Implementasi Pemanfaatan Media TIK sebagai Sumber dan Media Belajar.
Bagaimana agar siswa bisa mendapatkan kesan pertama yang
positif saat saya memulai kegiatan
pembelajaran sehingga mau mendengarkan
sampai selesai mengingat biasanya siswa sering mulai asyik dengan dunianya sendiri
saat saya menerangkan pelajaran.. ?
Sebuah
kegiatan pembelajaran akan berlangsung efektif jika antara stimulus dapat
berjalan optimal ,diantaranya mereka
mengetahui apa yang dipelajarinya,serta mengetahui bagaimana menyelesaikan soal
soal yang mungkin akan diajarkannya.
Dengan merasa tahu atas apa yang
dipelajarinya siswa akan merasa tertantang untuk berani menjawab serta
terpenuhinya need of recognation alias .perasaan merasa bangga ,percaya diri
dan senang karena merasa bisa menguasai mata pelajaran. Dengan demikian siswa
memiliki antusiasme dalam belajar.
Pada tahap
siswa yang belum tahu apa yang mau dipelajarinya siswa menunggu apakah mata
pelajaran itu dapat menarik minat untuk belajar lebih dalam atau justru
sebaliknya makin bingung mengikuti penjelasan dari guru .Untuk itu diperlukan
bebrepa cara agar dapat menarik perhatian mereka ;
Pertama ; Fokus
pada hal yang menarik perhatian siswa .Tiga menit pertama adalah saat anda
dapat merebut perhatian mereka. Selebihnya bakal menjadi kelas yang membosankan
jika penjelasan anda tidak dapat membuat siswa benar benar “belajar” .
“ Tahukah anak anak bahwa otak kita mempunyai
kekuatan listrik yang luar biasa dan memiliki daya tampung melebihi komputer...,lihat
tayangan video ini ,kamu akan saksikan betapa hebatnya otak kita....!”
(lanjutkan dengan memutar video dengan LCD yang anda persiapkan sebagai media
belajar.) ...biarkan suara audio dapat mempengaruhi sisi emosi siswa sehingga
siswa bisa larut terhadap tayangan “bioskop dikelas anda .
Kemampuan video untuk membangun imajinasi siswa
melampaui batas ruang dan waktu ,disamping itu gerakan lambat (slow motion) mempermudah siswa
mempelajari gerakan objek tertentu secara lebih rinci dan mendalam.
Kedua :Intonasi
suara yang pas .jangan hanya memberikan penjelasan dengan suara datar mulailah berlatih dengan volume dan kecepatan suara yang berbeda beda
.Usahakan anda dapat berbicara seperti membaca narasi yang
dapat membuat siswa terbangun teather of
mind ,berbicaralah sedikit lebih pelan saat anda memberi komentar yang
penting ,percepat irama bicara anda
atas komentar yang kurang penting dan
berikan penekanan pada intonasi bicara anda saat membicarakan hal yang membangkitkan sisi afeksi siswa.
Ketiga
: Buat siswa anda berpendapat
,siswa pada dasarnya memiliki hasrat ingin tahu dan hasrat ingin diakui.
Usahakan dan motivasilah siswa untuk berani berpendapat atau bertanya tanpa
rasa takut dilecehkan atau takut salah. Tentu saja guru sebelum pemutaran video
berlangsung sudah memberikan tugas agar siswa mencatat bagian atau hal hal yang
kurang/atau belum jelas /belum dimengerti sebagai bahan untuk bertanya atau
berdiskusi.
Keempat : Perlakukan
siswa sebagaimana anda ingin diperlakukan ,empati .
Milikilah keterampilan
empati dengan ,menyimak ,memperhatikan ,memberi kesempatan siswa untuk
berpendapat dan bertanya terhadap apa yang ingin diketahuinya. Jika siswa dapat
menunjukkan kemampuan dalam berargumen secara lancar, akurat dan bisa dimengerti ,demikian juga sebaliknya apabila anda temui siswa yang minder ,ragu
ragu atau cemas maka sebagai guru anda perlu memotivasi siswa agar berani untuk
bersuara tanpa takut salah.
Guna
kelancaran dan efektivitas kegiatan pembelajaran maka guru harus senantiasa
melakukan persiapan yang matang ,dengan menentukan materi mana saja yang akan
disajikan dengan media TIK,rencanakan dan bentuklah strategi pembelajaran yang
membuat siswa menjadi aktif dalam proses belajar.
Koreksi Diri : Jika
anda memilih media pembelajaran untuk mata pelajaran yang anda ampu ,kriteria
apa saja yang anda pertimbangkan ......!
Permisi
BalasHapusBagus ini artikelnya, ditunggu kunjungan di http://pcahyono.blogspot.com/2013_02_01_archive.html