Profesional Sebagai Tenaga Pendidik Masa Depan (SMK, Kurikulum2013 )
Para pendidik dan penyelenggara
pendidikan vocational harus tahu banyak
terhadap apa yang dihadapi siswanya saat
ini serta apa yang bakal terjadi seusai mereka lulus. Karena di era saat ini
para pendidik semestinya sangat
memerlukan ide ide baru dan kreativitas
untuk membuat suatu terobosan yang unik untuk
masa depan peserta didik.
“Every aspect of community is an integral part of the learning program.
Library, museum, parks, health club, shops, bank, businesses, municipal
officers, farms , factory, the streets and the environment provide learning
opportunities ,facilities and services for self-learners. At the same time,
learning becomes a service to learning becomes a services to the community, as
future citizens become local involved in the local community”. Ellis,WN (2000)
In Creating Learning Community.
Berikut beberapa langkah yang
harus diperhatikan ,dimengerti dan
dikembangkan para pendidik :
·
Mereka memerlukan keahlian keahlian klasik dalam
ilmu pendidikan seperti riset tentang siswa ,pembelajaran kreatif,
inovatif, dan produktif, manajemen kelas, keterampilan komunikasi dan
pengetahuan psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan peserta didik.
·
Mereka juga
harus memiliki orientasi yang lebih luas.mengajar bukan sekedar memenuhi
kewajiban mengajar melainkan upaya untuk mendapatkan peluang peluang yang
bermanfaat bagi peserta didik .
·
Mereka harus tahu tentang analisa kompetensi
siswa agar dapat mengetahui efektifitas
dari strategi pembelajarannya. Mereka
harus mampu mengukur kompetensi “professional” secara individual setiap peserta didiknya.
·
Mereka harus mengerti tentang TIK agar bisa
memanfaatkan internet, e’ learning, e
administration dan networking . Dibidang teknis ,para pendidik adalah harus memiliki latar belakang teknik dan praktisi .
·
Mereka harus memiliki kemampuan self
assessment dari berbagai bentuk
komunikasi pembelajaran gar bisa
menjalankan kegiatan membelajarkan siswa secara efektif yang terintegrasi
antara pengetahuan dan kompetensi yang dihasilkan, mendorong siswa untuk
mengembangan ide ide kreatif serta produktif sekaligus mengimplementasikannya.
·
Mereka dituntut untuk memiliki kemampuan membaca
data statistik, seperti hasil PTK,
kebutuhan tenaga kerja ,
perkembangan dunia industry dsb.
·
Mereka dituntut untuk memiliki kreativitas
tinggi, ide ide out -of -the -box untuk memberikan ide ide inovatif kepada
peserta didik .
Di masa depan
perusahaan perusahaan membutuhkan tenaga
kerja yang bisa diandalkan , dan dunia usaha membutuhkan personal yang tangguh
,maka jika SMK dianggap BISA memenuhi permintaan kebutuhan itu harus dimulai
dari tenaga pendidiknya..
Komentar
Posting Komentar