biasanya jika bicara membuat rancangan rencana pembelajaran jarang memiliki platform untuk memasukan  jenis media TIK  yang pas didalam  strategi pembelajaran. Akibatnya tidak jarang siswa mencari sendiri informasi pada search engine  yang menjadikan siswa tidak mendapatkan panduan pemanfatan TIK dalam kegiatan pembelajarannya secara optimal. Di dunia pendidikan ,internet membuat informasi menjadi lebih cepat, teknologi sangat besar pengaruhnya dalam meningkatkan minat  dan motivasi belajar siswa baik dalam penugasan kegiatan pembelajaran ,strategi pembelajaran maupun konsultasi serta komunikasi antara guru dan siswanya tanpa terkungkung oleh ruang dan waktu.

Quipper School  salah contoh penyedia layanan pembelajaran yang “multichannel dan multimedia” yang dapat digunakan sebagai media komunikasi pembelajaran yang terintegrasi , sebagaimana disampaikan rekan saya Bu Neni Guru Fisika yang Juga Fasilitator TIK tingkat Nasional dalam satu penyataannnya di Grup FB :  “Buat all of my best prenz para pendidik, ingin merasakan betapa nikmatnya pembelajaran abad 21?? Memberikan penugasan tapi ga perlu ngoreksi, nilai langsung jadi. Membuat tes juga ga perlu ngoreksi nilai siswa langsung tercipta, membuat materi pengayaan yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja, mempersiapkan siswa untuk ujian dengan ujian online, aktivitas belajar siswa bisa kita pantau setiap saat tanpa ribet! Hayuuuukkk.... Menjadikan sekolah kita lebih modern dengan menggunakan e-learning yang user friendly dan gratissss... dengan menggunakan Quipper School “.

Inovasi pembelajaran yang perlu dilakukan oleh para pendidik adalah inovasi pemanfaatan dan pendayaagunaan  teknologi  berdasarkan orientasi para siswa. Setiap pendidik semestinya memilih jenis media pembelajaran berbasis TIK yang  sesuai kebutuhan dan life style belajar siswa.  Pembelajaran seharusnya melibatkan keempat ranah yakni ranah kognitif,afektif,psikomotor dan spiritualitas. Pembelajaran yang mendatangkan pengalaman belajar yang menyenangkan akan mudah melekat dalam long term memory siswa.  Sehingga siswa secara tidak langsung telah belajar  ilmu pengetahuan yang ditransfer oleh gurunya  melalui pengalamannya memanfaatan perangkat TIK  yang telah dikondisikan.


Kepiawaian guru pada pembelajaran abad 21 ini adalah bagaimana melakukan  pemilihan media TIK  yang tepat sekaligus mengaplikasikannya untuk keperluan kegiatan pembelajaran . Mengingat saat ini perangkat TIK sudah menjadi support untuk kemajuan pembelajaran siswa dalam melaksanakan pendidikannya. Bagaimana dengan anda ..?    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT