Kiat Berkomunikasi Empati Dengan Siswa “ Bermasalah “. ( Bimbingan Konseling Siswa )
Siswa saya satu ini “istimewa” sering kali menimbulkan
masalah di sekolah. Bagi saya siswa seperti ini tidak boleh dikucilkan dan
dibenci,meskipun kata sebagian guru mempedulikan satu anak yang bermasalah
hanya buang buang energi. Namun saya akan berusaha menemukan akar persoalan
mengapa dia bisa begitu,adakah kank hari
bisa memberikan Tip nya kepada saya...?
Bukankah Kami telah melapangkan
untukmu dadamu?, Qs Alam Nasrah :1
Terima kasih bapak sudah mempedulikan satu siswa yang telah dilabel guru sebagai
siswa bermasalah ,rasa empati bapak adalah perwujudan dari
Kompetensi Sosial seorang guru .Agar kepedulian bapak menjadi sebuah
solusi bagi siswa inilah beberapa cara yang bisa bapak lakukan.
·
Pertama berupayalah dapat terjadi dialog dengan
siswa secara empat mata sebagai seorang sahabat.
·
Berikan kesempatan kepada siswa untuk bercerita
dan mengungkapkan kecemasan atau ganjalan hatinya,mengingat biasanya sikap dan
perilaku siswa merupakan “cerminan’ dari kegundahan hatinya.
·
Dengarkan apa yang menjadi keluhan siswa hingga
tuntas tanpa ada berikan kesimpulan atau
penilaian apapun,kalaupun anda terpaksa menyela adalah untuk mempertajam isi
dari pembicaraan yang terjadi. Berikan perasaan nyaman dan dapat dipercaya
siswa agar siswa dapat benar benar terbuka menceritakan persoalannya.
·
Berusahalah untuk sabar dan memperhatikan secara
seksama terhadap apa yang dibicarakan siswa terutama saat siswa mengalami
kebuntuan dan ketidak- jelasan kata kata akibat tidak dapat mengendalikan diri
,jika perlu berilah kesempatan siswa bersangkutan menangis .
·
Tunggulah sampai siswa dapat mengendalikan
emosinya untuk dapat melanjutkan proses konseling
·
Tunjukkan bahwa anda sangat terbuka atas keluhan
yang dihadapi siswa dan dapat memberikan jaminan kepastian dapat menjaga rahasia siswa.
·
Berbicaralah layaknya seorang sahabat dengan lembut dan jelas dapat menimbulkan kesan bisa memahami persoalan yang dihadapi siswa
dengan perasaan tenang dan damai.
·
Cobalah melihat secara lebih luas terhadap
perilaku yang dianggap siswa bermasalah oleh para rekan guru ,sehingga anda
bisa mengatakan (dalam hati ): “ pantas dia begini seandainya kita mengalami hal yang sama pasti tidak jauh
beda perilaku nya...)
·
Fokus pada inti persoalan yang dihadapi siswa
,sambil menunjukkan sikap bahwa anda menanggapi dan ingin membantu siswa keluar dari persoalan yang dihadapinya.
·
Ajaklah
siswa mengenali masalahnya,akibat yang ditimbulkan dan solusi yang harus
dilakukannya bangkitkan “insight”
siswa
·
Jangan remehkan pendapat atau ide ide siswa
dalam mengatasi persoalannya sendiri
yang menurut anda tidak penting sebaliknya berikan wawasan konsekuensi logis dari setiap keputusan yang
diambilnya.
·
Katakanlah bahwa anda secara tulus dan jujur
akan membantu siswa mengatai kendala dalam perbaikan dan upaya kemajuan yang
diupayakannya sehingga siswa merasa mendapatkan dukungan untuk menjalani
perubahan .
Untuk dapat mengubah perilaku
negatif siswa sekolah dan guru harus terbuka dalam mengevaluasi saluran
komunikasinya.
Komentar
Posting Komentar