Guru Profesional Dimata Siswa (Kurikulum2013) ,Seri 1.
Cara seorang pendidik menangani
siswa akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah pembelajaran. Tidak pandang bulu apakah anda seorang
guru senior yang berpengalaman mengajar
puluhan tahun atau sebagai seorang guru pemula. Rahasia keberhasilan
membelajarkan siswa terletak pada kemampuan untuk membina relasi yang harmonis
dengan para siswa. Kompetensi professional kompetensi akademik ,ide kreatif dan pengalaman mengajar merupakan factor
penting. Tetapi, yang lebih pentig lagi adalah bagaimana presepsi siswa
terhadap perlakuan gurunya,mengingat siswalah yang memiliki pengalaman belajar
bersama gurunya,apa yang dilihat ,didengar dirasakan dan dialami bersama
perlakuan gurunya selama mengajar .
The teacher, who had not been informed about program, responded as the
experimenters had hoped . She started to treat the student more positively
within a short time and gave them a more favorable rating . The lesson of the
study: Students need to be taught they can take action –legitimate action –to
alter the way a teacher treats them.
Sherman, TM and Cormier, WH, An investigation of the influence of student
behavior on teacher.
Apapun situasinya ,kemampuan menjaga
hubungan baik dengan peserta didik sama sekali tidak boleh diremehkan . Seorang
siswa menganggap gurunya seorang professional jika:
Memiliki Citra Diri Positif
Kemampuan anda mengajar adalah
prioritas nomor dua bila dibandingkan dengan kesan peserta didik terhadap
perlakuan anda. “ Saya tahu bahwa saya tidak bisa mengerjakan soal dari guru
itu ,tapi kenapa harus dipermalukan begitu dihadapan teman teman…”
“You have to convince your child (student) she can learn . She need to
understand that frustration and weariness are to be expected when learning new
thing. If she gets tired or confused it’ doesn’t mean stupid or that should
give up”. Michael S & Eva M, A new Approach teaching Your Child to Be Kind
Just and Responsible.
Peserta didik bukanlah teman tapi
juga bukan musuh ,jadi sebelum menyakinkan diri bahwa anda guru yang memiliki
prestasi mengajar ,andalah yang membutuhkan mereka para siswa bukan sebaliknya
.Karena bisa mendapatkan pengetahuan bisa dari sumber mana saja apalagi dengan
kecanggihan teknologi saat ini. Menghargai eksistensi diri sisiswa dan kesan
positif dari dalam diri perlu dijaga bukankah guru berarti digugu dan ditiru.
Curahkan semua upaya positif dalam bentuk ucapan maupun perlakuan dan biarkan peserta didik tahu nahwa anda senang berhubungan dengan mereka serta menunujukkan
hasarat besar membantu siswa dalam tugas pembelajarannya. Kean positif ini akan
mendorong peserta didik untuk bersungguh sungguh belajar dan merindukan
kehadiran anda.
Jangan pernah membicarakan
kekurangan siswa kepada siswa atau guru lain yang tidak berkepentingan,jangan
bergosip,hal ini hanya kan menurunkan kredibilitas anda apalagi anda sosok guru
yang dipercaya siswa sebagai tempat curhatnya.Jangan sebarkan informasi yang
tidak perlu kepada pihak pihak yang tidak dapatmembantu menyelaesaikan
persoalan.
Bangun Keyakinan Dalam Diri Peserta Didik
“seperti nya aneh sama guru yang
satu ini setiap soal soal yang sulit dijawab selalu dibilang dikerjakan dirumah
atau dilewati saja , bahkan jarang dikoreksi jadi ya malas ngerjakannya…!”
Siswa perlu yakin akan keahlian
dibidang ilmu yang anda ajarkan dan keterampilan anda dalam memecah persoalan
yang dihadapi siswa saat mengerjakan tugasnya. Pasti ada alasan penting bagi
siswa mengapa dirinya harus belajar
bersungguh sungguh dan percaya atas tugas belajarnya. Tidak peduli apakah
persoalan itu terjadi pada BAB pertama
sampai semester terakhir ,
kompetensi keahlian anda dibidang ilmu yang anda bagikan adalah utama. Oleh
karena itulah anda harus terlebih duhulu belajar lebih dalam dengan mengikuti tren
perkembangan ilmu dan relevansinya yang terjadi dalam ilmu yang anda
ajarkan Banyaklah membaca ,lakukan riset kecil tentang
siswa dan perkembangan ilmu ,atau upgrade kompetensi keilmuan anda secara
konsisten dan kontinu. Pertahankan “performance’ anda sebagai tenaga pendidik agar tetap prima
sehingga keykinan siswa semakin mantap kepada anda .
“They want to know why about everything. Their earliest sentences show
their interest in and surprisingly good understanding of causality”. Monographs
of Society for Research in Child Development.
Pastikan siswa siswi anda
menunggu informasi dan pengetahuan baru yang menyenangkan untuk dipelajrinya
setiap kali pertemuan kelas dengan
menyediakan informasi yang upgrade dan menrik dalam kegiatan pembelajaran
. Keampuan anda untuk memanfaatkan
sarana dan prasarana dari lingkungan belajar siswa sebagai sumbar dan media
belajar adalah keterampilan siswa agar memiliki pengalaman pembelajaran yang
optimal . Sehingga siswa semakin yakin antara ilmu yang dipelajari relevansi
dan manfaatnya kepada dirisendiri dan lingkungannya. Pada akhirnya siswa
semakin percaya dan merindukan anda untuk selalu hadir dalam setiap pertemuan
kelas pembelajaran. Bersambung
Komentar
Posting Komentar