Psikologi Konseling Pembelajaran : Kiat Menghadapi Siswa Kurang Insiatif
Beberapa
siswa dikelas kami sepertinya memiliki pribadi kurang inisiatif dan kurang
disiplin sehingga sering tugas tugasnya terbengkalai lantas apa yang mesti saya lakukan kank..?
Cara
pertama mengatasi siswa yang dianggap kurang insiatif adalah mencoba mengerti
apa yang sebenarnya terjadi pada kepribadiannnya,mereka biasanya dibesarkan
oleh pola asuh yang senantiasa tidak
memberikan tantangan dalam lingkungan keluarganya,sering ditakut takuti dan
selalu muncul perasaan khawatir bila melakukan kesalahan atau mendapatkan
kegagalan .
Oleh karena itu keraguan selalu menggelayuti pikiran dan
perasaannnya sehingga menjadi ragu ragu , stagnant, tidak segera memulai dan
biasanya kurang berani mengambil keputusan. Artinya mengapa mereka
berkepribadian seperti itu bukan mutlak karena disengaja.
Mengerti
latar belakang terbentuknya kepribadian itu akan memudah dalam memberikan
treatment berikutnya:
- Mulailah dengan berusaha menjadi pendengar yang baik baginya, karena perasaan tidak diadili merupakan kunci utama pembuka ketusterangkan dari lasannnya kurang insiaitif maupun tidak disiplin. Daripada memaki perbuatannya lebih baik memuji “penampilan” atau sesuatu yang membuat mereka merasa tidak dimusuhi. “ Bagus penampilanmu rapi,sopan dan mencerminkan semangat”. Siswa akan merasa diperhatikan dan dihargai keberadaannya. Selanjutnya anda bisa menanyakan alasan ketidak disiplinan dan tidak berinisitif dengan mendengarkan alasannya tanpa harus dihakimi.
- Dengarkan sampai dia selesai bicara
arahkan pembeicaraan jika anda merasa yang sampaikan bukan alasan yang
sebenarnya. Ciptakan suasana komunikasi santai dan rileks agar siswa
merasa tidak mendapat ancaman dari suasana “interograsi” itu. Tunjukkan bahwa anda memahami susasana
hatinya,sesekali tertawalah bersamanya dan mencoba untuk role playing
dengan menggunakan logika mereka. Pada dasarnya mereka adalah anak yang
logis suka diajak bertukar pikiran. Mengingat bentuk kurang insiatif itu
karena dia mencoba memahami sebuah persoalan dari sisi yang berbeda.
- Jika
anda ingin memberikan tugas kepada siswa bersangkutan karena anda sudah
mendapatkan momen kepercayaan darinya mulailah dengan memberikan tugas
dengan deskripsi yang jelas, jangan tergesa gesa tidak mempercayainya
dengan dalih tugas tidak akan diselesaikan ,Karena siswa dengan tipe
berkeribadian sulit berinsiatif tidak suka jika tidak dipercaya. Yakinkan
bahwa tugas tersebut memiliki arti penting bagi kesuksesan nya saat ini
dan masa depan. Buatlah “kontrak “ Komitmen untuk waktu penyelesaian tugas
dengan memberikan ruang dan waktu baginya untuk berkonsultasi jika menghadapi
kesulitan dimana siswa butuh keyakinan diri bahwa dia bisa melakukan
sesuatu. Selamat berkarya..
Komentar
Posting Komentar