KIat Memotivasi Kelemahan Siswa dalam Materi Pelajaran Fisika (Evaluasi Individual )

Sebut saja namanya Corona ,siswa kelas VIII ini punya beberapa prestasi dibidang kesenian dan beberapa prestasi dibidang akademik khususnya matematika dan bahasa ,Namun lemah pada mata pelajaran IPA ,hal ini justru terjadi pada semester akhir. Memang diawal semester genap beberapa ulangan tengah semesternya harus remidi ,Namun sepertinya tidak kunjung meningkatkan kompetensi  untuk menguasai mata pelajaran IPA khususnya  di bidang fisika. Maka inilah  cara saya  ,”saya sediakan waktu berdiskusi  untuk memotivasi siswa saya yang tergolong cerdas ini  “,kata  bu Cinta , Guru Fisika yang masih muda belia ini  kepada penulis:


“ Ibu melihat kamu memiliki banyak prestasi ,mungkin kamu bisa ceritakan mengapa justru menjelang akhir semester ini  justru Fisika mu nilainya jauh dari yang diharapkan ,bahkan beberapa kali remidi..?”.


“Ya ,bu di semester awal dulu memang saya suka fisika dan gemar belajar lebih lama .Tapi lama kelamaan saya bingung soalnya rumusnya makin banyak yang tidak saya fahami.Apalagi kalau ada PR saya dirumah kesulitan mengerjakannya karena semua orang dirumah nggak ada yang bisa sejak  mereka sekolah dulu bu. Jadi  saya bingung bagaimana harus belajar yang benar tentang fisika lama kelamaan malas juga.?


“Ibu dengar sejak kamu SD dulu kamu suka menari  dan beberapa kali menang lomba menari,mengapa kini kamu tidak bergabung dengan ekskur menari..?”.


“Ya bu,saya hanya malas harus latihan rutin dan gurunya juga katanya galak,ogah ah..!”


“OK ,sebanrnya kamu anak yang cerdas dan kalau kamu tekun kamu bisa berprestasi,ibu yakin kamu juga bisa bisa berprestasi di maple Fisika..!”


“Begitu Ya bu, tapi yang nggak bisa Fisika juga hamper sekelas…?


“ Yes ,nanti mungkin temanmu juga akan ibu tanya mengapa mereka juga kesulitan belajar fisika,saat ini sebenarnya  pada materi apa yang kamu rasa sulit untuk kamu kuasai..?


“ Saya sebenarnya masih binggung  tentang  materi “Bunyi” dimana saya kesulitan mendiskripsikan dasar dasr getaran ,gelombang dan optic serta penggunaan rumusnya dalam soal soal cerita bu..!”


“Hebat ,kamu tehu apa yang tidak kamu ketahui,sekarang bagaimana ibu bisa membantumu..?


“ kalau ibu punya waktu Saya mau tambahan belajar bu ,saat jam pelajaran usia  atau pulang bu tapi di sekolah saja …?”.


‘Baik nanti kamu beri tahu orang tuamu perihal ini dan ibu juga akan membuat pemberitahuan ke orang tuamu melalui sekolah.!”.

“ Ya  bu saya ingin bisa menguasai fisika seperti mata pelajaran lainnya,dan saya berusaha untuk taat mengikuti jam tambahan belajar yang ibu berikan ,semoga menjelang kenaikan kelas nanti nilai fisika saya bagus dan tidak perlu remidi lagi,terima kasih bu.

 

Akhirnya, Corona pun nilai Fisikanya mampu melampaui KKM dan  bersama orangtuanya mengucapkan terima kasih atas bimbingan dan pendampingan ibu Cinta saat menerima rapor kenaikan kelas..

 

Kuncinya:identifikasi latar belakang permasalahan ,ajak siswa melihat kelebihan ,bantu siswa mengenali kelemahan atau keterbatasannya dalam menguasai mata pelajaran fisika tanpa menjatuhkan harga dirinya, dorong siswa menemukan solusi  kesulitan selanjutnya motivasi dan dampingi siswa mengejar prestasinya……!

 

 

 

 


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT