Profesional Sebagai Tenaga Pendidik Masa Depan (SMK, Kurikulum2013 )

Para pendidik dan penyelenggara pendidikan vocational  harus tahu banyak terhadap  apa yang dihadapi siswanya saat ini serta apa yang bakal terjadi seusai mereka lulus. Karena di era saat ini para pendidik  semestinya sangat memerlukan ide ide baru  dan kreativitas untuk membuat suatu terobosan yang unik untuk  masa depan peserta didik.
“Every aspect of community is an integral part of the learning program. Library, museum, parks, health club, shops, bank, businesses, municipal officers, farms , factory, the streets and the environment provide learning opportunities ,facilities and services for self-learners. At the same time, learning becomes a service to learning becomes a services to the community, as future citizens become local involved in the local community”. Ellis,WN (2000) In Creating Learning Community.
Berikut beberapa langkah yang harus diperhatikan ,dimengerti dan  dikembangkan para pendidik :


·         Mereka memerlukan keahlian keahlian klasik dalam ilmu pendidikan  seperti  riset tentang siswa ,pembelajaran kreatif, inovatif, dan produktif, manajemen kelas, keterampilan komunikasi dan pengetahuan psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan peserta didik.
·         Mereka juga  harus memiliki orientasi yang lebih luas.mengajar bukan sekedar memenuhi kewajiban mengajar melainkan upaya untuk mendapatkan peluang peluang yang bermanfaat bagi peserta didik  .
·         Mereka harus tahu tentang analisa kompetensi siswa agar dapat mengetahui efektifitas  dari strategi pembelajarannya. Mereka  harus mampu mengukur kompetensi “professional”  secara individual setiap peserta didiknya.
·         Mereka harus mengerti tentang TIK agar bisa memanfaatkan internet, e’ learning, e administration  dan  networking . Dibidang  teknis ,para pendidik adalah  harus memiliki latar belakang teknik dan  praktisi .
·         Mereka harus memiliki kemampuan self assessment  dari berbagai bentuk komunikasi pembelajaran  gar bisa menjalankan kegiatan membelajarkan siswa secara efektif yang terintegrasi antara pengetahuan dan kompetensi yang dihasilkan, mendorong siswa untuk mengembangan ide ide kreatif serta produktif sekaligus mengimplementasikannya.
·         Mereka dituntut untuk memiliki kemampuan membaca data statistik, seperti hasil PTK,  kebutuhan  tenaga kerja , perkembangan dunia industry dsb.
·         Mereka dituntut untuk memiliki kreativitas tinggi, ide ide out  -of -the -box  untuk memberikan ide ide inovatif kepada peserta didik .


Di masa depan perusahaan perusahaan  membutuhkan tenaga kerja yang bisa diandalkan , dan dunia usaha membutuhkan personal yang tangguh ,maka jika SMK dianggap BISA memenuhi permintaan kebutuhan itu harus dimulai dari tenaga pendidiknya..    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT