10 Rahasia Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dan Berdaya Saing (2)
Do’a
kecemerlangan dalam mendidik (2) :
Doa
Rosullullah Saat berpergian
Ya
Allah,sesugguhnya aku berlindung kepadamu dari kesulitan dalam perjalanan
.kemurungan dalam penampilan dan memperoleh keburukan saat berkenaan dengan
harta ,keluarga dan anak anak”. (Muslim, Kitabul Hajj 2392)
3. “Siswa lebih suka
belajar dalam suasana yang menyenangkan dibanding suasana tegang dan mencekam “
Siswa menyukai guru yang tidak “tegang ” dan mendatangkan stress dikarenaka siswa sangat
senang kepada guru yang saat membelajarkan peserta didik dalam suasana
menyenangkan. Dengan suasana menyenangkan siswa dalam lebih mudah menyerap
pembelajaran ,belajar salam keadaan tertekan hanya akan membuat siswa
kehilangan gairah belajar dan konsentrasi .
Tugas seorang guru adalah menciptakan suasana menyenangkan
dalam proses kegiatan pembelajaran, memberikan kesempatan kepada siswa untuk
mengeksplorasi rasa ingin tahunya, mendampingi siswa dalam menghadapi kesulitan
dan membimbing siswa menuju keberhasilan.
4.” Siswa akan merasa
puas saat belajar keterampilan ketika guru dapat membuktikan kemampuannnya dalam
membuktikan kebenaran teorinya melalui praktek langsung “
Dalam proses pembelajaran yang mengembangkan keterampilan
siswa lebih menyukai seorang guru yang dapat memberikan contoh contoh
penyelesaian masalah daripada sekedar menyajikan banyak teori.
Tugas seorang guru adalah menunjukkan kemampuan dalam
praktek langsung guna meningkatkan keterampilan belajar siswa, dapat
menjelaskan kemanfaatan dari alat dalan percobaan yang dilakukan, dapat
membangkitkan daya analisa dan pengambilan
keputusan (Decision Making Skill )peserta
didik . Dan yang tidak kalah pentingnya adalah dapat memberikan pengelaman yang
membelajarkan siswa secara menyenangkan saat menjalani proses pembelajaran
serta memberikan pengalaman pembelajaran
itu sendiri.
Bersambung
Komentar
Posting Komentar