Psikologi Konseling Pembelajaran : Kiat Menghadapi Siswa Kurang Insiatif

Beberapa siswa dikelas kami sepertinya memiliki pribadi kurang inisiatif dan kurang disiplin sehingga sering tugas tugasnya terbengkalai lantas apa yang mesti  saya lakukan kank..?

Cara pertama mengatasi siswa yang dianggap kurang insiatif adalah mencoba mengerti apa yang sebenarnya terjadi pada kepribadiannnya,mereka biasanya dibesarkan oleh pola asuh  yang senantiasa tidak memberikan tantangan dalam lingkungan keluarganya,sering ditakut takuti dan selalu muncul perasaan khawatir bila melakukan kesalahan atau mendapatkan kegagalan .

 Oleh karena itu keraguan selalu menggelayuti pikiran dan perasaannnya sehingga menjadi ragu ragu , stagnant, tidak segera memulai dan biasanya kurang berani mengambil keputusan. Artinya mengapa mereka berkepribadian seperti itu bukan mutlak karena disengaja.


Mengerti latar belakang terbentuknya kepribadian itu akan memudah dalam memberikan treatment berikutnya:

  1. Mulailah dengan berusaha menjadi pendengar yang baik baginya, karena perasaan tidak diadili merupakan kunci utama pembuka ketusterangkan dari lasannnya kurang insiaitif maupun tidak disiplin. Daripada memaki perbuatannya lebih baik memuji “penampilan” atau sesuatu yang membuat mereka merasa tidak dimusuhi.  “ Bagus penampilanmu rapi,sopan dan mencerminkan semangat”. Siswa akan merasa diperhatikan dan dihargai keberadaannya. Selanjutnya anda bisa menanyakan alasan ketidak disiplinan dan tidak berinisitif dengan mendengarkan alasannya tanpa harus dihakimi.
  2.   Dengarkan sampai dia selesai bicara arahkan pembeicaraan jika anda merasa yang sampaikan bukan alasan yang sebenarnya. Ciptakan suasana komunikasi santai dan rileks agar siswa merasa tidak mendapat ancaman dari suasana “interograsi” itu.  Tunjukkan bahwa anda memahami susasana hatinya,sesekali tertawalah bersamanya dan mencoba untuk role playing dengan menggunakan logika mereka. Pada dasarnya mereka adalah anak yang logis suka diajak bertukar pikiran. Mengingat bentuk kurang insiatif itu karena dia mencoba memahami sebuah persoalan dari sisi yang berbeda.
  3.  Jika anda ingin memberikan tugas kepada siswa bersangkutan karena anda sudah mendapatkan momen kepercayaan darinya mulailah dengan memberikan tugas dengan deskripsi yang jelas, jangan tergesa gesa tidak mempercayainya dengan dalih tugas tidak akan diselesaikan ,Karena siswa dengan tipe berkeribadian sulit berinsiatif tidak suka jika tidak dipercaya. Yakinkan bahwa tugas tersebut memiliki arti penting bagi kesuksesan nya saat ini dan masa depan. Buatlah “kontrak “ Komitmen untuk waktu penyelesaian tugas dengan memberikan ruang dan waktu baginya untuk berkonsultasi jika menghadapi kesulitan dimana siswa butuh keyakinan diri bahwa dia bisa melakukan sesuatu. Selamat berkarya..




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Menjadi Guru Profesional Abad 21 (Tuntutan Kurikulum 2013)

Penyebab siswa tak menghargai gurunya dan solusinya..!

PROPHET LEADERSHIP: PEJABAT AMANAH SOLUSI UMAT